cara format windows 7 dan install windows 7

Cara format windows 7 dan install windows 7

Bro and sis.. Mungkin pernah mengalami atau bahkan mungkin sekarang sedang mengalami masalah pada laptop anda, kemudian ingin menyelesaikan masalah tersebut dengan cara memformat windows 7 kemudian menginstall ulang windows 7 tersebut. Tapi anda tidak tahu bagaimana cara memformat windows 7 tersebut.

Cara memformat windows 7 sebenarnya cukup mudah, tapi jika kita tidak faham cara menginstallnya dan terjadi sedikit saja kesalahan pada proses format window 7 tersebut, maka malah bisa mengakibatkan operator sistem pada laptop anda tidak dapat bekerja dengan baik. atau salah-salah malah semua data yang tersimpan di drive D, E, F, dan G bisa ikut terhapus.

Beberapa alasan kenapa kita pelu memformat windows 7 kemudian menginstall ulang kembali adalah diantaranya karena sistem operasi windows 7 tersebut sudah terinfeksi oleh virus yang sudah terlalu parah bahkan telah merusak system, biasanya virus tersebut sudah tidak dapat dibersihkan lagi dengan menggunakan anti virus, sehingga mau tidak mau kita harus memformat windows 7 tersebut kemudian menginstall windows kembali. Atau bisa juga terjadi karena beberapa kesalahan dalam penggunaan windows 7 atau bebetrapa kerusakan hardware, sehingga banyak registry yang corupt dan memerlukan install ulang.

Sebelum saya mempraktekkan cara install windows 7 sebaiknya bro and sis melakukan beberapa point dibawah ini,

1. Backup data window 7

Lakukan terlebih dahulu backup semua data yang sekiranya diperlukan kedalam media penyimpanan seperti flashdisk, hardisk, dan CD/ DVD. Dengan tujuan untuk menyelamatkan file-file serta data-data penting didalam laptop.

2. Setting Bios windows 7

Lakukan setting bios terlebih dahulu untuk menentukan urutan booting yang akan digunakan, misalnya anda ingin menginstall windows 7 dengan menggunakan DVD Room, maka anda harus mensetting urutan booting dengan menempatkan DVD room pada urutan paling atas. Atau jika anda ingin menginstall window 7 dengan menggunakan usb flashdisk, anda juga tinggal menempatkan boot via flashdisk pada urutan pertama. Begitu pula jika anda ingin menginstall window 7 dengan menggunakan hardisk eksternal.

Setelah anda melakukan 2 langkah diatas, sekarang saatnya bro and sis melakukan format windows 7, disini saya umpamakan anda memformat windows 7 dengan menggunakan DVD RW. Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

1. Masukkan DVD windows 7 anda kedalam DVD room kemudian restart komputer.

2. Ketika sedang proses booting dan muncul tulisan Press any key to boot from CD ar DVD, Tekan tombol keyboard apa saja bebas.

3. Akan muncul tampilan Windows is loading files... Tunggu sejenak sampai proses tersebut selesai.

4. Setelah muncul jendela windows 7, pilih bahasa yang digunakan, format waktu, dan tombol input  keyboard tekan Next kemudian tekan Install Now 

cara format windows 7

5. Select windows 7 yang akan anda install :
-windows 7 ultimate x86
-windows 7 ultimate x64

6. Beri tanda cetang pada kotak I accept the license terms Kemudian klik Next

7. Akan muncul tampilan seperti dibawah ini, kemudian klik Costum (Advanced)

cara install windows 7

8. Pilih partisi yang akan digunakan sebagai install windows yaitu pada partisi C: lalu klik Next

9. Tunggu sampai proses instalasi selesai. Setelah instalasi windows 7 selesai maka komputer akan melakukan booting/ restart secara otomatis.

format windows 7


10. Setelah proses installasi windows 7 selesai maka anda akan diminta untuk mengisi data pada Setup windows yaitu antara lain:
- Username
- Password
- Product Key
- Zona waktu
install windows 7

Setelah anda lengkapi semua data tersebut klik Next

11. Finish, Sekarang proses format dan install windows 7 sudah selesai, dan biasanya laptop/ komputer anda akan kembali dalam performa seperti baru lagi.

Selanjutnya anda tinggal menginstall driver-driver yang diperlukan, namun biasanya untuk windows 7 ultimate sudah compatible dengan beberapa driver, jadi kita tidak perlu susah-susah  menginstall driver lagi. Paling hanya beberapa driver saja yang perlu di install. Selain itu anda juga pelu menginstall software dan aplikasi-aplikasi penting lainnya seperti: mozilla firefox, Adobe flash, Zip, Rar, Adobe reader, Microsoft office, Anti virus, dan lain-lain.

Itulah sedikit tutorial cara format windows 7 dan install windows 7 pada laptop anda. Semoga dapat membantu menyelesaikan masalah pada laptop dan komputer anda. Semoga bermanfaat.



Tag : Artikel, Komputer
Back To Top