Cara Memotong Simcard Sendiri Menjadi Nano Simcard

Cara memotong simcard -Khusus bagi anda yang baru saja membeli hp keluaran terbaru (Ipad atau smartphone) pasti anda akan sedikit dihadapkan pada slot simcard yang berukuran kecil dari simcard standart yang biasa anda gunakan pada handphone lama, karena ukuran slot simcard handphone sekarang ini sudah berkukuran micro simcard dan nano simcard. Jarang sekali smartphone keluaran terbaru yang masih menyediakan slot simcard standart.

Untuk mengatasi hal tersebut anda tidak perlu cemas, karena anda bisa menggunakan jasa potong simcard yang biasa disediakan di counter-counter. atau anda bisa mencoba memotong simcard sendiri dengan bantuan penggaris, gunting/ cutter. Tapi dalam hal memotong simcard ini dibutuhkan ketelitian dan kehati-hatian, karena bisa-bisa simcard anda malah rusak dan tidak dapat digunakan lagi.

UPDATE POSTING: Jika anda membeli simcard baru, sekarang secara otomatis sudah diberikan potongan sesuai dengan ukuran slot simcard di hp anda, baik itu ukuran standart, micro, ataupun Nano. Jadi anda tidak perlu bingung-bingung lagi bagaimana cara memotongnya.

Cara memotong simcard menjadi nano simcard

Hal pertama yang harus anda siapkan adalah penggaris, dan gunting atau cutter. Kemudian ukurlah simcard yang hendak dipotong dengan slot micro simcard/ nano simcard di smartphone. Anda bisa menggunakan patokan ukuran seperti dibawah ini. Namun ukuran dibawah hanya sekedar patokan saja, masih ada toleransi plus minus sekian mm, jadi gak harus tepat sesuai ukuran dibawah. misalnya bisa juga menggunakan ukuran seperti gambar dibawah ini.

memotong simcard sendiri


- Kartu SMI Card Standar (Mini SIM Card) Ukurannya 25.00 mm x 15.00 mm x 0.76 mm

- Kartu MICRO SIM Ukurannya 15.00 mm x 12.00 mm x 0.76 mm

- Kartu NANO SIM Ukurannya 12.3 mm x 8.8 mm x 0.67 mm 



Perlu digaris bawahi pula bahwa masing-masing provider memiliki alur ukuran simcard yang berbeda-beda. untuk lebih jelasnya silahkan anda perhatikan gambar dibawah ini. 

cara memotong simcard sendiri

Jika dirasa hasil potongan masih kurang rapi atau belum sesuai dengan ukuran slot simcard, anda bisa mengurangi sedikit demi sedikit sampai dirasa pas. Agar hasil potongan lebih halus, dan lebih sempurna anda bisa menggunakan amplas halus. 

Itulah sedikit share tentang cara memotong simcard sendiri dari standart simcard menjadi micro simcard atau nano simcard. Semoga bermanfaat.