Penyebab kenapa anak sering menangis dan rewel

Penyebab kenapa anak sering menangis dan rewel terus

Anak sering menangis dan rewel terus sepanjang hari biasanya terjadi karena disebabkan oleh beberapa hal. Anak yang menjadi sering rewel dan menangis terus kadang membuat orang tua menjadi stress, panik, takut, dan berfikiran yang macam-macam. Sebagai orang tua yang bijak kita harus berfikiran tenang dan positif untuk mengetahui penyebab dari rewelnya si anak, lalu mencari solusi agar anak tidak menangis terus. Karena tidak jarang orang tua yang kurang paham justru malah panik, marah-marah, bahkan melakukan tindakan yang salah.
kenapa anak sering menangis rewel

Penyebab anak rewel biasanya dikarenakan oleh beberapa faktor diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Anak rewel dan menangis karena lapar, Anak kecil yang merasa lapar biasanya akan cenderung rewel dan menangis terus. Mungkin bagi anak yang sudah bisa bicara, dia akan langsung bilang ke orang tua kalau lapar, tapi bagi anak yang belum bisa bicara biasanya cara protes kepada orang tua bahwa dia sudah mulai lapar yaitu dengan cara menangis.
  2. Anak rewel dan menangis karena sakit, Seperti anak yang sedang lapar, ketika sakitpun anak akan cenderung rewel dan menangis terus sepanjang hari, bedanya ketika anak menangis karena lapar setelah diberi makan biasanya akan diam, namun jika anak menangis karena sakit biasanya dia akan menangis terus sampai rasa sakit yang dia derita sembuh atau berkurang. Pada kasus ini biasanya orang tua justru cenderung panik dan bingung karena takut terjadi apa-apa pada buah hatinya. 
  3. Anak rewel karena kecapekan, Sudah menjadi kodrat bagi anak kecil bahwa tugas mereka adalah bermain, berlari-larian kesana kemari. Bahkan tidak jarang ada anak yang hyper aktif atau tidak bisa diam. Hal tersebut tentu akan mengakibatkan si anak sering kecapekan dan sering rewel ketika malam hari. Sebagai orang tua kita harus pintar-pintar menyikapi hal tersebut.
  4. Anak rewel karena berada ditempat yang baru, Hal ini biasanya terjadi ketika kita sedang berkunjung kerumah saudara atau kerabat yang jarang kita kunjungi, atau ketika anda sedang pindahan dari rumah lama kerumah baru. Seorang anak butuh penyesuaian diri terhadap lingkungan sekitar sehingga ketika berada pada suasana yang baru, ada sebagian anak yang cenderung rewel dan menangis.
  5. Anak rewel karena butuh perhatian orang tua, Ada beberapa orang tua yang cenderung sibuk dengan pekerjaan atau urusan pribadi sehingga harus mengabaikan si anak. Hal tersebut menyebabkan si anak merasa butuh perhatian dari orang tua. Sebagai bentuk protes si anak dalam mencari perhatian orang tua, biasanya dia akan menangis sambil memanggil-manggil nama orang tua.
  6. Anak menangis karena ditinggal pergi orang tua. Orang tua dan anak memang sudah menjadi satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan, sehingga sangat wajar jika seorang anak khususnya balita akan menangis tersedu-sedu ketika ditinggal pergi orang tua, terutama ditinggal pergi ibunya. Jadi untuk kasus seperti ini kita sebagai orang tua tidak perlu kaget, karena justru hal tersebut menceriminkan kasih sayang seorang orang tua kepada anak atau sebaliknya.
Itulah sedikit ulasan saya tentang penyebab kenapa anak sering rewel dan menangis. Semoga bermanfaat..   
Back To Top