Cara melaporkan blog tukang copy paste ke google

Cara melaporkan blog tukang copy paste (copas) artikel ke google

Bro and sis. Apakah artikel blog anda pernah dicopy paste oleh orang lain? Bagaimana perasaan anda ketika pertama kali melihat artikel di blog anda yang anda tulis semalam suntuk tiba-tiba di comot orang lalu di copy paste tanpa permisi dulu? Iya.. Saya rasa perasaan anda akan sama seperti yang pernah saya rasakan, Sakitnya tuh disini... ( sambil nepok jidat) hehehe.. Pasti anda pernah kepikiran untuk melaporkan blog tukang copy paste itu ke google.

cara-melaporkan-tukang-copy-paste-ke-google

Sebenarnya ada untungnya juga ketika ada orang mengcopy paste blog kita, selama orang tersebut tau etika dan tata krama copy paste. (Duhh.. copy paste kok pake etika) hehehe.. Artinya begini, ketika ada orang yang mengcopy paste artikel di blog kita, lalu mereka tetap mencantumkan link aktif menuju blog kita sebagai identitas kita sebagai penulis, maka link aktif tersebut justru akan berdampak baik untuk rating blog kita. Namun jika mereka asal comot saja, tanpa mencantumkan identitas penulis aslinya, saran saya nih orang kita buang ke laut aja.

Pengalaman saya belum lama ini, saya memiliki blog bisnis offline saya tentang cuci sofa bekasi. Karena blog tersebut bersifat statis, jadi saya jarang sekali melakukan update pada blog tersebut. Nah beberapa waktu yang lalu saya baru sadar ternyata blog saya tersebut telah dicopy paste oleh salah seorang pesaing usaha jasa cuci sofa saya. Memang sih dia tidak 100% copy paste, ada beberapa bagian yang dia ubah terutama pada link, nama perusahaan, alamat, dan nomor telepon. Tapi tetap saja ketika melihat posisi google search blog si tukang copy paste berada diatas blog saya, rasanya sungguh menyebalkan sekali. Saya sempat berfikiran untuk melaporkan blog tukang copy paste ini ke google, tapi saya urungkan niat saya tersebut, biarkan saja lah, biar Tuhan nanti yang membalasnya.. 

Saya berfikir kenapa blog saya ini malah justru berada dibawah blog tukang copy paste? jawabannya mungkin karena blog saya tersebut jarang update, sedangkan blog tukang copy paste masih aktif update. 

Nah.. buat bro and sis yang mengalami hal yang serupa dengan saya, dan ingin melaporkan blog tukang copy paste ke google, disini saya akan berikan caranya. 

Cara melaporkan tukang copy paste ke google DMCA

Jika bro and sis sudah benar-benar berada pada ambang batas kesabaran silahkan laporkan saja blog tukang copy paste tersebut ke google, biar blog mereka di banned oleh mbah google. Syukur-syukur mereka yang suka copy paste mau sadar dan memperbaiki kesalahannya.

Berikut adalah cara melaporkan blog tukang copy paste ke google DMCA. Namun sebelumnya perlu juga anda ketahui tentang apa itu DMCA. Yaitu adalah sebuah hukum dari suatu hak cipta, untuk lebih lengkapnya tentang dmca silahkan baca disini: Pengertian DMCA

Cara untuk melaporkan blog copy paste ke google dmca sangatlah mudah, caranya silahkan anda masuk ke halaman pengaduan google dmca. Kemudian lengkapi kolom-kolom pertanyaan pengaduan yang dibutuhkan. Semakin lengkap anda mengisi kolom pengaduan tersebut, maka akan semakin mudah blog si tukang copas tersebut hilang dari google

Itulah cara melaporkan blog tukang copy paste ke google yang dapat saya bagikan kepada bro and sis semua. Pesan saya, Hargai hak cipta orang lain, belajarlah untuk berkarya dan menulis artikel yang original.
Sekian dan terima kasih. 
Back To Top