Gizi dan makanan untuk usia kehamilan trimester 1

Gizi dan makanan untuk usia kehamilan trimester 1 (usia kehamilan 3 bulan)


Bagi wanita yaang sedang hamil muda sangat membutuhkan asupan gizi dan makanan yang cukup terutama pada usia kehamilan trimester pertama atau usia kehamilan dibawah 3 bulan, karena pada usia kehamilan trimester 1 ini masih sangat rentan sekali dengan keguguran. Jadi selain harus berhati-hati, tidak boleh terlalu capek, dan istirahat yang cukup, pada usia kehamilan kurang dari 3 bulan sangat wajib memperhatikan kebutuhan gizi dan makanan.
gizi-dan-makanan-untuk-kehamilan-3-bulan

Adapun kebutuhan gizi dan makanan untuk usia kehamilan trimester 1 sangat banyak sekali, terutama makanan yang banyak mengandung vitamin dan gizi seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Selain makanan yang banyak mengandung gizi, diusia kehamilan 3 bulan ini juga disarankan untuk mengkonsumsi vitamin yang mengandung kolagen dan asam folat, biasanya vitamin tersebut diberikan oleh bidan/ dokter setiap kali melakukan pemeriksaan kandungan. Bisa juga dengan minum susu untuk untuk usia kehamilan 3 bulan yang dapat dibeli di apotek atau swalayan.

Berikut akan saya berikan nutrisi gizi dan makanan untuk usia kehamilan trimester 1
  • Konsumsi buah-buahan yang banyak mengandung vitamin --Buah-buahan sangat dianjurkan dikonsumsi oleh wanita hamil pada usia kehamilan trimester 1, karena kandungan gizi dan vitamin dalam buah selain bermanfaat untuk menjaga stamina dan kondisi dari ibu hamil, juga baik untuk pertumbuhan calon janin didalam kandungan. Buah-buahan yang baik dikonsumsi pada usia kehamilan 3 bulan salah satunya adalah buah pisang, apel, alpukat, kelapa muda, dan masih masih banyak yang lainnya.
  • Konsumsi sayur-sayuran --Sayur-sayuran merupakan sumber nutrisi gizi dan vitamin yang baik. Sayuran seperti bayam banyak mengandung zat besi yang bermanfaat untuk pembentukan hemoglobin pada wanita hamil. Pada usia kehamilan trimester 1 disarankan untuk banyak mengkonsumsi sayur-sayuran hijau agar kebutuhan gizi kandungan terpenuhi.
  • Minum Susu Setiap Hari --Sekarang ini sudah banyak sekali tersedia susu khusus untuk ibu hamil yang dijual di apotek dan supermarket. Susu untuk ibu hamil tersebut telah dikemas dan diproses sesuai kebutuhan. Ada susu yang khusus untuk usia kehamilan trimester 1, Trimester 2, Trimester 3, dan susu untuk ibu yang sedang menyusui. Susu tersebut juga telah dikemas dengan beraneka rasa, misalnya susu rasa coklat dan rasa vanilla. Jadi dapat disesuaikan dengan selera si wanita hamil tersebut. Susu termasuk nutrisi wajib bagi ibu hamil, khususnya untuk usia kehamilan 3 bulan.
  • Konsumsi Ikan --Sudah menjadi rahasia umum bahwa ibu hamil harus banyak mengkonsumsi ikan-ikanan. Karena selain memiliki kandungan protein yang tinggi, ikan juga dipercaya dapat menambah kecerdasan dan perkembangan otak bayi. Karena ikan kaya akan vitamin A dan Omega 3. Jadi selain mengkonsumsi buah dan sayur, wanita hamil juga disarankan untuk menkonsumsi daging ikan. Lebih baik lagi jika mengkonsumsi ikan salmon yang harganya lumayan mahal.
    Selain itu, pada usia kehamilan trimester 1 juga disarankan untuk mengkonsumsi kacang-kacangan, seperti kacang kedelai dan kacang hijau. Itulah sedikit share saya pada posting kali tentang nutrisi dan asupan gizi dan makanan untuk usia kehamilan trimester 1 yang saya tujukan untuk wanita yang sedang dalam kondisi hamil muda (kehamilan dibawah 3 bulan) Semoga bermanfaat.
Tag : Kesehatan
Back To Top