mengapa kue bolu kukus tidak bisa mekar

Mengapa kue bolu kukus tidak bisa mekar dan merekah


Mengapa kue bolu kukus buatan saya tidak bisa merekah seperti kue bolu kukus yang biasa saya beli di toko kue dekat rumah saya? Pertanyaan ini muncul ketika saya mencoba membuat kue bolu kukus sendiri di rumah. Iseng-iseng untuk sekedar mengisi waktu luang setelah semua pekerjaan rumah selesai, saya mencoba mencari resep-resep membuat kue di internet. Banyak sekali resep kue yang diposting di internet, salah satunya adalah resep membuat kue bolu kukus. Selain bahan-bahannya mudah didapat, menurut saya proses membuatnya pun terbilang sangat mudah. (dalam bayangan saya) namun ternyata semua tak semudah yang saya bayangkan.
resep-membuat-kue-bolu-kukus

Setelah membeli bahan-bahan membuat kue bolu kukus di toko, sesuai resep membuat kue bolu kukus merekah yang saya dapat di internet. Saya membuat percobaan pertama kali untuk membuat kue bolu kukus. Pada percobaan ini sengaja saya hanya membuat sedikit saja, karena jujur saya masih takut gagal juga, maklum ini adalah pertama kali saya mencoba membuat kue bolu kukus tersebut.

Resep membuat kue bolu kukus yang saya dapat dari internet

1. Tepung terigu                 250 gram
2. Telur ayam                     2 butir
3. Gula putih                      250 gram
4. Cake emulsifier/SP        2 sendok teh
5. Garam                          1/4 sendok teh
6. Sprite                           200 ml
7. Vanili                           1/2 sendok teh

Cara membuat kue bolu kukus

1. Siapkan semua bahan, campur terigu, telur, gula, sprite, SP, garam dan vanili. Kocok dengan mixer dengan kecepatan tinggi, sampai mengembang dan mengental. Kemudian adonan dibagi menjadi 4 warna yaitu merah, hijau, putih dan biru.

2. Tuangkan adonan secara berselang seling dalam cetakan. Misalnya bagian bawah warna putih, kemudian tuang di tengahnya adonan merah, kemudian tuang di tengah adonan merah yaitu adonan putih.

3. Kukus  adonan yang telah dimasukkan dalam cetakan tersebut selama kurang lebih 10-15 menit.

4. Lihat jika sudah sudah terliha mekar dan merekah maka kue bolu kukus sudah matang.

5. Bolu kukus dinyatakan berhasil dapat dilihat di cup nya. Kalau cup nya menciut (mengecil seolah tertarik ke dalam), berarti gagal. Yang benar cup bolu kukusnya tetap seperti semula sebelum dikukus.

Dari resep diatas yang saya dapat dari internet, saya cob praktekkan sesuai dengan resep diatas. Hanya saja permasalahannya disini saya tidak memiliki mixer dengan kekuatan tinggi, jadi saya hanya mengocok dengan menggunakan sendok makan kira-kira selama 10 menit. Dan hasilnya kue bolu kukus buatan saya tidak bisa mekardan merekah? Dimana kira-kira letak kesalahannya? Apa karena proses pengocokan adonan tidak menggunakan mixer yang berkuatan tinggi? Atau ada penyebab lainnya?

Bagi teman-teman yang punya pengalaman membuat kue bolu kukus seperti saya ini, atau yang memiliki Resep membuat bolu kukus mekar yang sudah dipraktekkan sendiri dan hasilnya sesuai (benar-benar bisa merekah) mohon share pada kolom komentar dibawah ini ya..

Terima kasih...

Back To Top