Cara mempercepat kontraksi kehamilan sebelum melahirkan

Cara Mempercepat Kontraksi Kehamilan -Khusus untuk para ibu hamil yang sudah memasuki masa-masa dimana sang buah hati akan dilahirkan yaitu ketika masa kehamilan sudah memasuki usia 40 minggu, Hal tersebut merupakan sebuah moment dag dig dug dan mendebarkan dimana semua rasa bercampur menjadi satu. Antara rasa senang, bahagia, takut, was-was, tidak sabar, dan bermacam rasa sakit yang biasanya dirasakan oleh ibu pada masa kehamilan tua.

cara-mempercepat-kontraksi-kehamilan
Terlebih ketika sang buah hati belum juga terlahir padahal sudah melewati masa HPL (Hari Perkiraan Lahir) baik sang ibu maupun sang ayah pasti sudah tidak sabar dan menunggu-nunggu kenapa si bayi belum lahir juga? kapan lahirnya? kok belum ada kontraksi juga?. Pertanyaan-pertanyaan tersebut pasti menghantui mereka, apalagi pasangan muda yang baru hendak akan memiliki anak pertama.

Demikian pula yang pernah kami rasakan sebagai pasangan yang baru pertama kali menanti kelahiran sang jabang bayi. Berbagai cara kami lakukan untuk mempercepat kontraksi kehamilan menjelang kelahiran karena usia kehamilan sudah melewati hari perkiraan lahir. Mulai dari membaca buku-buku persiapan kelahiran, bertanya ke orang tua atau teman yang sudah lebih dulu melahirkan, dan tak lupa pastinya bertanya kepada mbah google tentang cara mempercepat kontraksi kehamilan sebelum melahirkan. Dari sana kami mendapatkan banyak pelajaran dan ilmu tentang persiapan persalinan yang tentu saja dengan sangat hati-hati kami praktekkan sendiri.

Yang sering menjadi pertanyaan lagi bagi para ibu yang baru pertama kali merasakan kehamilan adalah bagaimana rasanya kontraksi dan tanda-tanda awal saat hendak melahirkan? karena mereka sebelumnya belum pernah merasakan hal itu. Dan menurut pemahaman yang meraka dapatkan dari membaca yaitu bahwa tanda-tanda sebelum melahirkan masing-masing orang berbeda-beda. Ada yang mules, ada yang seperti pengen buang air besar, ada yang tidak merasakan apa-apa tiba-tiba air ketuban sudah pecah, dan masih banyak lagi.

Baca juga artikel ini:
Gizi dan makanan untuk usia kehamilan trimester 1
Cara menjaga kesehatan kehamilan dan kandungan

Berikut akan saya bagikan kepada temans semua trik dan cara mempercepat kontraksi ibu hamil sebelum melahirkan, yang mudah-mudahan bermanfaat bagi temans semua yang membutuhkan artikel dan trik ini:

1. Berjalan-jalan santai 
Berjalan santai dipagi hari atau sore hari menurut penelitian para ahli dipercaya dapat membantu mempercepat proses kontraksi kehamilan dan mempermudah proses kelahiran. Mintalah suami atau untuk menemani anda berjalan santai secara rutin dipagi dan sore hari. Namun jika suami anda sedang sibuk bekerja, anda masih tetap bisa berjalan santai dengan ditemani anggota keluarga atau sendirian.

2. Meditasi Hening
 Bermeditasi secara rileks dan teratur meskipun dilakukan dalam waktu yang sebentar ternyata juga sangat bermanfaat untuk mempercepat kontraksi ibu hamil dan mempermudah proses kelahiran. Karena dengan bermeditasi yang rileks, santai, konsentrasi, dan fokus, atur nafas dan bernafas secara lembut akan membuat tubuh dan fikiran anda menjadi nyaman dan rileks.

3. Menyentuh, memijat dan menarik puting payudara secara lembut
Pijatan, sentuhan, dan tarikan lembut pada puting payudara wanita hamil sangat membantu sekali dan merupakan cara efektif untuk merangsang dan mempercepat kontraksi kehamilan. Karena sentuhan lembut dan stimulasi terhadap puting payudara wanita hamil membantu merangsang produksi hormon oxytocin yang dapat menimbulkan kontraksi rahim sang ibu hamil.

Pijat secara lembut area hitam puting payudara dengan menggunakan jari dan telapak tangan secara lembut selama kurang lebih 5 menit. Mintalah bantuan suami anda untuk melakukan hal tersebut agar proses kontraksi menjadi lebih cepat.

4. Melakukan hubungan intim menjelang persalinan
 Mungkin bagi sebagian orang khususnya pasangan yang baru saja hendak memiliki anak pertama belum mengetahui tentang hal ini, tapi untuk orang tua tentu sudah tahu dan sangat berpengalaman namun merasa enggan atau malu untuk menyarankan kepada anak-anak mereka agar melakukan hubungan intim saat menjelang persalinan. Padahal hal tersebut merupakan salah satu cara mempercepat kontraksi kehamilan sebelum melahirkan.

Namun perlu diketahui juga bahwa hubungan intim tersebut tentunya harus dilakukan secara hati-hati dan pelan-pelan, jangan disamakan dengan saat sang istri tidak sedang hamil agar tidak mengganggu kesehatan sang calon buah hati.

Demikianlah sedikit trik cara mempercepat kontraksi ibu hamil sebelum melahirkan yang dapat saya bagikan untuk temans semua. Semoga bermanfaat
 
Back To Top