Teknik komputer jaringan TKJ

Teknik komputer jaringan (TKJ) -- Mungkin ada sebagian orang yang mempertanyakan akan kedua istilah tersebut, Banyak orang menyebut dengan istilah Teknik Komputer Jaringan (TKJ). Istilah tersebut biasanya sering dipakai oleh anak-anak STM/ SMK karena memang Teknik Komputer Jaringan merupakan salah satu jurusan yang ada di Sekolah Menengah Kejuruan di indonesia. tapi tidak jarang juga kita mendengarnya istilah Teknik Jaringan Komputer. Lalu apa perbedaan atau persamaan dari kedua istilah diatas? 

Menurut pemahaman saya kedua istilah diatas pada dasarnya adalah sama, karena keduanya sama-sama mempelajari tentang jaringan komputer. Dahulu waktu saya masih kuliah di STMIK Banis Saleh Bekasi jurusan Teknik Informatika saya pernah mendapatkan  mata kuliah Teknik Jaringan Komputer tersebut, sayangnya dulu saya kurang menyukai mata kulaih tersebut jadi saya kurang fokus dalam mempelajarinya. Saya lebih suka dengan mata kuliah Desain grafis, Web programing, Java mobile, Visual Basic, PHP dan yang lainnya. Pokoknya intinya saya lebih suka mata kuliah yang berhubungan dengan pemrograman dan desain. Meskipun sekarang sedikit demi sedikit saya sudah mulai lupa dengan apa yang saya dapatkan dibangku kuliah dulu. Maklum sudah terlalu kebanyakan mikir dapur. hehehe..

Jadi kesimpulannya adalah baik itu teknik jaringan komputer atau teknik komputer jaringan intinya adalah sama, keduanya sama-sama membahas dan mempelajari tentang jaringan komputer, namun disini saya lebih suka menyebutnya dengan istilah Teknik jaringan komputer, karena namanya sesuai dengan mata kuliah yang saya dapatkan dulu. 
teknik komputer jaringan

Nah biar artikel ini sedikit ada manfaatnya khususnya buat saya sendiri, syukur-syukur bermanfaat juga buat orang lain, disini saya akan sedikit mereview ingatan saya tentang mata kuliah teknik jaringan komputer yang pernah saya pelajari 8 tahun yang lalu.

Sejarah jaringan komputer
Konsep Jaringan komputer pertama kali lahir di Amerika Serikat pada tahun 1940-an oleh seorang professor disebuah laboratorium di Harvard Univercity. Seperti yang telah kita ketahui bahwa USA atau Amerika serikat sejak jaman dahulu selalu memiliki terobosan teknologi yang lebih maju daripada negara-negara berkembang seperti indonesia. Jadi tidak ada salahnya juga jika kita berterima kasih kepada para professor amerika dan eropa yang telah banyak menemukan teknologi-teknologi yang sekarang ini banyak membantu kehidupan kita sehari-hari. 

Topologi Jaringan Komputer
Topologi jaringan adalah sebuah struktur jaringan atau tepatnya sebuah desain dari suatu jaringan, yang erat kaitannya dengan proses pengiriman dan penerimaan pesan. Topologi jaringan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor misalnya seperti letak geografis dari masing-masing terminal yang digunakan, kualitas dari kontrol penyampaian pesan atau komunikasi, dan kecepatan dari pengiriman data tersebut.

Topologi jaringan itu sendiri sebenarnya dibagi menjadi du bagian yaitu topology fisik (physical topology) dan topologi logik (logycal topology). Topologi fisik adalah suatu desain jaringan yang menunjukkan posisi pemasangan kabel secara fisik, Sedangkan topologi logik adalah sebuah desain jaringan yang menunjukkan bagaimana suatu media dapat diakses oleh host.

Topologi Jaringan komputer dari titik ke titik (point to point) merupakan sebuah jaringan komputer yang paling sederhana, yaitu misalnya dengan menghubungkan suatu komputer ke komputer lain melalui sebuah terminal, dengan sistem keduanya memiliki fungsi dan kedudukan yang sama dalam mengirim data tanpa harus memiliki pengendali atau server.

Topologi Jaringan komputer Star Network (jaringan bintang) jaringan komputer model ini banyak digunakan olh perusahaan-perusahaan yang memiliki banyak cabang misalnya seperti bank. Dimana sistem kerjanya adalah setiap access dikendalikan oleh sebuah server yang berfungsi misalnya untuk mengendalikan beban kerja dan sumber daya yang digunakan. Jadi setiap titik (komputer) harus berhubungan dengan server tersebut.

Topologi Jaringan Ring Networks (Jaringan cincin) Jaringan komputer model ini adalah menghubungkan beberapa peralatan yang dihubungkan antara satu dengan lainnya yang pada akhirnya akan membentuk sebuah lingkaran jaringan. Prinsip kerjanya adalah pada jaringan cincin ini semua titik memiliki tingkatan yang sama, jadi tidak ada titik yang berfungsi sebagai pusat pengatur data (server). Data yang dikirim akan melewati beberapa titik terlebih dahulu sebelum sampai pada titik yang dituju. Pada topologi jaringan ini access data bisa bergerak dari dua arah, jadi misalnya data yang dikirim melalui sebuah titik yang sedang mengalami trouble atau kerusakan, maka data akan dikirim melalui arah yang berlawanan.

Topologi Jaringan Tree Network (Jaringan pohon) Topologi jaringan model ini agak susah menjelaskannya, dan saya sendiri juga belum faham dengan jaringan komputer model ini. hehehe..

Topologi Jaringan Buss Network Pada topologi jaringan komputer model ini setiap titik komputer akan dihubungkan dengan menggunakan sebuah kabel melalui sebuah interface, jadi setiap titik komputer dapat berhubungan langsung dengan titik komputer atau peralatan lainnya yang terdapat dalam jaringan tersebut. 

Topologi Jaringan Plex Network (Jaringan kombinasi) Topologi jaringan ini secara umum mirip seperti jaringan bintang. Dimana pada topologi ini sangat interaktif sekali, setiap komputer memiliki kemampuan untuk mengakses secara langsung baik itu terhadap komputer ataupun peralatan lainnya.
teknik jaringan komputer

Bagaimana, apakah masih bingung dengan istilah Teknik jaringan komputer? mudah-mudahan dengan membaca artikel ini, sekarang anda sudah sedikit memiliki gambaran tentang jaringan komputer. Karena sebenarnya jaringan komputer itu sangat luas sekali, tapi paling tidak kita sudah sedikit mengerti. Baca juga artikel ini : Definisi jaringan komputer untuk menambah wawasan kita tentang pengertian teknik jaringan komputer. Semoga bermanfaat




Tag : Komputer
Back To Top