Cara mensetting carburator motor 4tak

Cara mensetting carburator motor 4tak

Bro and sis, Jika anda memiliki motor 4 tak yang mungkin ketika dipakai rasanya sudah tidak enak, suaranya nembak-nembak, mbrebet-brebet, atau ketika di gass tidak bisa ngacir. Ada baiknya bro and sis melakukan service rutin carburator ke bengkel. Namun permasalahannya sekarang biaya service karburator dibengkel biayanya sudah cukup mahal antara 25-50 ribu rupiah.

cara setting carburator motor 4 tak

Buat bro and sis yang pengen irit, atau pengen nyoba-nyoba service carburator sendiri di rumah, tapi sebelumnya bro and sis harus mengerti cara mensetting carburator motor 4 tak anda. Nah disinilah tempatnya bro and sis belajar cara mensetting carburator motor 4tak agar tidak brebet-brebet lagi. Caranya cukup mudah alias gampang.

Sebelum mensetting carburator motor 4 tak kesayangan anda, alangkah baiknya jika anda membersihkan karburator terlebih dahulu dengan menggunakan cairan pembersih carburator, atau bisa juga menggunakan bensin. Bersihkan setiap lekuk dan rongga karburator dengan menggunakan bensin terutama pada lubang-lubang carburator agar tidak ada kotoran yang menyumbat, yang nantinya dapat menyebabkan proses pembakaran didalam carburator tidak lancar.

Setelah proses pembersihan carburator selesai, silahkan bro and sis pasang kembali carburator motor 4 tak tersebut dengan posisi yang benar. Lalu coba nyalakan motor anda. Mungkin masih belum bisa menyala atau bisa menyala tapi suaranya kurang pas. Nah inilah saatnya bro and sis mensetting carburator motor 4 tak kesayangan anda. Settingan karburator ini khusus untuk motor 4 tak seperti motor bebek Supra, Kharisma, Revo, Jupiter Z, Satria FU, Kaze R, Blade dan yang lainnya. Atau untuk motor batangan/ sport seperti Tiger, Mega pro, GL-pro, Scorpio, CB 100, dan lain sebagainya.
Baca juga : Cara mensetting karburator motor 2tak

Cara setting karburator motor 4 tak

  • Putar setelan angin carburator kearah kanan sampai posisi mentok, kemudian putar kembali kekiri kira-kira 1,4 sampai 1,5 putaran (untuk motor bebek) dan kira-kira 2,5 putaran (untuk motor laki/ motor sport)
  • Putar Setelan baut gas dalam posisi putaran 3000 sampai 5000 rpm
  • Nyalakan mesin motor 4 tak anda
  • Kemudian Setel baut angin sampai posisi suara mesin tertinggi atau suara knalpot tidak nembak walau sekecil apapun. Setelan kira-kira sekitar 1,4 – 1,6 putaran (motor bebek). dan 2,4 – 2,6 putaran (motor sport).
  • Jika sudah ketemu setelan yang pas dan enak, kemudian putar kembali setelan baut gas ke posisi 900 sampai 1100 rpm. atau kira-kira posisi mesin dalam keadaan idle atau langsam (tidak mati dan tidak terlalu ngegas)
  • Kemudian check dengan menggunakan gas beberapa kali, jangan sampai ngegas terlalu mentok pada saat posisi kendaraan tidak berjalan. cukup digas sedang-sedang saja.
  • Coba ajak motor 4 tak kesayangan anda untuk muter komplek satu kali, kalau sudah dirasa cukup enak berarti anda berbakat untuk menjadi montir atau membuka usaha bengkel. hehehe...
Point terpenting dalam setting carburator motor 4 tak adalah pasokan bahan bakar dan angin dalam keadaan pas. Jangan terlalu besar setting bahan bakar atau terlalu kecil (irit). Jangan pula terlalu besar settingan angin yang masuk kedalam carburator, tapi jangan terlalu sedikit pula. Jadi usahakan settingan antara bahan bakar dan angin harus seimbang agar performa motor 4 tak anda bisa ngejreeng..

Saya kira hanya itu pengetahuan saya tentang cara mensetting karburator motor 4 tak sendiri dirumah. Mudah-mudahan dapat membantu menyelesaikan masalah karburator motor 4 tak yang ngadat.
Sekian dan terima kasih.


Tag : Artikel
Back To Top