Definisi Jaringan Komputer

Definisi Jaringan Komputer



Definisi Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (email), dan dapat mengakses informasi(website). Tujuan jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien, sedangkan pihak yang memberikan/mengirim layanan disebut server.













1. Latar belakang jaringan komputer

Sejarah jaringan komputer global ( dunia ), dimulai pada tahun 1969, ketika Departemen Pertahan Amerika membentuk Defense Advance Research Projects Agency ( DARPA ) yang bertujuan mengadakan riset mengenai cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini kemudian dikenal dengan nama ARPANET ( Advance Research projects Agency Network ). pada tahun 1970, lebih dari 10 komputer telah berhasil dihubungkan ( satu dengan yang lain ), saling berkomunikasi, dan dapat membentuk sebuah jaringan.

2. Manfaat jaringan komputer

• Dapat saling berbagi (Sharing) sumber daya peralatan (devices) secara bersama seperti harddisk, printer, modem, dan lain sebagainya tanpa harus memindahkan peralatan-peralatan tersebut kepada yang membutuhkan. Dengan demikian terjadi peningkatan efesiensi waktu dalam operasi dan biaya pembelian hardware.

• Dapat saling berbagi (Sharing) penggunaan file atau data yang ada pada server atau pada masing - masing workstation.

• Aplikasi dapat dipakai bersama sama (multiuser)

• Akses ke jaringan memakai nama, password dan pengaturan hak untuk data-data rahasia, sehingga masing-masing pengguna memiliki otorisasi.

• Komunikasi antar pemakai melalui E-Mail atau LAN Conference.

• Pengontrolan para pemakai ataupun pemakaian data secara terpusat dan oleh orang orang tertentu, sehingga meningkatkan keamanan dan dapat melakukan pendelegasian pekerjaan yang sesuai.

• Mudah melakukan backup data, karena manajemen yang tersentralisasi

• Tidak tergantung kepada orang yang menyimpan data (apabila orangnya tidak ada) karena penyimpanan data tersentralisasi.

• Data yang selalu up to date karena server senantiasa meng-uptodatekan data begitu ada input (Data Entry) diterima.

3. Kerugian penggunaan jaringan komputer

• Biaya yang tinggi karena meliputi berbagai aspek:

- pembelian hardware dan software.

- Biaya untuk konsultasi perencanaan jaringan dan jasa pembangunan jaringan itu sendiri.

• Manajemen Perangkat keras Dan Administrasi sistem :

Manajemen pemeliharaan ini bersifat berkelanjutan dan memerlukan seorang IT profesional, yang telah mengerti benar akan tugasnya.

• Sharing file yang tidak diinginkan :

With the good comes the bad, yaitu sharing file dalam jaringan yang ditujukan untuk dipakai oleh orang-orang tertentu, seringkali mengakibatkan bocornya sharing folder dan dapat dibaca pula oleh orang lain yang tidak berhak.

• Aplikasi virus dan metode hacking :

Hal ini selalu menjadi momok yang menakutkan bagi semua orang, mengakibatkan network down dan berhentinya pekerjaan.

Itulah sedikit pengertian saya tentang definisi dan latar belakang jaringan komputer. Semoga bermanfaat.
Tag : Komputer
Back To Top