Cara mengatasi masalah susah tidur atau insomnia

Cara mengatasi masalah susah tidur atau insomnia

Bro and Sis.. Mungkin ada sebagian dari anda yang saat ini mengalami masalah susah tidur (insomnia) yang cukup menyiksa dan mengganggu aktifitas sehari-hari anda. Ternyata masalah susah tidur tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor yang salah satunya adalah faktor psikologis. Stress dan terlalu banyak fikiran merupakan penyebab utama masalah susah tidur yang dialami oleh kebanyakan orang. 

cara-mengatasi-masalah-susah-tidur-insomnia
Jujur saya akui bahwa saya pun sebenarnya pernah mengalami yang namanya susah tidur, bahkan sampai saat inipun terkadang saya masih sering susah tidur. Dari situlah akhirnya saya mencoba untuk mencari solusi mengatasi masalah susah tidur tersebut. Saya banyak membaca artikel di internet tentang cara mengatasi susah tidur tersebut, dan alhamdulillah sedikit demi sedikit sekarang saya sudah mulai bisa mengurangi penyakit susah tidur tersebut.

Pada posting kali ini saya akan sedikit berbagi tips mengatasi susah tidur (insomnia) yang pernah saya alami, kepada bro and sis semua, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan sedikit membantu bro and sis yang juga sedang mengalami masalah susah tidur.

Cara mengatasi masalah susah tidur

Dari beberapa artikel yang pernah saya baca, saya dapat menyimpulkan tips dan cara mengatasi masalah susah tidur yang akan saya bagikan kepada bro and sis semua.

1. Bersihkan diri anda, seperti mandi setelah bekerja, dan cuci muka, kaki dan tangan sebelum beranjak tidur.

2. Untuk yang beragama islam, pastikan anda telah melaksanakan shalat isya sebelum beranjak tidur.

3. Pastikan kamar tidur anda dalam keadaan bersih, nyaman, dan tenang

4. Redupkan lampu kamar anda

5. Ambil posisi tidur yang nyaman menurut anda, Kemudia berdo'alah sesuai dengan agama dan 
kepercayaan anda.

6. Pejamkan mata, Lemaskan seluruh organ tubuh anda, Kemudian tarik nafas panjang dan hembuskan secara perlahan.

7. Lupakan sejenak seluruh permasalahan dalam hidup anda, entah itu masalah pekerjaan, masalah keluarga, atau masalah lainnya dalam kehidupan anda. Lupakan dan lepaskan semua masalah tersebut, pasrahkan semua hanya kepada Sang Pencipta.

8. Abaikan apapun yang ada disekeliling anda, tugas anda saat ini adalah beristirahat dan tidur.

9. Tetap bernafas dengan rileks dan nikmati keheningan dalam diri anda.

10. Untuk membantu otak agar lebih rileks dan nyaman, anda juga dapat mebantunya dengan memutar alunan musik yang mendamaikan, misalnya dengan musik meditasi.

Menurut pengalaman yang pernah saya lakukan, hal-hal diatas akan sangat membantu dalam mengatasi masalah susah tidur. Karena kondisi tubuh dan fikiran yang rileks akan sangat mempengaruhi kualitas tidur anda. 

Pesan saya, jangan mengkonsumsi obat tidur atau obat-obatan lainnya yang dapat merangsang anda untuk mudah tertidur, karena biasanya obat-obat tersebut akan membawa dampak dan efek samping yang tidak baik untuk kesehatan anda.

Itulah sedikit tips cara mengatasi masalah susah tidur (insomnia) yang dapat saya bagikan untuk bro and sis hari ini, karena sekarang sudah malam, saya mau tidur dulu.. :)
Semoga bermanfaat.
Tag : Kesehatan
Back To Top