Cara proteksi blogspot dari copy paste dengan DMCA

Cara proteksi blogspot dari copy paste dengan DMCA


Bro and sis... Saya yakin sudah banyak yang tahu ataupun mendengar istilah DMCA, namun tidak jarang juga para blogger pemula seperti saya ini yang baru mengenal atau belum tahu tentang istilah DMCA tersebut. Nah pada posting kali ini saya akan membahas tentang cara memproteksi website/ blog dari copy paste dengan DMCA. Namun sebelum saya membahas tentang cara memasang DMCA di blog anda, saya akan sedikit menjelaskan terlebih dahulu pengertian dari DMCA itu sendiri.
cara proteksi blog dari copy paste

DMCA adalah singkatan dari Digital Millennium Copyright Act atau dalam bahasa indonesianya adalah Sebuah hukum dari suatu hak cipta yang dilindungi oleh negara Amerika Serikat dengan sebuah perjanjian.
DMCA sendiri resmi dibentuk dan diresmikan pada 12 Oktober 1998. DMCA sendiri merupakan sebuah perusahaan yang melindungi suatu hak cipta produk dari google.

Itulah sedikit pengertian dari DMCA, sekarang kita kembali ke pembahasan awal yaitu cara memproteksi website dari copy paste dengan DMCA. Caranya terbilang cukup mudah, dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja, Blog dan website anda sudah memiliki hak cipta dan tidak boleh dicopy paste oleh sembarangan orang, tanpa mendapatkan ijin dari anda.

Ide untuk memasang proteksi website DMCA ini berawal dari beberapa artikel saya yang dicopy paste oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab,  mau capek mikir dan ngetik,  maunya hanya enaknya saja. Bagaimanasaya tidak sebel, artikel yang saya tulis berjam-jam tiba-tiba dicopy paste orang begitu saja tanpa menyertakan link atau info si penulis artikel, yaitu saya sendiri.

Cara memproteksi website dari copy paste dengan DMCA

1. Silahkan bro and sis kunjungi website resmi DMCA di www.dmca.com

cara proteksi blog dengan dmca

2. Kemudian lengkapi kolom Register your protection badge
  • First Name         : Isi dengan nama depan anda
  • Last Name         : Isi dengan nama belakang anda
  • Company Name : Isi nama perusahaan anda
  • Email Address    : Isi dengan alamat email anda
 3. Klik Submit

4. Sekarang pilih model badge yang akan dipasang didalam website atau blog anda, Copy kode badge dcma tersebut.

5. Masuk ke halaman dashboard blogspot anda, lalu pilih Tata Letak

6. Klik Tambahkan Gadget, Lalu pilih HTML/JavaScript

7. Paste kode badge dcma pilihan anda tadi didalam gadget tersebut.

8. Klik Simpan.

Sekarang buka blogspot anda, disana akan tampak logo badge dcma yang telah anda pilih tadi. Itu berarti blog anda sekarang sudah diproteksi oleh DCMA, jadi orang-orang sudah tidak bisa sembarangan lagi asal copy paste isi artikel blog anda.

Selain memproteksi blog dari copy paste dengan dmca tersebut, ada lagi opsi untuk memproteksi blog dari copy paste yaitu dengan cara menambahkan beberapa kode javascript kedalam template blog anda. tujuannya adalah untuk mengencryp blog anda. Jadi isi artikel didalam blog tidak bisa di block dan dicopy paste. untuk lebih lengkapnya silahkan lihat disini : Cara mengantisipasi agar blog tidak bisa dicopy paste (copas)

Itulah sedikit share posting hari ini tentang Cara proteksi blogspot dari copy paste dengan DMCA. Semoga bermanfaat bagi bro and sis semua.
Tag : Tips NgeBlog
Back To Top