Kenapa saya susah konsentrasi dan fokus?

Kenapa saya susah sekali berkonsentrasi dan fokus?

Bro and sis, pertanyaan tersebut diatas saya yakin seringkali muncul dibenak anda semua, bahkan saya sendiri juga seringkali mengalami masalah tersebut. Setelah saya pelajari lebih dalam kenapa saya susah untuk konsentrasi dan fokus entah itu dalam masalah pekerjaan, keluarga, olah raga, atau dalam hal lainnya. Akhirnya saya dapat menyimpulkan dan mencari solusi untuk mengatasi masalah susah konsentrasi dan fokus tersebut.
Kenapa saya susah konsentrasi dan fokus?

Susah konsentrasi dan fokus terkadang datang begitu saja tanpa kita duga, terlebih bagi seorang pebisnis online atau blogger pemula seperti saya ini. Saya beri contoh satu bulan yang lalu saya sangat semangat dan fokus untuk meningkatkan traffick pengunjung di blog ini, tapi pada awal bulan ini saya sudah mulai bosan dan terpengaruh dengan bisikan-bisikan mbah google tentang niche blog yang membahas tentang review gadgets dan smatphone android. Alhasil untuk beberapa minggu blog ini jadi terbengkalai karena saya malah sibuk membuat blog baru yang berhubungan dengan gadgets android tersebut.

 Hampir 2 minggu sudah saya sibuk berkonsentrasi dan fokus dengan blog baru saya, mulai dari mengoptimasi SEO on page dan off page, sampai menulis artikel yang saya sendiri sebenarnya tidak menguasai tema artikel tentang gadgets tersebut. Dan apa yang terjadi? lagi-lagi saya sudah mulai bosan dan tidak bisa fokus pada blog baru tersebut dan saya memutuskan untuk rujuk lagi dengan blog bocahsoenyi ini. 

Nah dari pengalaman saya tersebut akhirnya saya mencoba mencari solusi untuk mengatasi masalah susah konsentrasi dan fokus tersebut yang akan saya bagikan kepada bro and sis semua. Mudah-mudahan tips mengatasi susah konsentrasi dan fokus ini dapat bermanfaat bagi banyak orang..

Penyebab kenapa saya susah konsentrasi dan fokus

Menurut pengalaman saya, kenapa terkadang kita tidak bisa konsentrasi dan fokus pada satu hal/ tujuan biasanya disebabkan oleh beberapa faktor.

1. Faktor Lingkungan
Faktor lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap tingkat konsentrasi dan fokus seseorang. Contoh sederhananya adalah ketika saya sedang konsentrasi dan fokus menulis artikel lalu tiba-tiba diajak ngobrol oleh teman/ keluarga, atau tiba-tiba mendengar suara gaduh tetangga yang sedang ribut, suara musik tetangga kontrakan yang terlalu keras dan berisik. Hal tersebut menurut saya sangat mengganggu konsentrasi dan fokus.

2. Faktor kesehatan
Faktor kesehatan ini jelas sekali sangat menentukan tingkat konsentrasi dan fokus. Bagaimana kita bisa berkonsentrasi dan fokus dengan baik kalau kondisi tubuh sedang tidak sehat.

3. Faktor Lain-Lain
Faktor pengaruh lain ini bisa berasal dari pengaruh orang lain tentang sesuatu hal, misalnya ketika saya sedang konsentrasi pada blog saya ini, tiba-tiba teman mengajak saya untuk bermain, atau teman mengajak saya untuk melakukan pekerjaan lain, sehingga fokus dan konsentrasi saya akan terbagi.

Cara mengatasi susah konsentrasi dan fokus

Apakah anda masih ingat kapan terakhir kali anda melakukan sesuatu dengan konsentrasi dan fokus? Beberapa kegiatan yang saya lakukan dengan penuh konsentrasi dan fokus adalah salah satunya ketika buang air besar/ buang air kecil. Biasanya orang yang sedang buang air besar/ air kecil berada dalam keadaan yang sangat fokus. Selain itu masih ada beberapa hal yang biasa saya kerjakan dengan sangat fokus adalah ketika saya sedang bermain PS, shalat, dan melakukan kegiatan yang menjadi hobby saya.
Cara sederhana agar kita bisa tetap konsentrasi dan fokus dalam bekerja adalah:

1. Buat lingkungan kerja/ ruangan kerja yang nyaman dan tenang
2. Jaga kesehatan tubuh dengan makan secara teratur, makan makanan yang bergizi, minum air putih yang cukup, dan minum vitamin untuk meningkatkan konsentrasi.
3. Istirahat yang cukup
4. Olah raga yang teratur
5. Berlatihlah untuk bermeditasi (berfokus pada satu titik)
6. Hindari minuman keras dan narkoba
7. Sering membaca atau mendengarkan motivasi dan para motivator
8. Beribadah dan berdo'a agar diberi kemudahan dalam berkonsentrasi dan fokus serta selalu istiqomah.
9. Bayangkan dan fikirkan kesuksesan anda dimasa depan
10. Tanamkan dalam hati, fikiran, dan alam bawah sadar anda harus fokus dalam menggapai impian.
11. Minta nasehat dari orang-orang terdekat ketika rasa konsentrasi dan fokus anda mulai berkurang.

Itulah sedikit tips dari saya tentang bagaimana saya menjaga konsentrasi dan fokus untuk tetap terus berusaha dan semangat dalam menulis dan mengembangkan blog saya ini..

Sekian dan terima kasih.. 



Back To Top