Penyebab keputihan pada wanita hamil

Apa penyebab keputihan pada wanita hamil? -- Wanita hamil terkadang mengalami keputihan yaitu berupa cairan yang keluar dari alat kelamin wanita. Keputihan pada wanita hamil disebabkan oleh beberapa hal yang akan saya bahas pada artikel ini, tapi sebelumnya ijinkan saya membahas tentang macam keputihan pada wanita hamil.

penyebab keputihan pada wanita hamil

Keputihan yang terjadi pada wanita hamil dianggap normal jika warna cairan yang keluar dari kelamin berupa cairan bening, agak encer dan tidak berbau. Hal ini adalah hal normal yang biasa terjadi pada wanita yang sedang hamil muda. Akan tetapi jika keputihan tersebut berupa cairan yang berwarna putih kekuningan atau putih kehijauan, lengket, dan menimbulkan bau yang tidak sedap sebaiknya segera konsultasikan hal tersebut ke dokter kandungan/ bidan.

Penyebab keputihan pada wanita hamil

Seperti yang telah saya janjikan diatas bahwa pada artikel ini saya akan membahas tentang penyebab keputihan pada wanita hamil, khususnya wanita yang sedang hamil muda (masa trimester pertama) biasanya disebabkan oleh hal-hal sebagai berikut:

1. Keputihan pada wanita hamil terjadi karena perubahan hormon dan aliran darah yang terjadi pada organ intim dan rahim wanita yang sedang hamil muda, sehingga dapat memicu pertumbuhan jamur yang dapat menyebabkan iritasi (keputihan)

2. Keputihan pada wanita hamil terjadi karena faktor psikologis dari si penderita. Stress dan terlalu banyak fikiran dapat memicu terjadinya keputihan pada wanita hamil, jadi ketika anda sedang mengalami hamil muda khususnya pada trimester pertama, sebaiknya jangan terlalu terlalu banyak memikirkan hal-hal yang berat yang dapat mengakibatkan stress

3. Keputihan pada wanita hamil karena kurang terjaganya kebersihan pada organ intim/ alat kelamin wanita. Maka dari itu menjaga kebersihan badan terutama organ intim menjadi hal yang sangat penting sekali khususnya bagi wanita hamil. Untuk menjaga agar tubuh selalu bersih sebaiknya seorang ibu hamil melakukan mandi minimal dua kali dalam sehari, dan membersihkan organ intim dengan air bersih sesering mungkin, minimal setiap selesai buang air dengan menggunakan cairan pembersih kewanitaan. Selain itu juga disarankan untuk mengganti celana dalam secara rutin minimal 3x dalam sehari.

Itulah penyebab terjadinya keputihan pada wanita hamil yang biasa terjadi, untuk mengetahui cara mengatasinya silahkan baca artikelnya disini: cara mengatasi keputihan pada wanita hamil. Sebelum saya akhiri artikel ini sekali lagi saya sarankan kepada para wanita hamil khususnya pada saat trimester pertama agar lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan kehamilan dan kesehatan kandungan anda.

Akhir kata, selamat membaca artikel penyebab keputihan pada wanita hamil ini dan semoga bermanfaat.
Back To Top