Cara Format HP Android Yang Lemot

Cara Format HP Android Yang Lemot - Handphone android jika sudah lama digunakan lambat laun pasti akan terasa lemot dan tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti terkena serangan virus trojan, File memori yang sudah penuh, Terlalu banyak aplikasi yang di install, file chache terlalu menumpuk, terjadinya crash antar aplikasi, ada aplikasi yang tidak compatible dengan OS android anda, dan masih banyak lagi hal yang menyebabkan hp android anda menjadi terasa lebih lemot.

cara-format-hp-android-yang-lemot

Daripada pusing dan jengkel lebih baik anda lakukan format pada hp android yang lemot tersebut. Tujuannya adalah agar hp anda bisa kembali lagi seperti setelan awal pabrik, sehingga hp android dapat kembali berfungsi secara normal lagi. Namun sebelum melakukan cara fortmat hp android yang lemot tersebut, sebaiknya anda melakukan backup data terlebih dahulu agar data yang tersimpan didalam hp android anda tidak hilang. Karena pada proses format hp ini semua data dan aplikasi dalam memeri internal hp akan terhapus, kecuali aplikasi bawaan dan OS bawaan hp android tersebut. Namun jika anda masih mengingat password dan alamat email untuk login ke semua akun yang aplikasi yang terinstall di hp android tersebut, anda bisa mendownload semua aplikasi melalui playstore kemudian login kembali.

Baca Juga artikel ini: 
Tombol Screenshot hp android
Kode rahasia touchscreen hp android
Cara memperbaiki kalibrasi touchscreen hp android
Cara mengatasi hp android samsung yang sering restart sendiri

Cara Format HP Android

Untuk melakukan format hp android sebenarnya ada beberapa cara, anda tinggal memilih cara yang mana yang akan anda gunakan untuk memformat hp android anda yang sudah mulai lemot. Namun pada posting kali ini saya hanya akan memberikan trik cara format android melalui factory reset dan recovery mode

1. Matikan hp android anda
2. Tekan tombol Volume Up + Tombol Home + Tombol Power secara bersamaan, tahan beberapa detik sampai hp bergetar kemudian lepaskan.
3. Gunakan tombol volume Up dan Down untuk memilih menu. Pilih menu Wipe Data/ Factory Reset.
4. Tekan tombol Home untuk mengeksekusi menu factory reset tersebut.
5. Tunggu beberapa saat sampai proses selesai. Masing-masing hp android membutuhkan waktu untuk proses wipe data yang berbeda-beda.
6. Lalu pilih Reboot system.
7. Setelah proses format hp android selesai, sekarang anda tinggal menginstall kembali aplikasi android yang anda butuhkan melalui playstore.
8. Login kembali kedalam aplikasi android anda.
9. Selesai sudah, sekarang hp anda sudah kembali seperti layaknya baru.

Catatan:
- Sebelum melakukan format hp android sebaiknya kondisi batree hp anda dalam keadaan penuh, atau paling tidak minimal 70%. Ini dimaksudkan agar ketika proses format yang membutuhkan waktu dan daya batree yang cukup banyak, tidak terhenti ditengah jalan karena hp anda kehabisan batree.

- Untuk masing-masing merek hp android memiliki tombol untuk factory reset/ format hp yang berbeda-beda. Cara format hp ini telah saya praktekkan pada hp android samsung galaxy ace duos milik saya.

Selain cara diatas ada lagi cara untuk format hp android yaitu dengan menekan *#*#7780#*#*. Kemudian setelah masuk menu Factory reset lakukan cara yang sama seperti yang telah saya jelaskan diatas.

Itulah Cara Format HP Android Yang Lemot yang dapat saya bagikan kepada anda hari ini, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca semua.


Tag : Android, Gadgets
Back To Top