Akibat Kurang Tidur Bagi Kesehatan

Akibat Kurang Tidur Bagi Kesehatan - Para dokter dan pakar kesehatan selalu menyarankan kepada kita untuk selalu menjaga pola tidur dengan baik (tidur yang cukup). Selain menjaga kwantitas tidur kita juga harus menjaga kualitas tidur dengan baik. Tidur yang baik adalah kurang lebih selama 8 jam dalam sehari, agar tubuh kita yang telah lelah seharian beraktifitas baik itu bekerja, belajar, berolah raga, atau kegiatan lainnya dapat kembali segar terhindar dari berbagai macam penyakit yang diakibatkan oleh kurang tidur.
akibat-kurang-tidur
Bagi beberapa orang mengalami penyakit susah tidur, hal tersebut harus segera diatasi karena dapat mengganggu kesehatan anda. Untuk cara mengatasinya silahkan baca artikel berikut ini : Cara mengatasi masalah susah tidur (Insomnia). Aktifitas tidur sebaiknya dilakukan dimalam hari, sedangkan untuk siang hari anda gunakan untuk beraktifitas seperti biasa. Namun ada sebagian orang yang dituntut untuk beraktifitas dimalam hari, sedangkan siang hari digunakan untuk istirahat dan tidur. Sebenarnya hal ini kurang baik bagi kesehatan, anda harus pandai-pandai mengatur waktu, mengkonsumsi makanan yang bergizi, dan minum vitamin atau suplemen. Nah bagi anda yang ingin mengetahui Akibat kurang tidur bagi kesehatan, silahkan simak artikel saya dibawah ini:

1. Mudah mengantuk
Sudah dapat dipastikan jika anda kurang tidur maka keesokan harinya akan menjadi lemas dan mudah mengantuk. Wajah terlihat kusam dan tidak bersemangat, pengennya tidur dan bermalas-malasan di siang hari. Padahal tidur dipagi hari antara jam 8-11 itu tidak baik bagi kesehatan anda.

2. Kurang tidur menyebabkan tidak konsentrasi dalam belajar
Bagi seorang pelajar atau mahasiswa terkadang mengabaikan aktifitas tidur dimalam hari, mereka lebih suka menonton tv, nongkrong bersama teman, bermain game, melakukan hal yang kurang bermanfaat lainnya sampai larut malam. Hal ini akan menyebabkan keesokan harinya mereka akan bangun kesiangan dan susah konsentrasi akibat mengantuk saat belajar. Jadi saran saya bagi anda yang masih sekolah atau kuliah, manfaatkan waktu malam anda untuk istirahat dan tidur dengan baik.

3. Kurang tidur mengakibatkan hilang fokus saat berkendara
Di indonesia khususnya dijakarta atau kota besar lainnya yang memiliki populasi kendaraan yang semakin hari semakin padat, kita dituntut untuk selalu berkonsentrasi saat berkendara, karena selain kondisi jalanan yang semrawut dan semakin hari semakin macet. Jadi agar selalu fokus dan tidak mengantuk saat berkendara, anda harus selalu menjaga kualitas tidur anda. Usahakan jangan sampai kurang tidur, karena hal tersebut akan membahayakan diri anda sendiri dan orang lain.

4. Kurang tidur membuat kondisi tubuh menjadi lemah
Melemahnya sistem kekebalan tubuh yang diakibatkan karena kurang tidur akan membuat kondisi tubuh anda menjadi lemah pula, sehingga akan dengan mudah terserang beberapa penyakit ringan seperti flu, masuk angin, batuk, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu saja ternyata kurang tidur juga dapat mengakibatkan beberapa penyakit yang berbahaya misalnya seperti stroke, tekanan dara tinggi, diabetes, jantung, dan lain sebagainya. Itu adalah salah satu akibat kurang tidur bagi kesehatan anda.

5. Kurang tidur membuat cepat tua
Terlalu sering begadang akan membuat anda tampak kusut dan cepat tua. Hal ini mengingatkan saya dengan sebuah lagu milik H. Rhoma Irama yang mengingatkan kita untuk tidak begadang kalau tidak ada artinya. Begadang boleh saja asal ada perlunya.

6. Kurang tidur membuat tubuh jadi kurus
Hal ini pernah terjadi pada saya sendiri, karena dulu saya termasuk orang yang suka begadang. Akibatnya lama kelamaan saya menjadi insomnia atau susah tidur sehingga membuat tubuh saya menjadi kurus, berat badan saya turun meskipun saya sering fitness atau ngeGYM, tetap saja tubuh saya tidak bisa menjadi kekar.

Demikianlah artikel yang membahas tentang akibat kurang tidur bagi kesehatan. Selalu jaga kesehatan anda, jaga kualitas tidur anda, istirahat yang cukup, dan makan makanan yang bergizi. Semoga bermanfaat dan sehat selalu..
Back To Top