Cara mengatasi keputihan pada wanita hamil

Cara mengatasi keputihan pada wanita hamil -- Setelah pada posting sebelumnya saya membahas tentang penyebab keputihan pada wanita hamil, Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara mengatasi keputihan pada wanita hamil khususnya yang sedang hamil muda. Namun sebelum saya berbicara banyak dalam tulisan ini, saya ucapkan selamat menjalankan ibadah puasa ramadhan 1436 H bagi saudaraku yang beragama islam. Semoga amal ibadah kita dibulan ramadhan ini diterima dan dilipat gandakan oleh Allah SWT.

cara-mengatasi-keputihan-pada-wanita-hamil
Seperti yang telah saya baca dari artikel yang telah banyak membahas tentang cara mengatasi keputihan pada wanita hamil, disini saya juga akan mencoba membahas hal tersebut dengan gaya bahasa sederhana yang saya miliki, sesuai dengan kemampuan saya dalam menyampaikan sebuah tulisan. Karena pada dasarnya untuk mengatasi masalah keputihan pada wanita hamil metode dan cara antara satu dokter dengan dengan dokter lain, atau antara satu artikel dengan artikel lain adalah hampir sama, hanya penyampaiannya saja yang sedikit berbeda.

Sekedar mengingatkan untuk wanita hamil yang sedang mengalami keputihan, bahwa pada dasarnya keputihan itu terdiri dari  2 macam, yaitu keputihan yang bersifat normal dan keputihan yang tidak normal (abnormal). Keputihan akan dikatakan normal apabila cairan yang keluar dari organ intim berwarna bening agak encer, dan tidak berbau. Tapi akan dikatakan tidak normal apabila anda wanita hamil yang mengalami keputihan yaitu keluar cairan kental berwarna putih kekuningan yang menimbulkan bau yang tidak sedap.

Cara mengatasi keputihan pada wanita hamil

Jika anda mengalami keputihan yang abnormal sebaiknya segera konsultasikan ke dokter atau bidan, disamping itu anda juga dapat membantu mengatasi masalah keputihan dengan cara melakukan beberapa hal dibawah ini:

1. Gunakan air yang bersih saat membasuh/ mencuci kewanitaan anda, hindari menggunakan air dari toilet umum atau air yang kotor yang banyak mengandung bakteri.

2. Sebaiknya pada saat keputihan usahakan jangan menggunakan celana dalam ketat yang berbahan sintetis dan nilon, gunakan celana dalam yang berbahan lembut misalnya seperti celana dalam yang terbuat dari bahan katun.

3. Ganti celana dalam anda secara rutin, terutama ketika sudah terasa lembab oleh lendir, segera ganti dengan celana dalam yang bersih.

4. Bersihkan organ intim/ area kewanitaan secara rutin terutama ketika setelah buang air besar dan buang air kecil. Cara membersihkannya adalah dengan membasuh dengan air bersih dan mengusap are kewanitaan dengan tangan dimulai dari depan ke belakang. Cara ini dimaksudkan untuk mengurangi resiko agar organ kewanitaan tidak terkena bakteri yang berasal dari kandung kemih dan anus. Karena bakteri tersebut akan dapat menyebabkan terjadinya keputihan.

5. Kurangi mengkonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung caffein.

6. Pastikan kondisi area kewanitaan selalu dalam keadaan kering, setelah buang air atau setelah mandi keringkan dulu area kewanitaan anda dengan menggunakan handuk atau kain lembut sebelum memakai celana dalam.

Itulah cara mengatasi keputihan pada wanita hamil yang dapat saya sajikan untuk anda semua. Saya ucapkan terima kasih telah berkunjung ke blog bocahsoenyi ini, Semoga bermanfaat.
Back To Top