Resep cara membuat kacang telor gurih

Resep cara membuat kacang telor gurih

Sekitar sebulan yang lalu ketika dirumah saya mau mengadakan acara syukuran dan mengundang ibu-ibu pengajian dan tetangga-tetangga sekitar rumah, saya dan keluarga sedikit sibuk menyiapkan hidangan untuk tamu-tamu tersebut. Selain beberapa hidangan makanan ringan yang kami pesan dari tukang kue, untuk sedikit menekan pengeluaran agar lebih irit kami juga membuat beberapa cemilan dan makanan ringan seperti kacang telor dan tahu isi. 

Karena sudah lama saya tidak membuat kacang telor, saya jadi agak lupa apa saja bumbu resep membuat kacang telor yang gurih. Meskipun sewaktu masih SMA dulu saya cukup pandai membuat kacang telor super gurih sebagai cemilan kalau pulang sekolah atau sebelum tidur. Bahkan tak jarang teman-teman juga ikut pesan kacang telor buatan saya, karena memang resep kacang telor gurih buatan saya bisa nendang katanya. hehehe...
resep cara membuat kacang telor gurih

Biar gak salah resep, saya mencoba browsing lagi di internet tentang resep cara membuat kacang telor gurih. Dengan tujuan resep membuat kacang telor yang saya dapatkan di internet akan saya bandingkan dengan resep membuat kacang telor gurih milik saya yang sudah hampir terlupakan tersebut. Dan ternyata resepnya gak beda jauh, hampir sama meskipun ada sedikit jumlah takaran yang berbeda.

Biar saya gak lupa lagi resep membuat kacang telor gurih ala bocah soenyi, saya posting saja disini. Sekalian berbagi kepada bro and sis yang mau coba-coba membuat kacang telor gurih juga. Apalagi menjelang lebaran seperti ini, biar lebih irit kita buat kacang telor sendiri saja..

Nah gak usah muter-muter terus, nanti malah jadi tambah pusing. Langsung saja inilah resep cara membuat kacang telor gurih ala chef soenyi. hehehe..

Resep Membuat Kacang Telor Gurih

  • Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kacang telor gurih
  1. Kacang tanah yang bermutu bagus yang telah dikupas kira-kira sebanyak 400 gram
  2. Garam halus 2 sendok teh
  3. Kemiri 2 butir, disangrai kemudian dihaluskan
  4. Tepung maizena yang baik 85 gram 
  5. Air matang 200 ml
  6. Bawang putih 10 siung, dikupas bersih lalu dihaluskan
  7. Telur ayam 4 butir, yang 3 butir diambil bagian kuningnya saja. sedangkan yang 1 butir diambil semuanya (putih dan kuningnya)
  8. Ketumbar yang telah dihaluskan 1/4 sendok teh
  9. Santan kental dari kelapa yang baik sekitar 200 ml
  10. Gula pasir yang telah dihaluskan 1 sendok makan
  11. Tepung kanji (tepung tapioka) 350 gram
  • Cara membuatkacang telor gurih
  1. Kacang tanah yang telah dikupas disangrai atau digoreng tanpa menggunakan minyak. Aduk dan bolak balik terus agar matang secara merata dan tidak gosong. Sangrai dengan api kecil sampai matang, angkat kemudian tiriskan.
  2. Masukkan bumbu-bumbu yang telah disediakan tadi seperti bawang putih, kemiri, garam, gula pasir, ketumbar kedalam sebuah wadah yang cukup besar lalu aduk-aduk sampai tercampur menjadi satu.
  3. Masukkan kacang tanah yang telah disangrai, lalu aduk-aduk lagi agar tercampur menjadi satu
  4. Masukkan 3 kuning telur kemudian aduk-aduk lagi sampai rata semua
  5. Selanjutnya tuangkan santan kelapa kental kedalamnya, lalu aduk lagi sampai rata
  6.  Masukkan tepung maizena kemudian aduk kembali dengan baik sampai kacang tanah bisa terpisah atau tidak saling menempel
  7. Campurkan tepung kanji dan aduk-aduk sampai semua permukaan kacang tertutup dengan tepung secara merata, usahakan juga agar kacang tidak saling menempel satu sama lain. Pada proses ini anda harus sedikit lebih sabar.
  8. Setelah semua selesai goreng kacang yang telah dilumuri dengan adonan sampai matang (tampak kecoklatan). Pada proses penggorengan semua bagian kacang harus terrendam minyak goreng, dan gunakan api yang sedang saja (jangan terlalu besar)
  9. Setelah dirasa matang, angkat lalu tiriskan beberapa saat. Kemudian masukkan kedalam toples dan tutup dengan rapat agar kacang telor bisa tetap awet gurih.
  10. Sajikan dimeja sebagai cemilan atau sajian lebaran.
Itulah resep cara membuat kacang telor gurih yang dapat saya bagikan buat temans semua. Semoga bermanfaat dan Selamat menjalankan ibadah puasa. 
Back To Top