Cara Memperbaiki Batree Laptop Rusak Ngedrop

Cara Memperbaiki Batree Laptop Rusak Ngedrop - Penggunaan batree laptop yang tidak dapat mengakibatkan batree cepat ngedrop atau rusak, sesuai dengan pengalaman saya sendiri yang sering menggunakan laptop dengan charger selalu menancap, tidak pernah saya lepas meskipun batree sudah penuh, bahkan ketika laptop matipun charger masih tetap menancap dengan nyaman. Alhasil batree laptop saya sekarang sudah sering ngedrop, bahkan hanya mampu menyimpan daya sekitar 10 menit saja, sehingga cukup repot juga ketika harus bepergian membawa laptop, mau tidak mau harus include dengan chargernya.
cara-memperbaiki-batree-laptop-rusak

Dari pengalaman diatas akhirnya saya googling di internet mencari solusi dan cara memperbaiki batree laptop yang rusak. Lumayan banyak juga yang membahas hal tersebut, tapi setelah saya rangkum ada dua cara memperbaiki batree laptop yang sudah ngedrop yang menurut saya masuk akal dan perlu untuk dicoba. Baca juga artikel ini: Cara merawat baterai laptop agar lebih awet

Cara memperbaiki batree laptop rusak bag 1
Cara ini dapat anda gunakan jika batree laptop tidak dapat dicharger, biasanya muncul tanda silang pada icon batree dilaptop anda saat dicharger. Untuk mengatasi hal tersebut silahkan anda coba cara berikut ini:

- Cabut charger laptop kemudian matikan laptop anda.
- Lepas batree laptop
- Tancapkan kembali charger laptop kemudiannyalakan laptop
- Klik kanan My Computer - Device Manager Battery - Unistall Microsoft ACPI Compilant Method Control Battery
- Setelah itu matikan kembali laptop kemudian cabut charger laptop anda.
- Pasang kembali batree laptop, tancapkan charger laptop anda
- Nyalakan lagi laptop seperti biasa.

 Catatan: Selama batree laptop anda belum rusak parah, artinya masih bisa menyimpan daya listrik, cara diatas dapat mengembalikan kapasitas penyimpanan batree laptop anda.

Cara memperbaiki batree laptop rusak bag 2
Jika cara yang pertama tadi hanya dengan mengunistall ACPI di pengaturan batree pada windows anda, untuk cara yang kedua ini kita membutuhkan freezer atau kulkas dirumah anda. Lhaa kok pake kulkas segala? Agar tidak penasaran silahkan simak baik-baik trik dibawah ini.

1. Cabut batree laptop anda kemudian masukkan kedalam plastik yang agak tebal dan tidak bocor.
2. Ikat rapat-rapat jangan sampai ada udara yang masuk kedalam plastik tersebut.
3. Masukkan batree yang telah dibungkus plastik tadi kedalam freezer
4. Biarkan selama kurang lebih 24 jam
5. Keluarkan batree yang dibungkus plastik dari freezer, keluarkan dari plasti kemudiamkan diamkan sampai suhu batree kembali dalam keadaan normal.
6. Bersihkan batree jika terdapat debu atau sisa air dengan menggunakan lap bersih lalu pasang kembali ke laptop anda.
7. Colokkan charger laptop dalam keadaan laptop mati (jangan dihidupkan dulu)
8. Tunggu selama sekitar 1 jam atau sampai kira-kira batree laptop terisi penuh.
9. Nyalakan kembali laptop seperti biasa, dan check kemampuan batree laptop anda apakah lebih tahan lama atau tidak. Sepengetahuan saya cara diatas cukup menambah kemampuan batree dalam menyimpan daya listrik.

Itulah cara memperbaiki batree laptop rusak atau ngedrop yang dapat saya bagikan kepada anda hari ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tag : Artikel, Komputer
Back To Top