tips kuliah sambil kerja SUKSES

Kuliah sambil bekerja atau bekerja sambil kuliah? ini adalah tiga buah kata yang sama namun disusun secara berbeda, sehingga dapat menghasilkan arti yang berbeda namun sebenarnya intinya sama saja. Gimana sih, kok malah muter-muter? bikin pusing saja.. :)

tips kuliah sambil kerja

Kuliah sambil kerja artinya adalah seorang mahasiswa yang tugas intinya adalah belajar dan menuntut ilmu, karena suatu alasan tertentu (mengisi waktu luang, mencari tambahan uang jajan,  membantu orang tua meringankan beban iuran kuliah, atau alasan yang lainnya). Dia dituntut untuk bisa membagi waktu antara kuliah dan bekerja dengan baik, agar keduanya bisa berjalan sesuai harapan. Tapi tetap saja intinya tugas utama dia adalah kuliah, jangan sampai pekerjaan itu menggangu aktifitas kuliahnya.

Sedangkan Kerja sambil kuliah adalah seorang pekerja baik itu karyawan swasta, BUMN, pegawai negeri, ,wiraswasta, dll yang karena suatu alasan tertentu misalnya untuk mengejar posisi jabatan yang lebih baik, atau menambah wawasan dibidang pekerjaannya, maka dia dituntut untuk belajar dan kembali menuntut ilmu dibangku kuliah. Dia mampu membagi waktu antara bekerja dengan kuliah, jangan sampai pekerjaanya terbengkalai karena aktivitas kuliah, karena tugas dia yang sesungguhnya adalah sebagai seorang pekerja yang harus mencari nafkah dan bekerja dengan baik. Karena tidak jarang orang yang bekerja sambil kuliah adalah justru mereka yang sudah berumur dan berkeluarga. Jadi selain pandai membagi waktu antara kerja dan kuliah, ia juga harus bisa menyisakan waktu untuk berkumpul dengan keluarga.

Tips kuliah sambil kerja yang akan saya bagikan disini sebenarnya sederhana sekali, namun terkadang susah untuk dijalani. Semua tergantung niat, dan kemauan dari diri mereka sendiri. Tapi satu yang perlu diingat adalah, Setiap kerja keras pasti ada hasilnya. Dimana ada kemauan pasti ada jalan. Tidak ada keringan yang tak tergantikan.

Tips kuliah sambil kerja

1. Carilah pekerjaan yang tidak menggangu aktifitas kuliah anda, misalnya dengan mencari pekerjaan dengan sistem part time.

2. Carilah pekerjaan yang jaraknya tidak terlalu jauh dari tempat tinggal atau tempat kuliah anda. Akan lebih baik jika anda bekerja ditempat anda kuliah.

3. Buat komitmen dalam diri anda bahwa pekerjaan anda tidak akan menggangu kuliah, atau dengan kata lain kuliah ada tidak akan terbengkalai karena pekerjaan anda.

4. Atur jadwal anda dengan baik antara kuliah, mengerjakan tugas, bekerja, dan beristirahat. Perhatikan kualitas istirahat anda, jangan sampai karena sibuk kuliah sambil kerja anda sampai lupa istirahat dan sakit.

Tips kerja sambil kuliah

1. Pilihlah tempat kuliah yang tidak menggangu aktifitas pekerjaan, anda bisa memilih kuliah kelas karyawan, kelas sabtu-minggu atau kelas malam.

2. Pilih lokasi tempat kuliah yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal atau tempat anda bekerja.

3. Buat komitmen dalam diri bahwa kuliah anda tidak akan membuat pekerjaan menjadi terbengkalai. Jangan sampai karena kuliah anda malah di PHK dari perusahaan.

4. Pilih jurusan kuliah yang sesuai dengan bakat dan bidang pekerjaan anda.

5. Pilih Universitas/ Perguruan tinggi yang fleksibel dan tentunya sesuai dengan keuangan anda, karena disini biasanya anda membayar uang kuliah dari hasil kerja sendiri.


6. Atur jadwal dengan baik antara bekerja, kuliah, berkumpul dengan keluarga, dan beristirahat. Karena untuk kasus bekerja sambil kuliah ini agak lebih sulit jika dibandingkan dengan yang kuliah sambil bekerja. Butuh niat, kemauan, kerja keras, dan motivasi yang tinggi untuk mewujudkan impian anda.

7. Atur keuangan anda dengan baik, pastikan penghasilan anda cukup untuk biaya hidup sehari-hari dan cukup untuk membayar uang kuliah. 

Itulah tips kuliah sambil kerja yang dapat saya bagikan kepada anda, semoga bermanfaat..
Tag : Artikel
Back To Top