Cara mengantisipasi agar blog tidak dapat di copy paste (COPAS)

Cara mengantisipasi agar blog tidak dapat di copy paste (COPAS)

Sekarang ini mungkin memang sudah menjadi jamannya copy paste, semua orang bisa melakukan copy paste artikel di internet kemudian memposting ulang artikel tersebut di blog pribadi mereka tanpa menyertakan link atau identitas si penulis aslinya.

Siapa sih yang gak dongkol jika artikel di blog yang sudah capek-capek kita tulis, rela menghabiskan banyak waktu, tenaga, dan fikiran, dan bahkan kadang harus rela begadang sampai pagi untuk menyelesaikan beberapa tulisan, tapi tiba-tiba dicopas orang begitu saja tanpa permisi..

Sebenarnya copy paste blog itu sah-sah saja asal mengerti etika copy paste. Ealaaah copy paste kok pake etika.? hehehe.. Iya copy paste sah saja asal kita minta ijin terlebih dahulu pada pemilik artikel tersebut, jika si pemilik artikel sudah mengijinkan. Monggo silahkan dicopy paste saja..  Selain itu ada juga cara yang lebih mudah yang biasanya dilakukan oleh para blogger yang sudah profesional, yaitu mengcopy paste sebuah artikel dengan menyertakan link atau identitas si penulis artikel aslinya. Biasanya dengan cara tersebut, si pemilik artikel tidak akan kecewa-kecewa amat meskipun artikelnya sudah di copy paste.
cara mengantisipasi agar blog tidak dicopy paste

Nah agar blog anda tidak di copy paste begitu saja oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, disini saya akan berikan tips dan trik cara mengantisipasi agar blog tidak di copy paste (anti copas) seperti yang telah saya praktekkan didalam blog bocah soenyi ini.
Caranya sangat mudah sekali, anda tinggal menyisipkan beberapa kode html kedalam template blog anda. Biar gak bingung langsung saja silahkan anda ikuti petunjuk dibawah ini.

Cara agar blog tidak dapat dicopy paste (Anti copas)

1. Login ke Dashdoard blogspot anda

cara agar blog tidak di copas

2.  Kemudian pilih Template masuk ke Edit HTML

3. Cari kode </head> untuk memudahkan dalam mencari kode tersebut tekan CTRL + F pada keyboard anda, masukkan kode </head> tersebut pada kotak pecarian lalu tekan ENTER

4. Copy paste kode dibawah ini, lalu letakkan dibawah kode </head>

<script type='text/javascript'>
if (typeof document.onselectstart!=&quot;undefined&quot;) {
document.onselectstart=new Function (&quot;return false&quot;);
}
else{
document.onmousedown=new Function (&quot;return false&quot;);
document.onmouseup=new Function (&quot;return true&quot;);
}
</script>

Perhatikan seperti gambar dibawah ini:
antisipasi agar blog tidak di copy paste

5. Klik Simpan Template

Nah sekarang artikel di blog anda sudah tidak dapat di copy paste lagi oleh orang awam, namun bagi seorang yang faham tentang blogger, proteksi blog dari copy paste seperti cara diatas masih dapat dibobol dengan trik tertentu.

Saya kira itu saja artikel tentang cara antisipasi agar artikel blog tidak dicopy paste (anti copas) yang dapat saya bagikan kepada temans semua. Semoga bermanfaat..

Back To Top