Cara memperbaiki kalibrasi touchscreen hp samsung android

Cara memperbaiki kalibrasi touchscreen hp samsung android

Hallo apa kabar Brother and Sister? Buat Bro and Sis yang mempunyai Hp android mungkin pernah mengalami masalah pada touchscreen yang kurang responsif atau tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Hal tersebut mungkin bisa membuat bro and sis jengkel dan dongkol. Salah-salah handphone android harganya jutaan itu bro and sis banting menjadi berkeping-keping, tapi saran saya jangan dibanting, mendingan dikasih ke saya saja. hehehe..

Pada dasarnya touchscreen hp android itu memerlukan kalibrasi secara berkala, untuk mengembalikan fungsi touchscreen tersebut agar dapat berfungsi dengan baik. Jadi artinya, ketika touchscreen hp android bro and sis udh mulai ngaco, itu tandanya hp androidnya sudah waktunya untuk dikalibrasi.

cara setting kalibrasi android
Memang sudah menjadi rahasia umum bahwa salah satu kelemahan hp android smartphone adalah terletak pada touchscreen yang kadang sering tidak bekerja dengan baik, kurang responsife, lemot, loncat-loncat atau bahkan tidak bisa digunakan lagi. Terlebih lagi untuk hp android buatan cina yang cukup rentan sekali dengan error touchscreen. Namun tidak berarti bahwa hp mahal tidak akan mengalami masalah error touchscreen tersebut. Karena  tidak jarang juga error touchscreen tersebut terjadi pada hp merek samsung, LG, Oppo, dan yang lainnya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, disini saya akan memberikan tips cara memperbaiki kalibrasi touchscreen HP samsung android. Caranya cukup mudah sekali, karena biasanya didalam hp android tersebut sudah terdapat setting kalibrasinya, hanya saja terkadang kita tidak tau letak dan cara setting kalibrasi hp android tersebut.

Tips cara memperbaiki kalibrasi touchscreen hp android ini sudah pernah saya praktekkan pada hp Samsung Ace Duos GT S6802 dan Samsung Galaksi STAR GT S5282 belum pernah saya praktekkan pada hp android yang lainnya. Maka dari itu saya beri judul Cara memperbaiki kalibrasi touchscreen hp samsung android.

Cara memperbaiki kalibrasi touchscreen 1

1. Silahkan masuk ke display setting hp samsung androin bro and sis. Perlu diketahui bahwa masing-masing handphone android memiliki tampilan setting dsplay yang berbeda-beda.

2. Atur ulang kalibrasi hp android pada setting display tersebut tepatnya pada setting Horizontal Calibration kemudian atur sebagai alternatif, jangan mengaktifkan fitur Auto Rotation.

Cara memperbaiki kalibrasi touchscreen 2

Cara kedua ini adalah alternatif bagi bro and sis yang memiliki smartphone yang tidak memiliki display setting seperti cara 1 diatas. Caranya yaitu dengan mendownload aplikasi di playstore, nama aplikasinya adalah SwiftKey Keyboard. Pada aplikasi tersebut bro and sis bisa mengatur ulang kalibrasi melalui menu yang dinamanya Touch Input.

Cara memperbaiki kalibrasi touchscreen 3

Cara ini adalah alternatif terakhir yang saya ketahui untuk memperbaiki kalibrasi hp Samsung android dengan menggunakan kode rahasia samsung. Sekali lagi kode khusus tersebut mungkin hanya cocok untuk hp android samsung saja, Mungkin untuk masing-masing merk hp memiliki kode yang berbeda-beda.

cara memperbaiki kalibrasi touchscreen

1. Tekan *#0*# pada hp samsung android bro and sis
2. Maka bro and sis akan dibawa pada tampilan LCD TEST
3. Dari menu Lcd Test tersebut bro and sis dapat menyetting touchscreen, vibration, dan setting yang lainnya sesuai dengan yang terlihat pada gambar diatas.

Itulah tips cara memperbaiki kalibrasi touchscreen hp samsung android yang dapat saya bagikan kepada bro and sis semua. Semoga bermanfaat..
Tag : Artikel, Gadgets
Back To Top