Belajar menjahit dengan Mesin jahit Janome NS7210

Hallo temas's.. Pada posting kali ini saya akan bercerita tentang pengalaman belajar menjahit saya dengan mesin janome NS7210 yang saya baru saja saya beli dari salah satu toko online di jakarta.

Cerita ini berawal ketika saya sedang sepi orderan bisnis cuci sofa bekasi saya. Seperti biasa ketika lagi sepi orderan waktu saya banyak terbuang sia-sia hanya untuk tidur, ngobrol, maen ps, dan nonton tv di rumah. Lama kelamaan saya merasa bosan juga, saya berfikir untuk membuka usaha lagi tapi dengan modal kecil. Setelah sejenak saya berfikir dan ngobrol dengan istri, akhirnya kami putuskan untuk belajar menjahit saja. Selain untuk mengisi waktu luang, siapa tau nanti kita bisa buka vermak levis atau kios jahit kecil-kecilan.


Saya coba mencari reverensi mesin jahit yang murah dan cocok untuk pemula yang sedang ingin belajar menjahit, sampai akhirnya saya menemukan pilihan merk dan tipe mesin jahit yang akan kami beli, pilihan itu jatuh pada Mesin Jahit merk Janome tipe NS7210. Saya sendiri belum pernah melihat secara langsung atau bahkan bersentuhan dengan mesin jahit tersebut, saya hanya sekedar melihat dan membaca spesifikasi mesin jahit janome 7210 dari artikel di internet.

Singkat cerita saya memesan sebuah mesin jahit janome 7210 lengkap dengan meja jahitnya pada sebuah toko online di jakarta. Saya memesannya dengan metode Cash On Delivery atau bayar ditempat. Respon dari toko online tersebut lumayan cepat, Hari sabtu saya order lewat sms, hari senin sekitar jam 11 mesin jahit janome NS7210 tersebut sudah sampai dirumah saya. Pelayanan mereka juga lumayan bagus, karena selain toko jual beli mereka juga memberikan training cara mengoperasikan mesin jahit janome NS7210 tersebut sampai bisa. Awalnya lumayan pusing juga karena baru kali ini saya memegang dan mengoperasikan secara langsung mesin jahit. Tapi setelah beberapa kali mencoba dan melihat video di youtube akhirnya saya bisa juga menjahit, walaupun hasilnya belum rapi. Karena keasyikan belajar menjahit, seharian mesin jahit itu saya pakai untuk menjahit baju dan celana saya yang bolong, sampai-sampai benang bawahnya habis. Saya coba mengganti sendiri benang bawah tersebut, tapi karena tadi pas diajarkan cara mengganti benang bawah pada mesin jahit janome 7210 ini saya kurang memperhatikan, atau mungkin yang mengajarkan kurang jelas, dampaknya saya kesulitan mengganti benang bawah.

Sambil membaca manual book dari mesin jahit janome tersebut saya masih tetap tidak bisa memasang benang bawah. Itulah salah satu kelemahan dari mesin jahit janome 7210, manual book nya kurang jelas, kurang rinci dalam menjelaskan cara pengoperasian mesin jahit tersebut. Setengah putus asa saya coba cari video tutorialnya di youtube yang kebanyakan memakai bahasa inggris. Tapi saya coba perhatikan video tutorial tersebut dengan seksama kemudian saya praktekkan. Sampai akhirnya saya bisa memasang jarum bawah kemudian mencoba untuk menjahit lagi. Tapi apa hasilnya? Mesin jahit janome 7210 saya suaranya jadi kasar dan sering macet. Padahal saya kan baru aja beli, kok udah rusak begini, fikir saya dalam hati sambil dongkol sendiri. Saya coba konsultasi dengan pelayan toko online melalui sms bahwa mesin jahit Janome NS7210 yang baru saja saya beli suaranya berubah jadi kasar. Tapi sms saya tidak kunjung dibalas, sekitar 2 jam kemudian sms saya baru dibales, dan mereka menjelaskan pasti ada kesalahan saya dalam mengoperasikannya, dan mereka berjanji akan datang kerumah kami untuk mengecheck mesin jahit janome tersebut.

mesin jahit janome ns7210













Sekarang mesin jahit tersebut sudah bisa berfungsi secara normal, namun kendalanya sekarang adalah ketika saya ingin menjahit bahan levis, saat saya ingin mengecilkan celana jeans levis saya. Mesin jahit tersebut kurang mampu untuk menjahit bahan yang tebal.

Kesimpulannya: 
1. Ketika anda ingin belajar menjahit, lebih baik anda mengikuti kursus terlebih dahulu. Setelah dirasa cukup mampu mengoperasikan mesin jahit, barulah anda memutuskan untuk membeli mesin jahit

2. Ketika anda ingin membeli mesin jahit, pastikan anda memilih mesin jahit yang cocok untuk anda. Apakah hanya sekedar untuk belajar, untuk membuka sebuah usaha penjahit, untuk vermak levis, atau untuk membuka sebuah usaha garmen dengan skala besar.

3. Mesin jahit JANOME 7210 ternyata adalah mesin jahit jenis portable yang cocok hanya untuk pemula atau penjahit yang hanya sekedar hobby saja. Jika anda ingin benar-benar menjadi seorang penjahit, saya sarankan anda memilih untu membeli mesin jahit profesional yang dapat digunakan ntuk menjahit segala macam bahan.

 Demikianlah sedikit curhat dari saya tentang pengalaman menjahit dengan mesin jahit Janome 7210. Semoga dapat menginsiprasi teman's semua.

Terimak kasih,


Tag : Artikel
Back To Top