Cara menjaga kesehatan kehamilan dan kesehatan kandungan

Cara menjaga kesehatan kehamilan dan kesehatan kandungan

Bro and sis, Untuk menjaga kesehatan kandungan pada wanita hamil diperlukan perlakuan yang khusus, terlebih pada proses kehamilan pertama bagi seorang ibu muda yang belum memiliki pengalaman hamil dan melahirkan. Untuk menjaga kesehatan kandungan dibutuhkan pemeriksaan kesehatan kehamilan secara rutin, baik itu dilakukan oleh dokter kandungan di rumah sakit, klinik, ataupun bidan di puskesmas.

Pada posting kali ini saya akan berikan tips khusus buat para suami dan para ibu hamil, yaitu adalah tips dan cara menjaga kesehatan kehamilan dan kandungan. Tips ini saya rangkum dari Buku Kesehatan Ibu dan Anak yang saya dapatkan dari bidan di dekat tempat tinggal saya.

cara-menjaga-kesehatan-kehamilan-dan-kandungan

Cara menjaga kesehatan kehamilan dan kandungan

  • Segera perikasakan diri ke petugas kesehatan saat anda sudah mulai terlambat datang bulan, atau ketika testpack kehamilan anda menunjukkan positif hamil. Agar bidan/ dokter dapat segera memberikan tindakan pada kehamilan anda.
  • Ukur tinggi badan dan lingkar lengan atas (LILA) pada saat pertama kali periksa kehamilan (dilakukan oleh petugas kesehatan; bidan/ dokter)
  •  Timbang berat badan setiap kali periksa kehamilan (dilakukan oleh petugas kesehatan; bidan/ dokter). Berat badan pada wanita hamil akan naik sesuai dengan usia kandungan.
  • Ukur tekanan darah dan besarnya kandungan tiap kali periksa (dilakukan oleh petugas kesehatan; bidan/ dokter). Kandungan akan membesar sesuai umur kehamilan.
  • Minum 1 pil tambah darah setiap hari selama 90 hari. Perlu anda ketahui bahwa pil tambah darah tidak berbahaya bagi bayi.
  • Mintalah imunisasi tetanus toksoid (TT) kepada petugas kesehatan (bidan/ dokter). Imunisasi ini akan mencegah penyakit tetanus pada bayi.
  • Ikuti Kelas Ibu Hamil, kelas ibu hamil ini bisa berupa senam ibu hamil, yoga hamil, dan bimbingan khusus untuk ibu hamil. Tujuannya adalah agar kesehatan kehamilan dan kesehatan kandungan tetap terjaga. Selain itu juga untuk mempermudah pada saat proses kelahiran.
Itulah sedikit artikel tentang cara menjaga kesehatan kehamilan dan kesehatan kandungan untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat bagi para wanita hamil, khususnya bagi ibu yang baru pertama hamil. Selain itu bagi bapak-bapak diharapkan juga mengetahui akan hal ini, agar dapat turut serta menjaga kesehatan kehamilan dan kandungan istri anda. Jadilah Suami SIAGA (Siap Antar Jaga)
Terima kasih..
Tag : Kesehatan
Back To Top