Pengertian Muhasabah


Pengertian Muhasabah adalah?

Dari beberapa tausyah dan artikel yang pernah saya baca, MUHASABAH berasal dari hasibah yang berarti menghisab atau menghitung. Secara gampangnya pengertian muhasabah dapat diartikan sebagai menilai diri sendiri, mengevaluasi diri sendiri, atau sikap instropeksi diri sendiri.

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiapb diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”. [Q.S.Al-Hasyr (59):18] 


Malam 1 Muharram/ Malam 1 suro

Malam ini adalah malam tahun baru hijriyah 1436 H, atau sering disebut  malam 1 muharram, atau malam 1 syuro. Masing-masing orang berbeda-beda dalam mengartikan malam 1 syuro ini, ada sebagian orang mengisi malam 1 suro ini dengan melakukan ritual-ritual khusus seperti memandikan pusaka, mandi tujuh sumur berbeda, bergadang sampai pagi /orang jawa menyebutnya (tirakatan), dan masih banyak lagi. 

Sedang para ulama menyarankan agar dimalam 1 Muharram/ malam 1 suro ini, kita senantiasa bermuhasabah/ menginterospeksi diri sendiri. Mengevaluasi diri apa saja kebaikan dan keburukan yang telah kita lakukan selama satu tahun yang telah berlalu. Apakah kita telah melaksanakan perintah-perintah Allah atau justru kita malah sering melakukan larangan-larangan Allah.

Barang siapa yang hari ini lebih baik dari hari kemarin, maka sesungguhnya dia adalah orang yang beruntung.
Barang siapa yang hari ini sama dengan hari kemarin, maka sesunggunya dia adalah orang yang merugi.
Barang siapa yang hari ini lebih buruk dari hari kemarin, sesungguhnya dia adalah orang yang celaka.

Kita juga disarankan untuk memperbanyak istighfar kepada Allah agar diampuni semua dosa-dosa kita dimasa yang lalu, serta senantiasa berniat dan berusaha untuk memperbaiki diri serta menambah amal kebajikan di tahun yang akan datang.

malam 1 suro










Selamat Tahun baru 1436 H, Mari kita senantiasa bermuhasabah, dan semoga hari esok kita bisa senantiasa lebih baik.. lebih baik.. dan lebih baik lagi.. Aamiin...
Back To Top