Komponen komputer dan fungsinya

Komponen-komponen komputer dan fungsinya -- Didalam sebuah perangkat komputer terdiri dari beberapa macam komponen penting yang dirakit sedemikian hingga dengan menggunakan standart dan ketentuan tertentu, kemudian di install dengan sebuah operation system (OS) dan beberapa software penunjang, sehingga terbentuklah menjadi sebuah unit komputer yang biasa kita gunakan sehari-hari untuk menyelesaikan pekerjaan, menyalurkan hobby, atau menghabiskan waktu luang. Tapi kebanyakan dari kita tidak terpikirkan komponen-komponen apa saja yang ada didalam komputer itu? sehingga bisa menjadi sebuah alat yang super canggih ini. Kita biasanya hanya sekedar tau fungsi dan manfaatnya saja, tanpa mau memikirkan bagaimana sistem dan cara kerjanya, termasuk saya sendiri. hehehe..

komponen komputer dan fungsinya

Tidak ada salahnya juga jika kita mau tahu, mau belajar, dan mengerti apa saja komponen-komponen komputer yang biasa kita gunakan sehari-hari ini, sekedar untuk menambah wawasan saja. Lebih baik lagi jika anda bisa mengganti dan memperbaiki komponen komputer jika suatu saat komputer kesayangan anda mengalami masalah/ kerusakan. Bagaimanapun juga yang namanya alat/ benda kalau setiap hari dipakai, lama kelamaan pasti akan rusak.

Komponen utama pada sebuah sistem komputer itu terdiri dari 3 macam komponen, yaitu:
1. Hardware
2. Software
3. Brainware

Hardware adalah komponen perangkat keras komputer yang berupa motherboard, Monitor, Keyboard, Hardisk, Processor, dan lain sebagainya yang akan saya bahas satu persatu dalam artikel ini, jadi jangan kemana-mana dulu ya, Saya tinggal nyeduh kopi sebentar hehee.. Oke kita balik ke topik pembahasan lagi, Intinya hardware itu adalah komponen perangkat komputer yang dapat diraba dan disentuh.

Komponen Hardware Komputer 

komponen-komputer

1. Keyboard
keyboard adalah bagian dari komputer yang biasanya paling sering disentuh, khususnya buat orang-orang yang suka menulis seperti saya ini. (Sombong dikit). Ada yang belum tahu keyboard? kalau ada belum tahu biar saya jelaskan dengan penuh kesabaran. :) Keyboard adalah tombol-tombol yang tersusun sedemikian rupa yang membentuk menyerupai mesin ketik, fungsinya untuk menginput atau memasukkan data yang berupa huruf, angka, kode-kode sehingga membentuk sebuah tulisan atau perintah yang natinya akan diterjemahkan oleh komputer tersebut. Bagaimana? tambah bingung kan? hehehe..

2. Mouse
Mouse adalah komponen komputer yang menyerupai tikus yang berfungsi untuk mengarahkan pointer didalam layar monitor, dan untuk melakukan perintah pointer tersebut dengan cara mengklik mouse pada tombol kiri atau kanan. Mouse biasanya dihubungkan dengan menggunakan kabel ke komputer, tapi untuk sekarang ini sudah banyak sekali komponen komputer seperti mouse dan keyboard yang menggunakan teknologi wareless dan bluetooth, sehingga sudah tidak memerlukan kabel penghubung lagi. Dalam membeli mouse sebaiknya perhatikan harga dan sensitifitas dari mouse tersebut, karena ciri-ciri mouse yang baik adalah yang memiliki tingkat sensitifitas yang tinggi.

3. USB Flash Disk
Adalah komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan data dari komputer, sehingga kita bisa membawa data kemana-mana tanpa harus menggotong-gotong komputer, karena data tersebut bisa ditransfer dan disimpan kedalam usb flashdisk.

4. CD Room/ DVD Room
Merupakan salah satu komponen komputer yang berfungsi untuk membaca data yang tersimpan didalam VCD/ DVD. Data tersebut bisa berupa software yang akan diinstall di komputer, film, foto, musik, file, dan lain sebagainya. dvd room ini akan cepat rusak bila sering anda gunakan untuk menonton film bajakan.

5. Motherboard atau Mainboard
Adalah komponen komputer yang berfungsi sebagai badan atau wadah untuk meletakkan komponen-komponen yang lain. Karena didalam motherboard inilah nantinya komponen-komponen komputer lainnya akan diletakkan, misalnya seperti prosessor, RAM, VGA card, Hardisk, Sound card, dan masih banyak lagi.
komponen-motherboard

A. Processor
Komponen ini merupakan otak dari suatu komputer, semakin baik tipe dan jenis prosessor yang digunakan di komputer, maka akan semakin baik pula kinerja dari komputer tersebut.
komponen-processor

B. RAM (Random Acces Memory)
Komponen ini berfungsi untuk menyimpan data sementara sebelum diterjemahkan oleh processor, contohnya adalah ketika anda mengetikkan sebuah perintah kedalam komputer, maka data dari perintah tersebut akan disimpan didalam ram untuk sementara waktu, setelah itu baru akan diterjemahkan oleh processor.
komponen-ram

C. Hardisk
Merupakan sebuah komponen penyimpanan data, Jadi bisa dikatakan Hardisk ini adalah gudangnya data yang ada didalam komputer. Kalau Ram sifatnya menyimpan data untuk sementara, sedangkan Hardisk fungsinya adalah untuk menyimpan data secara permanen, sampai data tersebut dihapus atau terhapus.
komponen-hardisk

D. VGA Card (Video Graphics Array)
Komponen ini berfungsi sebagai pengolah data video agar dapat ditampilkan didalam monitor, jadi semakin bagus tipe dan jenis dari vga card ini, maka akan semakin bagus pula kualitas video yang ditampilkan. VGA card tersebut terdiri dari 2 macam type, yaitu onboard dan outboard artinya ada vga card yang ditanam didalam motherboard dan ada juga vga card yang dipasang dengan menggunakan slot vga.
komponen-vga-card

E. Sound Card
Adalah komponen yang berfungsi untuk mengolah data suara sebelum di outputkan dalam bentuk suara melalui speaker.

F. Power Supplay
Adalah komponen komputer yang bertugas memberikan atau mendistribusikan arus listrik kedalam setiap perangkat komputer. komponen ini juga berfungsi untuk mengatur arus listrik AC menjadi arus DC yang dapat digunakan untuk melayani komputer.

G. Kipas
Berfungsi sebagai pendingin atau menjaga suhu pada komponen komputer lainnya seperti processor, Hardisk, Ram, Vga card, dll.

H. Monitor
Monitor merupakan salah satu dari komponen output komputer selain speaker, printer, scanner, dan lain sebagainya. Kita dapat melihat hasil kerja dari komponen-komponen komputer melalui monitor, sehingga monitor inilah yang biasa paling dinikmati oleh para pengguna komputer awam seperti saya.

Komponen Software Komputer

 Software adalah komponen perangkat lunak komputer yang biasanya berupa driver, software, dan operation system.

A. Sistem Operasi (OS)
Merupakan perangkat lunak komputer yang paling vital yang berfungsi sebagi operator atau sistem untuk mengaktifkan seluruh software komputer agar bisa digunakan dan saling berinteraksi satu sama lain.
Sistem operasi yang biasa di install didalam komputer adalah: Windows XP, Windows 7, Windows 8, Linux, dan lain-lain.

B. Software Driver
Adalah komponen perangkat lunak yang berfungsi untuk mengaktifkan perangkat keras komputer. Jadi biasanya masing-masing hardware akan dilengkapi engan software pendukung.

C. Software Aplikasi
Adalah software yang biasa di install dikomputer sebagai penambah fungsi dan kinerja komputer, software aplikasi ini adalah seperti adobe photoshop, dreamweaver, Corel draw,  CD burn, Microsoft office, dan lain-lain.

Komponen Brainware Komputer
Adalah orang-orang yang ahli dalam bidang komputer misalnya seperti programmer, Desainer, Analis komputer, Operator komputer, dan masih banyak lagi.

Itulah sedikit pembelajaran hari ini tentang komponen-komponen komputer dan fungsinya, semoga artikel ini menambah wawasan kita semua. Terima kasih dan semoga bermanfaat.
Tag : Artikel, Komputer
Back To Top