Cara mengobati dan mengurangi perasaan galau

Cara mengobati dan mengurangi rasa galau

Perasaan galau atau seringkali disebut dengan istilah resah, gundah, dan gelisah adalah perasaan tidak menentu didalam hati dan fikiran yang terjadi akibat banyak hal yang menggangu perasaan hati dan fikiran. Perasaan galau tersebut tidak hanya melanda pada remaja dan anak muda saja, melainkan juga seringkali melanda pada orang tua..

cara-mengobati-rasa-galau
Ada banyak faktor yang menjadi penyebab perasaan galau tersebut. beberapa diantaranya adalah karena masalah cinta, masalah pekerjaan, masalah harta, jabatan, dan masih banyak lagi. Terutama masalah yang  berkaitang dengan hal duniawi.

Pada artikel ini saya akan berbagi resep dan cara untuk mengobati dan mengurangi perasaan galau yang saya rangkum dari berbagai macam sumber kemudian saya kemas dengan bahasa saya sendiri agar lebih mudah dipahami. Mudah-mudahan dapat bermanfaat dan membantu saudara semua dalam mengatasi masalah galau tersebut.

cara mengobati galau

1. Mendekatkan diri kepada Allah SWT atau Tuhan Yang Maha Kuasa

Cara paling ampuh untuk mengobati rasa galau adalah dengan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta yaitu Allah SWT. Bagi yang beragama Islam, mendekatkan diri kepada Allah SWT dapat dilakukan dengan berbagai macam cara misalnya dengan berwudlu, berdzikir, shalat, membaca Al-Qur'an, atau mengikuti pengajian atau siraman rohani di masjid atau pondok pesantren.

2. Mendengarkan atau membaca kata-kata bijak dari motivator

Untuk mengurangi perasaan galau yang melanda hati dan fikiran, anda bisa membaca atau mendengarkan kalimat-kalimat bijak dari para motivator seperti Pak Mario Teguh, Tung Desem Waringin, dan kata-kata bijak dari para pujangga terkenal lainnya. Dengan tujuan agar kata-kata bijak tersebut dapat memotovasi dan memberikan pencerahan untuk hati dan fikiran kita.

3. Mendengarkan musik 

Bagi saya mendengarkan musik juga bisa menjadi alternatif untuk mengurangi rasa galau. Tapi perlu diingat bahwa musik yang kita dengarkan adalah musik yang menggembirakan dan membakar semangat, jangan musik-musik cengeng yang justru akan tambah mendramatisir kegalauan dan kesedihan anda. Selain musik yang gembira, anda juga bisa mencoba untuk mendengarkan musik alam atau musik meditasi.

4. Pergi ketempat yang tenang dan damai

Tempat tenang dan damai yang saya maksudkan disini adalah tempat-tempat seperti pantai, pegunungan, persawahan, pedesaan, atau tempat-tempat yang masih memiliki suasana yang nyaman dan asri. Karena dengan menikmati pemandangan alam dan menghirup udara segar akan dapat membantu menjernihkan hati dan fikiran anda yang sedang galau.

5. Meditasi 

Untuk mengobati galau, anda juga dapat melakukan meditasi hening seperti yoga. Karena dengan bermeditasi secara benar akan membuat tubuh, hati dan fikiran menjadi rileks dan nyaman. Untuk cara melakukan meditasi yang benar anda bisa mencari artikel di internet atau bisa juga mengikuti kelas yoga, atau olah raga pernafasan yang lainnya.

Itulah sedikit share saya tentang cara mengobati dan mengurangi perasaan galau dan stress yang sering melanda kita. Sekali lagi artikel ini adalah hasil dari rangkuman dari pengalaman pribadi saya sendiri, jika ada ketidak cocokan mohon untuk dimaafkan. Terima kasih dan semoga bermanfaat.
Tag : Artikel
Back To Top