Cara membuat header blog website dengan photoshop

Cara membuat header template blog website dengan photoshop -Sebuah blog akan tampak cantik ketika ditunjang dengan header template yang bagus dan menarik. Untuk membuat header yang cantik kita dapat memanfaatkan beberapa tool atau software seperti photoshop, dreamweaver, dan masih banyak lagi tool untuk membuat header blog tersebut.

Untuk header yang saya pakai dalam blog ini saya buat dengan menggunakan photoshop CS3 versi portable. Seperti yang dapat kita lihat bersama bahwa header dalam blog bocahsoenyi ini saya buat dengan sangat sederhana sekali karena memang saya suka yang sederhana-sederhana saja. Berbeda dengan website bisnis cuci sofa bekasi yang saya kelola sendiri, disana saya membuat header website dengan photoshop dengan sedikit agak bervariasi menggunakan banyak gambar yang saya gabung-gabung sesuai dengan selera saya.

cara membuat header website dengan photoshop

Cara membuat header blog website dengan photoshop sebenarnya sangat mudah sekali, anda tak perlu memiliki keahlian dalam desain grafis, yang diperlukan hanyalah beberapa gambar yang menarik yang bisa didownload dari internet. Gambar tersebut tentunya harus yang sesuai dengan tema website anda, jika blog atau website yang dibuat bertemakan tentang masakan dan makanan, tentu gambar yang digunakan untuk membuat header juga harus gambar makanan dan masakan. Jangan sampai blog yang bertema masakan dikasih header dengan gambar Gadgets, "Jaka sembung naik kebo, Gak nyambung kali bro.." hehehe.. Selain gambar tersebut tentunya anda juga harus memiliki software photoshop yang dapat anda download gratis pula dari internet.

Setelah kedua bahan membuat header blog tersebut tersedia, hal yang perlu anda perhatikan adalah menentukan lebar dan tinggi header dari blog website anda, agar nantinya header yang telah dibuat ketika diupload kedalam blog akan tampak lebih pas dan simetris. Tak perlu panjang lebar lagi, yuk langsung saja kita praktek membuat header blog dengan photoshop dengan langkah-langkah seperti dibawah ini:

Cara membuat header blog website dengan photoshop

1. Buka program photoshop yang telah terinstal di PC atau laptop

2. Buat halaman baru dengan cara klik File > New lalu tentukan tinggi dan lebar header yang akan dibuat sesuai dengan ukuran header di website anda, beri nama file Headerku. Pada contoh ini saya buat header dengan ukuran 940pixels  x 198pixels.

cara membuat header blog dengan photoshop

 3. Selanjutnya buka beberapa gambar yang telah anda download tadi, caranya klik File > Open > Pilih Gambar > Open disini saya memasukkan beberapa gambar tentang sofa, springbed, jok mobil, dan kursi kantor yang nantinya akan saya kombinasi menjadi seperti contoh header diatas.

cara membuat header dengan photoshop

 4. Setelah semua gambar terbuka, sekarang pindahkan gambar-gambar tersebut kedalam file Headerku dengan menggunakan Move tool. Caranya: seleksi gambar dengan menggunakan Rectangular marquee tool kemudian klik Move tool > Ctrl+C > Ctrl+V pada halaman Headerku.

5. Tentukan ukuran dan letak gambar sesuai dengan kreasi anda sesuai yang diinginkan. Lakukan seperti langkah pada point 4 untuk semua gambar, Disinilah nilai seni dan kreatifitas anda ditentukan. Karena dalam membuat sebuah header blog masing-masing orang memiliki selera yang berbeda.

6. Masukkan Huruf dan tulisan yang menggambarkan tentang website anda, bisa juga diisi dengan nama anda, kata-kata mutiara, atau apapun itu. Agar header yang anda buat menjadi lebih hidup. Caranya adalah dengan menggunakan Text Tool, anda bisa menggunakan Horizontal type tool atau Vertical type tool sesuai dengan keinginan. Anda juga bisa berkreasi dengan warna tulisan, bentuk tulisan sesuai dengan styles dan color yang telah disediakan dalam photoshop.

7. Setelah semua dirasa pas dan sesuai dengan header website keinginan anda silahkan klik Save dan header kini sudah siap untuk dipasang di website kebanggan anda.

Itulah artikel cara membuat header blog website dengan photoshop, terima kasih sudah menjadi pengunjung blog yang soenyi ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Back To Top