cara memperbaiki aki rusak (service accumulator rusak)

Cara memperbaiki aki rusak atau service accumulator rusak -Bagi anda yang memiliki kendaraan bermotor saya yakin pasti memiliki yang namanya aki/ accumulator baik itu accu kering maupun accu basah. Karena pada dasarnya setiap kendaraan bermotor baik i tu roda dua maupun roda empat pasti dilengkapi dengan accumulator yang secara teknis fungsingya untuk menyimpan energi listrik yang nantinya digunakan sebagai sumber daya listrik pada kendaraan tersebut, misalnya untuk menghidupkan stater mobil/ motor, menghidupkan lampu, dan yang lainnya.
cara-service-accu-rusak

Accu yang terdapat pada kendaraan bermotor anda karena sering digunakan lama kelamaan pasti akan rusak dan tidak dapat digunakan untuk menyimpan atau mengalirkan arus listrik lagi. Hal itu biasanya terjadi karena kita kurang memperhatikan perawatan aki tersebut, misalnya seperti lupa menambah air accu itu sendiri. Nah jika accumulator anda sudah mulai rusak, saran saya jangan buru-buru dibuang dan membeli accu baru yang harganya cukup mahal. Anda dapat memperbaiki aki rusak tersebut, khususnya untuk jenis aki basah yang terbilang lebih mudah untuk diperbaiki.

Baca juga yang ini:
- Cara service dan merawat mesin vacuum cleaner
- Cara mensetting karburator motor 4 tak

Cara memperbaiki aki rusak atau service accu rusak cukup mudah asalkan anda mengikuti langkah-langkah berikut ini dengan benar. Langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk memperbaiki aki rusak adalah sebagai berikut.

1. Siapkan air agak panas yang nanti akan digunakan untuk menguras dan membersihkan kotoran accumulator
2. Siapkan air Accu Zuur secukupnya.
3. Siapkan obeng untuk membuka penutup aki

cara-memperbaiki-aki-rusak

Cara memperbaiki aki rusak
Setelah anda persiapkan perlengkapan yang dibutuhkan diatas, sekarang saatnya anda coba mempraktekkan memperbaiki aki yang telah rusak tersebut.

1. Buka semua penutup aki dengan menggunakan obeng, kemudian bersihkan penutup aki tersebut.

2. Keluarkan cairan aki yang masih tersisa, lalu tuangkan air panas kedalam accu sampai garis batas air accumulator.

3. Kocok-kocok beberapa saat agar kotoran dan kerak didalam accu luntur dan air terlihat keruh.

4. Buang air kotor tersebut kemudian ulangi langkah diatas beberapa kali sampai dirasa kerak dan kotoran didalam elemen accu menjadi bersih.

5. Bilas dengan cara menuangkan air zuur secukupnya kedalam aki, kemudian kocok-kocok dan buang air zuur tersebut. Tujuannya adalah untuk menghilangkan sisa air panas yang mungkin masih tersisa didalam aki anda.

6. Biarkan aki selama kurang lebih satu hari, agar air bilasan dalam accu menjadi kering.

7. Tuangkan air zur kedalam aki sampai garis batas pengisian air accu.

8. Terakhir pasang accu tersebut kedalam kendaraan bermotor anda, lalu nyalakan motor anda untuk beberapa saat. Tujuannya adalah untuk mengisi arus listrik kedalam accu yang baru saja anda service.

Catatan: Jangan menyalakan motor menggunakan starter terlebih dahulu sebelum aki terisi arus listrik secara penuh. Gunakan motor untuk berjalan-jalan agar energi listrik didalam aki cepat terisi. Biasanya dibutuhkan waktu satu sampai dua hari untuk mencharger accu secara otomatis sampai penuh, atau tergantung jarak tempuh kendaraan anda. Jadi anda tidak perlu pergi ke tukang stroom aki.

Itulah tips cara memperbaiki aki rusak atau cara service accu rusak, khususnya adalah untuk jenis accu basah. Semoga tips ini bermanfaat.
 
Back To Top