Cara Install Windows 7 dengan USB Flashdisk

Cara menginstall ulang windows 7 dengan menggunakan USB Flashdisk

Pada kesempatan kali saya akan membagikan pengalaman pribadi saya cara menginstall ulang windows 7 dengan menggunakan USB Flashdisk. Sekitar sebulan yang lalu laptop saya harus ganti hardisk karena sudh terlalu banyak bad sector dan sudah tidak dapat diperbaiki lagi. Saya putuskan untuk mengganti dengan hardisk baru sekalian upgrade kapasitasnya. yang semula hanya 320 GB menjadi 500GB. Untuk tutorial cara mengganti hardik laptop silahkan baca disini.

cara install windows 7 dengan usb flashdisk

Setelah sukses mengganti hardik lalu saya membeli CD Windows 7 Ultimate di kios software bajakan langganan saya. sengaja saya pilih yang bajakan karena memang tidak mampu untuk membeli windows 7 yang original. hehehe..
Celakanya ketika hendak menginstall ulang windows 7 tersebut, DVD room laptop saya tidak mampu membaca isi DVD, saya coba dengan CD dan DVD lain hasilnya tetap sama tidak bisa membaca. Saya coba bersihkan lensanya dengan kain halus, tapi hasilnya tetap saja nol besar. Ternyata DVD room laptop saya sudah rusak, mungkin karena terlalu sering untuk memutar film bajakan. hehehe..

Saya mulai memutar otak dan tak lupa bertanya pada mbah google tentunya. Bagaimana cara menginstall ulang windows 7 dengan usb flashdisk, karena disini saya tidak memiliki hardisk eksternal. Akhirnya ketemu juga artikel tentang cara membuat bootable melalui usb flashdisk, artinya flashdisk adalah perangkat yang pertama kali dibaca ketika laptop kita nyalakan, atau sering juga disebut dengan istilah "booting melalui flashdisk".

Tak usah panjang lebar lagi, hal pertama yang harus anda sediakan adalah USB flashdisk dengan kapasitas minimal 4 GB. karena ukuran file installer windows 7 kurang lebih sekian. Setelah itu silahkan anda download software untuk membuat booting windows disini.
- Colokkan USB flashdisk anda lalu jalankan aplikasi rufus tersebut. nanti secara otomatis flashdisk anda akan terbaca oleh rufus.
cara install windows 7 dengan usb flashdisk
-Kemudian klik gambar CD Drive untuk memilih lokasi ISO windows 7, lalu klik open.
Tapi sebelumnya anda harus mendownload terlebih dahulu file ISO image yang ukuran file cukup besar. Jadi saya sarankan jika anda memiliki DVD windows 7, anda rubah file tersebut menjadi ISO image dengan menggunakan software Image Burn. Untuk tutorial merubah windows 7 menjadi ISO image silahkan baca tutorialnya disini.

-Sekarang anggap saja anda telah memiliki file ISO image didalam komputer anda. Setelah anda tentukan lokasi ISO image tersebut kemudian klik Start. Maka semua data didalam usb flashdisk akan diformat, jadi pastikan anda telah memindahkan semua file yang ada didalam flashdisk ke tempat yang lain.
cara install windows 7 dengan usb flashdisk

-Proses format ini memerlukan waktu kurang lebih sekitar 20 menit, tergantung kecepatan RAM komputer anda. tunggu sampai proses instalasi selesai. lalu klik close..

-Sekarang USB flashdisk anda sudah dapat digunakan sebagai b ooting untuk install windows 7 di laptop/ komputer anda...

Demikianlah cara install windows 7 dengan menggunakan udb flashdisk atau cara membuat bootable flashdisk untuk installasi windows 7.

Semoga bermanfaat.




Tag : Artikel, Komputer
Back To Top