Manfaat dan khasiat kulit buah manggis bagi kesehatan

Selamat pagi teman's.. Semoga dipagi yang cerah ini kita senantiasa diberi kesehatan dan kebahagian oleh Allah SWT, Tuhan Semesta Alam.. Pada kesempatan pagi ini saya akan sedikit menulis arikel tentang kesehatan yaitu tentang Manfaat dan khasiat kulit buah manggis bagi kesehatan.

Setiap orang pasti sudah pernah tahu yang namanya buah manggis, bahkan pernah merasakan manisnya buah manggis. Atau mungkin anda adalah salah seorang penggemar buah manggis..?
Buah manggis adalah buah yang warnanya putih dan rasanya manis, Kulitnya berwarna merah darah, bertekstur kasar dan keras. Buah manggis dapat kita jumpai hampir disetiap penjual buah baik itu yang terletak dipinggiran jalan, maupun didalam supermarket sekalipun.


Manfaat dan Khasiat kulit buah manggis

Kulit buah manggis memiliki manfaat yang sangat besar sekali bagi kesehatan tubuh kita, kandungan senyawa yang terdapat didalamnya yang sering disebut dengan senyawa xanthone, Untuk dapat dijadikan obat, kulit buah manggis biasanya dapat diolah dalam berbagai macam bentuk seperti juss, sirup, ekstrak (pil) dan masih banyak lagi. Mungkin suatu saat nanti kulit buah manggis juga dapat diolah menjadi sebuah jenis makanan baru.

Dewasa ini, anda dapat menemui ekstrak kulit buah manggis hampir disetiap Apotek atau toko obat disekitar anda. Hal itu memudahkan bagi anda yang ingin mengkonsumsi kulit buah manggis sebagai obat, namun tidak tahu cara mengolahnya. Bahkan dengan ekstrak kulit buah manggis tersebut kita tidak perlu repot-repot mengolah kulit buah manggis tersebut. Berikut saya terangkan macam-macam khasiat dan manfaat kulit buah manggis.

manfaat dan khasiat kulit buah manggis











Manfaat kulit buah manggis untuk mengobati penyakit kolesterol
Kulit buah manggis dapat bermanfaat untuk mengobati penyakit kolesterol, yaitu caranya dengan mengkonsumsi ekstrak kulit buah manggis dengan teratur, atau dengan cara anda mengolah sendiri kulit buah manggis. Cara mengolahnya adalah sebagai berikut: Kupas kulit buah manggis hingga bersih, ambil bagian dalamnya kemudian potong kecil-kecil. Tambahkan air hangat sebanyak 100cc kemudian blender sampai halus. Tambahkan gula aren secukupnya kemudian diamkan sampai airnya membeku. Minum air kulit manggis tersubut 2-3x sehari.

Manfaat kulit buah manggis untuk mengobati penyakit jantung
Kulit buah manggis memiliki sifat anti inflamasi atau anti pembengkakan. Kelebihan dari sifat anti pembengkakan yang terdapat pada kulit manggis ini bermanfaat untuk membantu mengurangi pembengkakan pada penyakit jantung dan mencegah peningkatan penyakit jantung.

Manfaat kulit buah manggis untuk mengobati penyakit kanker
Kulit buah manggis memiliki senyawa yang bersifat anti proliferasi yang bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, selain itu senyawa kulit buah manggis juga mengandung senyawa yang bersifat apoptosis yang bermanfaat untuk menghancurkan sel kanker yang terdapat dalam tubuh manusia.

Manfaat kulit buah manggis sebagai antioksidant
Kulit buah manggis mengandung senyawa tonin yang bersifat sebagai antioksidant. yaitu dapat melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit akibat radikal bebas seperti asap kendaraan, asap rokok, dan masih banyak lagi manfaat dan khasiat yang terkandung dalam kulit buah manggis.

Saya rasa itu hanya sebagian kecil dari manfaat dan khasiat kulit buah manggis, mungkin dilain kesempatan kita bisa kupas lagi mengenai manfaat dan khasiat kulit buah manggis secara lebih menyeluruh.
Semoga bermanfaat..


Back To Top