Cara Efektif Menghilangkan Rasa Ngantuk

Cara Efektif Menghilangkan Rasa Ngantuk - Rasa mengantuk yang datang pada moment yang tidak tepat pasti akan sangat menganggu sekali. Terlebih ketika rasa mengantuk tersebut datang disaat anda sedang mengendarai kendaraan bermotor atau menjalankan mesin, hal tersebut dapat mengakibatkan kecelakaan yang tentunya akan merugikan diri sendiri dan orang lain.

cara-menghilangkan-rasa-ngantuk

Rasa mengantuk biasanya diakibatkan oleh pola hidup yang tidak teratur seperti tidur yang terlalu larut, kecapekan, kondisi tubuh kurang fit, atau hal lain yang dapat memacu datangnya rasa mengantuk. Pada posting kali ini saya akan menyajikan tips cara menghilangkan rasa ngantuk yang cukup sederhana namun sangat efektif. Jadi ketika tiba-tiba rasa mengantuk datang pada saat yang tidak tepat, anda bisa mencoba salah satu dari tips dibawah ini.

Baca juga artikel ini: Kenapa saya susah konsentrasi dan fokus?

Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk

1. Lakukan Teknik Penafasan
Rasa mengantuk yang datang secara tiba-tiba, secara ilmiah disebabkan oleh berkurangnya pasokan oksigen didalam otak anda. Jadi untuk menghilangkan rasa kantuk tersebut anda dapat melakukan teknik pernafasan. Caranya adalah tarik nafas dalam-dalam kemudian hembuskan secara cepat. Lakukan langkah tersebut beberapa kali sampai rasa mengantuk anda berkurang.

2. Berteriak sekencang-kencangnya.
Cari tempat terbuka atau ruangan tertutup yang kedap suara, kemudian berteriaklah sekencang-kencangnya. Halnya tersebut dapat merangsang kinerja otak yang mulai lelah berfikir atau otak mulei jenuh dengan kegiatan yang monoton itu-itu saja.

3. Minum Kopi
Sudah bukan rahasia lagi bahwa kandungan caffein terdapat didalam kopi dapat menghilangkan rasa kantuk dan membuat mata kembali segar, selain itu minum kopi dengan santai juga dapat membuat tubuh dan fikiran kita menjadi rileks.

4. Cuci muka
Membasahi muka dengan air yang dingin akan membuat mata kembali segar dan mengurangi wajah kusut akibat mengantuk. Jadi jika anda tiba-tiba mengantuk saat dikantor atau bekerja, sempatkanlah ke toilet untuk membasuh muka anda. Agan lebih bagus lagi jika anda mencuci muka dengan menggunakan sabun muka atau facial foam.

5. Olah raga ringan
Lakukan olah raga ringan untuk mengusir rasa kantuk, misalnya dengan berlari-lari kecil, push up, lompat-lompat, atau menggerak-gerakkan anggota tubuh. Cara ini juga cukup efektif untuk menghilangkan rasa ngantuk anda.

6. Mengobrol dan bercanda
Ajak teman didekat anda untuk mengobrol sesuatu yang menarik misalnya membicarakan tentang hobby, rencana liburan, percintaan, atau hal lainnya yang menurut anda menarik untuk diperbincangkan. Selain itu anda juga bisa mengajak teman anda untuk bercanda tentang hal-hal lucu yang dapat membuat anda tertawa.

7. Makan cemilan atau merokok.
Bagi para perokok aktif sebenarnya telah memiliki senjata andalan untuk menghilangkan rasa ngantuk tersebut dengan cara menghisap rokok dan menikmati aroma rokok tersebut. Namun bagi yang tidak merokok anda bisa makan cemilan atau makanan ringan telah anda persiapkan sebelumnya sebagai antisipasi ngantuk.

8. Makan permen
Permen yang memiliki rasa manis, asem, atau pedas juga dapat menghilangkan rasa kantuk anda minimal untuk beberapa saat. Jadi bagi anda yang sering mengantuk alangkah baiknya anda selalu sedia permen disaku anda. Agar jika rasa ngantuk tersebut mulai melanda, anda bisa menguranginya dengan makan permen.

9.  Bernyanyi
Bagi anda yang suka menyanyi, tidak ada salahnya jika anda menghibur diri dan mengisi kejenuhan dengan bernyanyi sambil bekerja. Karena rasa jenuh tersebut lama kelamaan akan membuat anda menjadi mengantuk dan susah konsentrasi.

10. Mengistirahatkan tubuh, mata, dan otak sejenak.
Jika kesembilan cara diatas sudah tidak mempan lagi bagi anda, sebaiknya jangan dipaksakan lagi. Karena hal tersebut justru akan membahayakan diri anda sendiri. Istirahatkan mata, tubuh dan fikiran anda sejenak. Rebahkan tubuh anda, pejamkan mata, atur nafas, rileks, lalu tidurlah sesaat. Jika tubuh sudah terasa nyaman dan fit barulah anda mulai beraktifitas kembali.

Itulah tips cara menghilangkan rasa ngantuk yang dapat saya share kepada anda hari ini, semoga cara tersebut bermanfaat bagi anda. Terima kasih.
 

Back To Top