Teknik belajar bermain gitar

Teknik belajar bermain gitar


Belajar bermain gitar itu bisa dibilang susah-susah mudah. Akan mudah jika kita memiliki jiwa seni musik yang tinggi, bakat, serta feeling yang bagus dalam mendengarkan nada-nada dan chord gitar. Tapi akan terasa sulit bagi sesorang yang tidak memiliki bakat seni serta feeling yang bagus dalam bermain gitar.

Meskipun demikian, kemauan, semangat, serta kerja keras dalam belajar bermain gitar juga memiliki peranan yang sangat penting. Percuma jika seseorang memiliki jiwa musik yang tinggi serta bakat bermain gitar yang bagus, namun tidak memiliki kemauan untuk mengasah skill bermain gitarnya, lama kelamaan bakat tersebut akan luntur dan tidak bermanfaat.

Berbeda dengan seseorang yang tidak terlalu memiliki bakat bermain gitar yang bagus tapi memiliki kemauan serta semangat belajar bermain gitar yang ulet, maka lama-kelamaan bakat bermain gitar orang tersebut perlahan-lahan akan tumbuh dengan sendirinya, sehingga skill dalam bermain gitarnya pun akan terus meningkat, dan tidak mustahil orang tersebut akan menjadi seorang gitaris yang handal.

teknik-belajar-bermain-gitar

Saya sendiri adalah orang yang tidak terlalu memiliki feeling dan bakat dalam bermain gitar, dan parahnya lagi saya juga bukan orang yang memiliki semangat yang tinggi dalam belajar bermain gitar. Alhasil hampir 15 tahun sudah saya memiliki gitar accoustic sendiri, namun kemampuan bermain gitar saya hanya begitu-begitu saja, segitu-segitu saja, dan itu-itu saja, tidak ada peningkatan sama sekali, hanya sebatas bisa memainkan kunci-kunci dasar saja. Itupun masih dibantu dengan buku-buku chord gitar, karena jujur saya tidak bisa mengulik kunci gitar sendiri. hehehee..

  Ada beberapa teknik belajar bermain gitar yang dapat kita pelajari baik bagi pemula maupun bagi yang sudah mengerti kunci-kunci dasar bermain gitar.

1. Teknik Belajar bermain gitar secara Otodidak

Kita dapat belajar bemain gitar secara otodidak, yaitu dengan melihat orang yang sedang bermain gitar, membaca buku serta artikel teknik belajar bermain gitar, melihat video di youtube tentang cara belajar bermain gitar, atau dengan cara rajin mengulik sendiri kunci-kunci gitar.

Teknik belajar bermain gitar secara otodidak ini terbilang paling sulit khususnya bagi orang yang tidak memiliki feeling serta bakat bermain gitar yang baik. Selain itu kita juga harus rajin dan sabar dalam belajar bermain gitar secara otodidak.

2. Belajar bermain gitar melalui teman

Kita dapat meminta bantuan teman yang sudah memiliki kemampuan bermain gitar yang bagus untuk mengajari kita bermain gitar. Karena biasanya orang yang sudah bisa bermain gitar dengan bagus, mereka tidak akan pelit membagikan ilmu bermain gitar kepada teman-temannya. Karena bermain gitar itu akan lebih enak ketika dilakukan bersama dengan teman-teman sambil nongkrong, ngeband di studio, atau bersantai-santai dikamar.

3. Belajar bermain gitar melalui tempat kursus gitar/ Les gitar

Teknik belajar bermain gitar yang satu ini adalah yang paling bagus menurut saya, karena di sekolah-sekolah gitar/ Les gitar kita akan dipandu oleh para instruktur gitar yang sudah jelas memiliki kemampuan bermain gitar yang mumpuni. Selain itu kita juga akan diajarkan teknik bermain gitar mulai dari yang dasar hingga yang profesional. Biasanya kita akan diberikan modul pembelajaran yang telah disusun sesuai dengan kurikulum sekolah gitar tersebut.

Kita juga bisa bertanya secara langsung kepada instruktur tentang kesulitan-kesulitan dalam bermain gitar, selain itu biasanya kita akan diberikan ujian serta kompetisi-kompetisi bermain gitar bagi yang sudah memiliki kemampuan bermain gitar dengan baik.

Itulah beberapa teknik belajar bermain gitar yang mungkin tidak berguna bagi anda. hehehe...
Tapi yang jelas, menurut saya cowok atau cewek yang bisa bermain gitar dan bernyanyi itu keren  sekali. Makanya dari dulu saya belajar bermain gitar biar bisa kelihatan keren. hehehe...
Tag : Artikel
Back To Top