Pengertian Teknik Informatika Adalah?

Teknik informatika adalah : Sebuah sekumpulan disiplin ilmu yang menginduk terhadap ilmu komputer yang secara khusus menangani permasalahan transformasi dan pengolahan data dengan memanfaatkan teknologi komputer dengan se-optimal mungkin melalui proses-proses logika tertentu. Pada materi ilmu teknik informatika lebih banyak mempelajari dan mengkaji ilmu pemrograman dan komputansi, ilmu rekayasa perangkat lunak, dan materi teknik jaringan komputer 

teknik-informatika-adalah

Untuk mempelajari tentang ilmu teknik informatika kita bisa mengikuti program S1 jurusan Teknik Informatika yang terdapat di Universitas atau Sekolah Tinggi Manajemen Informatika. Selain itu kita juga bisa mengikuti kursus ditempat-tempat pelatihan atau bisa juga belajar secara otodidak melalui buku dan internet.

Dasar ilmu dalam materi Teknik informatika adalah algoritma yang dikembangkan dalam beberapa materi kuliah agar siswa dapat memahami dan menguasai ilmu rekayasa informatika sehingga mampu menganalis, menilai, menerapkan, dan menciptakan sebuah program (software) dalam pengolahan ilmu komputer demi kemajuan dibidang teknik informatika untuk kemudahan dalam pekerjaan dan kehidupan sehari-hari. Selain itu lulusan teknik informati sebuah universitas atau perguruan tinggi diharapkan mampu bersaing dalam dunia kerja, memiliki jiwa wirausahawan sehingga dapat menciptakan sebuah laangan pekerjaan yang baru dan memiliki wawasan dibidang teknologi informasi yang mumpuni.

Secara garis besar materi-materi yang diajarkan dalam ilmu teknik informatika adalah:
1. Sistem informasi
Merupakan salah satu ilmu teknik informatika yang memelajari dan memberikan pengertian dasar tentang konsep dan kerangka sistem informasi, metodologi dan teknik perancangan, pengembangan, pengetesan, dan pemeliharaan sistem perangkat lunak (software)

2. Pemrograman dan komputasi
Adalah materi teknik informatika yang mempelajari dan memberikan pengetahuan serta kemampuan dalam menganalisis suatu permasalahan dalam sebuah ruang lingkup komputasi, sistem distribusi, dan teknologi antar jaringan.

3. Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
Adalah materi teknik informatika dalam bidang Menganalisis dan Mendesain sebuah objek, penyempurnaan Proses rekayasa perangkat lunak, Inspeksi perangkat lunak, dan Pemrograman berbasis data client server.

4 Arsitektur dan Teknik Jaringan Komputer
Adalah materi teknik informatika yang memperlajari arsitektur komputer, Organisasi komputer, Sistem Microprosesor, Sistem digital, dan Jaringan komputer.

Baca juga Artikel ini : Download Materi Teknik Komputer Jaringan

Profesi untuk lulusan teknik informatika adalah:
1. Junior staff networking dan senior staff networking/ jaringan
2. Analysis Data
3. Programmer
4. Database administrator
5. Web Designer
Dan masih banyak lagi profesi-profesi yang biasa menjadi tujuan dari para jebolan jurusan teknik informatika.

Semoga bermanfaat


Tag : Komputer
Back To Top