Batu bacan batu berharga asal maluku utara

Siapa yang tidak kenal dengan batu bacan..? Batu berharga yang berasal dari maluku utara itu kini telah menjadi primadona bagi para penggemar batu mulia. Bukan hanya dari dalam negeri saja, saat ini sudah banyak para kolektor batu mulia dari luar negeri seperti cina, arab, dan eropa memburu keberadaan batu bacan, mereka sangat kagum dengan pesona batu bacan tersebut.

Banyak orang beranggapan bahwa batu bacan merupakan batu hidup. Maksudnya adalah, batu  bacan memiliki kemampuan berproses seiring dengan usia batu tersebut. Semakin lama digunakan oleh si pemilik, maka batu bacan secara perlahan akan berubah menjadi lebih indah dan lebih menarik.


Batu bacan juga dapat berubah warna hijau menjadi biru muda, atau guratan-guratan baju bacan yang semakin hari bisa berubah menjadi bentuk guratan-guratan yang indah. Selain itu batu bacan juga dapat menyerap sifat logam yang ada didekatnya. Misalnya batu bacan dipasang di cincin akik yang terbuat dari emas, maka lama kelamaan batu bacan tersebut dapat berubah menjadi bintik-bintik keemasan.

Saat ini harga batu bacan kian melambung, seiring dengan semakin banyaknya kolektor yang memburu batu bacan, batu berharga bacan harganya mulai dari ratusan ribu rupiah, jutaan rupiah, puluhan juta rupiah, bahkan bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Terlebih semakin langkanya batu mulia giok, maka orang cina berlomba memburu batu bacan sebagai pengganti batu giok yang sesuai kepercayaan mereka memiliki energi khusus bagi pemakainya. Diceritakan bahwa pada tahun 1960 Presiden RI pertama Ir. Soekarno pernah dihadiahi batu bacan ketika berkunjung kepulau bacan.


Sejarah Batu Bacan
Nama bacan diambil dari nama sebuah pulau di maluku utara, dimana pulau bacan tersebut menjadi tempat pertama kali diadakannya transaksi jual beli batu mulia bacan. Sedangkan tempat penghasil batu bacan itu sendiri adalah Pulau kasiruta. Letaknya tidak jauh dari pulau bacan, provinsi Maluku utara.

Jenis Batu Bacan
Secara umum batu bacan terdiri dari dua jenis yakni: Batu bacan doko dan batu bacan palamea.
Batu Bacan Doko berwarna hijau tua, Sedangkan Batu Bacan Palamea berwarna hijau muda kebiru-biruan. Meskipun demikian, batu bacan yang beredar dipasaran ada berbagai macam warna seperti: kuning tua, kuning muda, putih susu, putih bening, merah, coklat kemerahan, ungu, dan coklat.

Demikianlah sedikit artikel tentang batu bacan, salah satu batu berharga asal dari maluku utara.
Semoga bermanfaat
Back To Top