Batu akik batu combong

Batu akik combong -- Adalah salah satu jenis batu akik entah itu batu akik biasa, batu mulia, atau batu permata yang memiliki lubang pada bagian bilah atau sisi batu tersebut. Batu combong dikatakan asli apabila lubang yang terdapat dalam batu tersebut tembus dari atas sampai bawah. Ukuran lubangnya bermacam-macam, bisa mulai dari lubang sebesar ujung jarum sampai lubang yang lebih besar lagi.

Saya sebenarnya bukanlah seorang penggemar batu akik, memang beberapa tahun yang lalu saya sempat suka memakai batu akik dan memiliki beberapa koleksi batu akik, namun semenjak tiba-tiba meledak demam batu akik dan hampir semua orang berebut berburu batu akik, justru saat itu pula saya malah mulai risih dan kemudian meninggalkan batu akik, meskipun kalau diajak ngobrol soal batu akik, sedikit-sedikit saya masih bisa nyambung.

Salah satu batu akik yang menjadi idola jaman dulu adalah salah satunya batu combong yang biasanya dipercaya oleh kebanyakan orang memiliki kemampuan mistis, pamor, atau aura tertentu. Namun tetap saja menurut saya batu, dan benda-benda mati lainnya tidak memiliki kemampuan apapun dan tidak dapat merubah apapun. Melainkan semua berkat upaya dari si manusia itu sendiri dan kehendak Sang Pencipta tentunya.

Ada bermacam-macam jenis batu akik combong yang dapat kita temui dipasaran, diantaranya adalah batu combong sulaiman, batu combong kecubung, batu combong air, dan lainnya.

1. Batu combong sulaiman

batu combong sulaiman
Batu akik combong sulaiman dipercaya memiliki daya mistik tertentu yang sering disebut dengan batu bertuah. Selain bentuknya yang unik dan menarik batu combong sulaiman banyak dicari oleh orang untuk sarana pesona diri (daya tarik alami). Batu combong sulaiman dipercaya memiliki khodam yang bersemayam didalamnya yang katanya adalah pengikut setia nabi sulaiman yang bernama Syech Mahmud Fathullah As-Samarkand yang katanya dapat membantu meningkatkan kharisma diri, menyembuhkan penyakit, menangkis serangan santet, dll.

2. Batu combong cempaka

batu combong cempaka
Batu akik combong cempaka biasa berwarna cream kuning, kuning coklat, dan kuning coklat madu. batu combong cempaka banyak ditemukan daerah pacitan, maka tidak jarang jika banyak para penggemar batu combong cempaka berburu bahan ke daerah pacitan. Sampai lama-kelamaan pasti batu cempaka ini akan menjadi langka dan sulit kita temui lagi meski di daerah asalnya sekalipun. Bahkan saat ini sudah mulai susah menemukan jenis batu combong cempaka yang asli, karena kebanyakan yang dijual dipasaran adalah batu combong buatan yang dijual dengan harga jutaan rupiah.

Batu combong cempaka dipercaya memiliki banyak khasiat diantaranya adalah sarana perlindungan diri dari serangan ghaib, kebal senjata tajam, tahan api, pemikat wanita, dll.

3. Batu combong kecubung wulung

batu combong kecubung wulung
Batu akik combong kecubung wulung sangat sering sekali dihubung-hubungkan dengan dunia mistis yang dipercaya mampu membuat sipengguna menjadi berwibawa, meningkatkan kharisma, dan menolak bala. Batu combong jenis kecubung wulung ini sudah sangat sulit sekali didapatkan, maka dari itulah harga batu combong kecubung wulung harganya sangatlah mahal. Salah satu batu akik asli nusantara yang harganya cukup mahal adalah batu bacan dari maluku.

Menurut cerita kuno bahwa kecubung wulung combong ini dahulu kala sering dipakai oleh para walisongo sebagai sarana penunjuk waktu shalat, yaitu dapat dilihat dari sinar matahari yang masuk melalui lobang batu. Namun apapun itu batu ini memang indah dan cocok untuk dijadikan mata cincin.

NB: 
- Jadilah pecinta batu akik hanya sebatas sebagai hiasan yang memiliki daya tarik seni artistik, bukan mempercayai kekuatan mistik yang katanya terkadung didalamnya. 
 -Jadilah manusia cerdas yang beriman

Itulah artikel rangkuman hasil googling saya hari ini tentang Batu akik combong. Terima kasih sudah mengunjungi blog soenyi ini.

Tag : Artikel
Back To Top