Arti dan filosofi logo gudang garam

Arti dan filosofi nama dan logo rokok gudang garam -Siapa yang tidak kenal dengan istilah Gudang Garam, sebuah merk dagang sekaligus nama pabrik rokok terkenal di indonesia yang terletak di wilayah Kediri Jawa Timur.
arti-filosofi-logo-rokok-gudang-garam

Mendengar istilah gudang garam, dalam hati saya sejenak bertanya-tanya kenapa harus memakai istilah gudang garam? Kenapa tidak gudang peluru, gudang seng, atau gudang-gudang yang lainnya. Apa arti dan filosofi dibalik makna gudang garam tersebut?

Berhubung saya sendiri adalah salah satu dari penikmat rokok gudang garam filter atau sering disebut dengan julukan GARPIT untuk orang jawa barat, dan sebutan FILTER untuk masyarakat jawa tengah. Saya mencoba mencari tahu dari berbagai macam sumber istilah rokok gudang garam dan logo dari gudang garam tersebut. Yang kemudian disini saya menyimpulkan sendiri berdasarkan Otak Atik Mathuk dan pemahaman saya tentang arti dan filosofi rokok gudang garam tersebut.

Arti dan Filosofi istilah gudang garam yang terdiri dari dua suku kata yaitu Gudang dan Garam, secara "Nasionalime" menggambarkan bahwa indonesia merupakan negara bahari yang memiliki lautan yang sangat luas memiliki memiliki kekayaan laut yang melimpah ruah, salah satunya adalah garam. Dimana laut indonesia merupakan gudangnya garam. Sedangkan Arti dan filosofi nama gudang garam secara Agama juga menggambarkan tentang lautan. Dimana manusia didunia ini ibarat penumpang sebuah perahu, dimana Tuhan adalah Nahkodanya. 

Sedangkan arti dan filosofi dari logo rokok gudang garam juga memiliki arti secara Nasionalis dan secara Agamis, dimana didalam logo rokok gudang garam tersebut terdapat gambar-gambar yang memiliki filosofi yang sangat tinggi.

arti-filosofi-nama-rokok-gudang-garam

1. Gambar 5 bangunan rumah yang berdiri berhimpitan. 
Secara Nalionalis hal ini dapat diartikan sebagai dasar negara indonesia yang terdiri dari 5 sila yang terangkum dalam pancasila. Secara Rohani didalam Agama Islam diwajibkan mengamalkan rukun islam yang terdiri dari 5 yaitu: Syahadat, Shalat, Puasa, Zakat, dan Haji. Selain itu tiang agama islam adalah shalat wajib 5 waktu.

2. Gambar Gunung kembar
Ini dapat diartikan sebagai Kedua orang tua, bisa juga diartikan sebagai wanita atau ibu. dimana didalam kita diwajibkan untuk menghormati kedua orang tua terutama Ibu. karena agama islam sangat menjunjung tinggi derajat seorang wanita terutama ibu. Bahkan dijelaskan dalam hadist bahwa surga itu berada ditelapak kaki ibu.

3. Gambar rel kereta
Dapat diartikan sebagai jalan yang lurus atau jalan menuju Tuhan. Mengacu pada gambar 1 dan 2 yaitu jalan menuju Tuhan Sang Pencipta adalah dengan mengamalkan rukun islam yang 5, Menghormati kedua orang tua terutama ibu, dan memuliakan derajat seorang wanita.

Itulah otak atik mathuk arti dan filosofi nama dan logo didalam rokok gudang garam yang setia menemani hari-hari saya. Sekali lagi ini hanyalah sebatas pemahaman saya saja, untuk makna dan arti gudang garam yang sesungguhnya silahkan anda tanyakan sendiri kepada Tjoa Ing Hwie sang empu sekaligus pendiri pabrik rokok Tjap Goedang Garam.
Salam _/\_

Tag : Artikel
Back To Top