Resep cara membuat kopi hitam

Resep cara membuat kopi hitam yang enak dan mantap

Bagi para penggemar dan penikmat kopi hitam, mungkin sudah tau resep cara membuat kopi hitam yang enak dan sesuai selera. Namu bagi sebagian orang yang tidak terlalu suka minum kopi atau bukan penggemar kopi akan merasa sedikit kebingungan ketika hendak menyeduh kopi hitam, jadi tidak ada salahnya jika mereka mencari rekomendasi terlebih dahulu di internet tentang resep dan cara membuat kopi hitam yang enak.

Khususnya bagi perempuan yang memiliki Bapak atau suami yang sudah menjadi pecandu minum kopi hitam, mau tidak mau mereka harus bisa membuat kopi hitam yang enak dan sesuai dengan selera bapak/ suami mereka. Karena pasti setiap pagi atau sore hari akan diminta untuk membuatkan kopi. sebab kopi memang lebih nikmat ketika diminum pada pagi hari dan sore/ malam hari.

cara membuat kopi hitam

Disini kebetulan saya memang penggemar minum kopi hitam, Setiap hari minimal saya biasanya minum 2 gelas kopi hitam. Tapi ketika sedang libur atau sedang nganggur, saya bisa menghabiskan 4 gelas kopi hitam dalam sehari. Jadi wajib bagi istri saya untuk bisa membuat kopi hitam yang mantap sesuai dengan selera saya. hehehe..

Disini akan saya berikan resep membuat kopi hitam yang nikmat dan mantap sesuai dengan selera saya, karena pada dasarnya setiap orang memiliki selera minum kopi yang berbeda-beda. Jadi ketika resep yang saya berikan ini tidak sesuai dengan selera anda, mohon untuk dimaklumi.

Resep membuat kopi hitam yang enak dan mantap ala saya sendiri.

resep menyeduh kopi hitam

 

1. Pilih bubuk kopi hitam yang berkualitas, sesuai dengan selera anda. Karena masing-masing kopi memiliki cita rasa yang berbeda-beda. Untuk saya sendiri memilih kopi hitam merk Kapal A**, yang banyak dijual diwarung-warung, toko, dan supermarket sekita rumah anda.

2. Rebus air hingga benar-benar mendidih, usahakan menggunakan air mineral galon, karena kualitas airnya pasti lebih jernih jika dibandingkan dengan air PAM atau air tanah. Usahakan merebusnya dengan menggunakan api, jangan menggunakan dispenser atau pemanas air.

3. Tuangkan bubuk kopi hitam kedalam gelas/ cangkir sesuai selera. Untuk selara saya sebanyak 1 sendok makan penuh.

4. Kemudian tuangkan gula pasir sesuai selera. Untuk selera saya sebanyak 1 + 1/2 sendok makan.

5. Tuangkan air mendidih kedalam gelas/ cangkir, lalu aduk sebanyak 30 kali searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam. Yang penting cukup satu arah saja, jangan membolak-balik arah adukan.

6. Kopi hitam siap disajikan.

Minum kopi hitam dipagi atau sore hari akan lebih nikmat jika ditemani dengan pisang goreng atau cemilan lainnya. dan lebih mantap lagi ketika minum kopi hitam sambil merokok diteras depan rumah. hehehe..

Itulah resep cara membuat kopi hitam yang enak dan mantap ala bocah soenyi.. semoga bermanfaat...


Back To Top