Apa hukumnya berkumur dan menggosok gigi saat berpuasa?

Hukum berkumur dan menggosok gigi saat berpuasa

Berpuasa dibulan ramadhan adalah ibadah wajib bagi umat islam terutama kita yang dalam kondisi sehat dan tidak sedang berhalangan seperti yang dituliskan dalam artikel golongan orang yang diperbolehkan tidak berpuasa. Dalam menjalankan ibadah puasa, kita sering bertanya-tanya tentang hal-hal yang membatalkan puasa, hal-hal yang mengurangi pahala puasa, dan hal-hal yang belum kita ketahui hukumnya. Seperti halnya hukum berkumur dan menggosok gigi saat berpuasa.
hukum berkumur dan menggosok gigi saat puasa

Apa hukumnya berkumur saat berpuasa? Apakah berkumur saat berpuasa bisa membatalkan puasa? 

Berkumur atau beristinsyaq (memasukkan air ke hidung) dalam berwudlu menurut 3 madzhab imam yaitu Imam Hanifah, Imam Malik, dan Imam Syafi’i hukumnya adalah sunnah. Sementara itu, Imam Ahmad menganggapnya sebagai bagian dari membasuh wajah, maka hukumnya fardlu.

Lalu bagaimana hukumnya berkumur saat berpuasa?

Rasulullah SAW bersabda  

"Apabila engkau beristinyaq, maka bersungguh-sungguhlah kecuali jika engkau sedang berpuasa"

(HR. Syafi’i, Ahmad, Imam yang empat, dan Baihaqi)

Dalam sebuah hadist juga diriwayatkan, dari Laqith bin Shabrah radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

"Sempurnakanlah wudhu’, & basahi sela jari-jari, perbanyaklah dalam istinsyak (memasukkan air ke hidung), kecuali bila sedang berpuasa" (HR Arba’ah & Ibnu Khuzaemah menshahihkannya).

Dari kedua hadist diatas para ulama berpendapat bahwa hukum berkumur saat berwudlu dalam keadaan berpuasa adalah diperbolehkan, asalkan jangan berkumur secara berlebihan. Dan dalam berkumur jangan sampai memasukkan air kedalam kerongkongan, tujuannya berkumur adalah untuk menyempurnakan wudlu hanya sebatas membasahi mulut saja, bukan berkumur secara berlebihan untuk mengurangi rasa haus dan dahaga.

Lalu bagaimana jika pada saat berkumur secara tidak sengaja air masuk kedalam kerongkongan? atau air bercampur dengan ludah lalu tanpa sengaja tertelan? Selama itu tidak disengaja tentu sah-sah saja, kecuali jika kita sengaja berkumur dengan banyak dan membasahi kerongkongan dengan tujuan untuk mengurangi rasa haus, hal tersebut mungkin bisa dikatakan membatalkan puasa. Wallahu a'lam bishawab.

Apa hukumnya menggosok gigi saat berpuasa? Apakah menggosok gigi membatalkan puasa?

Dalam beberapa hadist menjelaskan agar kita dianjurkan untuk menggosok gigi atau bersiwak, seperti pada hadist dibawah ini:

“Andaikan tidak memberatkan umatku, niscaya kuperintahkan mereka untuk gosok gigi setiap hendak shalat.” (HR. Bukhari).

Dari hadist diatas sebagian ulama memperbolehkan kita untuk menggosok gigi pada saat berpuasa, dengan catatan jangan sampai memasukkan air auat pasta gigi kedalam kerongkongan. Karena bersiwak atau menggosok gigi dengan tujuan membersihkan mulut dan gigi merupakan sesuatu yang dianjurkan bagi orang muslim. Seperti yang telah kita ketahui bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman.

Jadi kesimpulannya adalah:

1. Berkumur saat berpuasa bukanlah hal yang membatalkan puasa, asal jangan berlebihan dan tujuannya adalah untuk memenuhi kesempurnaan dalam berwudlu, bukan untuk mengurangi rasa haus dan dahaga.

2. Menggosok gigi saat berpuasa tidak membatalkan puasa, selama tidak dengan sengaja memasukkan air atau pasta gigi kedalam kerongkongan. Dan tujuan dari menggosok gigi adalah untuk membersihkan gigi dan mulut.

Wallahu a'lam bishawab.. Semoga bermanfaat.

Back To Top