Resep Cara Membuat Kopi Hitam Yang Mantap Dan Enak

Cara membuat kopi hitam mantap -Bagi para penggemar dan penikmat kopi hitam, mungkin sudah tau dan memiliki resep membuat kopi hitam tersendiri yang enak dan sesuai selera. Namun bagi sebagian orang yang tidak terlalu suka minum kopi atau bukan penggemar minum kopi, tentu akan merasa sedikit kesulitan ketika hendak menyeduh kopi hitam. Jadi anda membutuhkan referensi cara menyedu kopi hitam agar bisa mantap, sehingga nantinya anda tidak akan malu karena rasa kopi buatan anda hambar, terlalu manis, atau terlalu pahit.

Khususnya bagi perempuan yang memiliki Bapak atau suami yang sudah menjadi pecandu minum kopi hitam, mau tidak mau mereka harus bisa membuat kopi hitam yang enak dan sesuai dengan selera bapak/ suami mereka. Karena pasti setiap pagi atau sore hari akan diminta untuk membuatkan kopi. Sebab kopi memang lebih nikmat ketika diminum pada pagi hari dan sore/ malam hari.

cara membuat kopi hitam

Disini kebetulan saya memang penggemar minum kopi hitam, Setiap hari minimal saya biasanya minum 2 gelas kopi hitam. Tapi ketika sedang libur atau sedang nganggur, saya bisa menghabiskan 4 gelas kopi hitam dalam sehari. Jadi wajib bagi istri saya untuk bisa membuat kopi hitam yang mantap sesuai dengan selera saya. hehehe..

Disini akan saya berikan resep membuat kopi hitam yang nikmat dan mantap sesuai dengan selera saya, karena pada dasarnya setiap orang memiliki selera minum kopi yang berbeda-beda. Jadi ketika resep yang saya berikan ini tidak sesuai dengan selera anda, mohon untuk dimaklumi.

Resep membuat kopi hitam yang enak dan mantap ala saya sendiri.

Dalam membuat kopi kuncinya selain terletak pada kualitas kopi, juga terletak pada takaran dan metode penyeduhannya. Jadi meskipun terlihat sederhana, tetapi sebenarnya menyeduh kopi itu susah-susah mudah. Selain itu juga harus disesuaikan dengan selera dari si penikmat kopi itu sendiri, karena masing-masing orang memiki selera minum kopi yang berbeda-beda. Tak heran jika sekarang ini banyak kedai atau cafe coffee yang menyediakan fasilitas buat kopi sendiri, sehingga pengunjung bisa memilih merk dan tipe kopi kemudian diseduh sendiri sesuai dengan selera masing-masing.

resep menyeduh kopi hitam

Nah disini saya akan membagikan tips menyeduh kopi ala saya sendiri khusus untuk anda yang mungkin tidak akan anda dapatkan dari tempat lain. Dan siapa tahu selera minum kopi anda sama dengan selara minum kopi saya. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Pilih bubuk kopi hitam yang berkualitas, sesuai dengan selera anda. Karena masing-masing kopi memiliki cita rasa yang berbeda-beda. Untuk saya sendiri memilih kopi hitam merk Kapal A**, yang banyak dijual diwarung-warung, toko, dan supermarket sekita rumah anda.

2. Rebus air hingga benar-benar mendidih, usahakan menggunakan air mineral galon, karena kualitas airnya pasti lebih jernih jika dibandingkan dengan air PAM atau air tanah. Usahakan merebusnya dengan menggunakan api, jangan menggunakan dispenser atau pemanas air.

3. Tuangkan bubuk kopi hitam kedalam gelas/ cangkir sesuai selera. Untuk selara saya sebanyak 1 sendok makan penuh.

4. Kemudian tuangkan gula pasir sesuai selera. Untuk selera saya sebanyak 1 + 1/2 sendok makan.

5. Tuangkan air mendidih kedalam gelas/ cangkir, lalu aduk sebanyak 30 kali searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam. Yang penting cukup satu arah saja, jangan membolak-balik arah adukan.

6. Kopi hitam siap disajikan.

Minum kopi hitam dipagi atau sore hari akan lebih nikmat jika ditemani dengan pisang goreng atau cemilan lainnya. dan lebih mantap lagi ketika minum kopi hitam sambil merokok diteras depan rumah. hehehe..

Itulah resep cara membuat kopi hitam yang enak dan mantap ala bocah soenyi. Silahkan dicoba dan semoga sesuai dengan selera minum kopi anda.