Cara mencari ide kreatif dalam menulis

Cara mencari ide kreatif dalam menulis - Menulis sebuah artikel yang berkualitas memang bukan perkara mudah, karena selain dibutuhkan kepiawaian dalam merangkai kata menjadi sebuah kalimat yang menarik dan mudah dipahami juga dibutuhkan ide-ide kreatif dalam menentukan tema dan isi dari tulisan tersebut.
cara-mencari-ide-kreatif-dalam-menulis
Bagi seorang blogger atau seorang penulis profesional, menemukan sebuah ide kreatif mungkin tidak terlalu sulit. Karena selain mereka telah terbiasa melakukan hal tersebut, seorang penulis yang baik juga memiliki teknik-teknik tertentu untuk menemukan sebuah ide kreatif dari tulisannya tersebut.

Adapun beberapa cara mencari ide kreatif dalam menulis adalah sebagai berikut:

1. Membaca buku atau majalah
Carilah referensi dan ide-ide kreatif dengan cara membaca buku atau majalah, baik itu buku atau majalah best seller terbaru atau bahkan dari tumpukan buku dan majalah bekas dirumah anda. Dari situ anda bisa mendapatkan banyak ide kreatif dengan sendirinya.
 
2. Browsing di internet
Carilah bahan penulisan di internet, karena memang internet merupakan gudangnya ide dan informasi. Hampir semua informasi dan ide kreatif bisa anda dapatkan dari internet. Carilah dengan cara mengetik kata kunci di google search tentang ketertarikan anda akan suatu hal. Biasanya dengan demikian akan muncul ide kreatif secara tiba-tiba.

3. Melihat lingkungan sekitar
Berjalan-jalanlah keluar rumah dan amati lingkungan disekitar anda, atau cobalah untuk berekreasi ke tempat yang anda sukai lalu amati kira-kira hal menarik apa yang dapat anda jadikan ide dalam sebuah tulisan anda. Dalam hal ini anda harus sedikit peka dalam membaca dan mengamati lingkungan sekitar, karena sebenarnya dari lingkungan sekitar itulah terdapat banyak ide yang bisa anda jadikan bahan tulisan anda.
 
4. Berdiskusi dengan orang lain
Berdiskusilah dengan teman atau keluarga anda, mintalah pendapat kepada mereka kira-kira ide kreatif apa yang bisa anda jadikan bahan tulisan. Siapa tahu mereka memiliki ide kreatif yang cocok untuk tulisan anda.

5. Mendengarkan musik kesukaan
Jika anda termasuk orang yang suka mendengarkan musik, cobalah untuk mendengarkan musik kesukaan anda dengan santai dan rileks. Nikmati alunan musik tersebut dengan hati yang riang, dari situ akan muncul ide yang mungkin tidak pernah anda duga.

6. Meditasi
Cara yang terakhir ini adalah cara yang paling sering saya gunakan untuk mencari dan mendapatkan ide kreatif dalam tulisan saya. Lakukanlah meditasi hening untuk beberapa saat, dengan cara mengistirahatkan seluruh anggota badan, atur nafas, pejamkan mata, rileks, kosongkan fikiran, nikmati keheningan dan kedamaian dalam diri anda, bersyukur dan pasrah kepada Yang Maha Kuasa. Dengan cara ini nanti tiba-tiba akan muncul banyak sekali ide-ide kreatif yang dapat anda tuangkan kedalam tulisan anda.

Latihlah terus diri anda agar lebih peka terhadap ide kreatif yang tiba-tiba bisa hadir didalam otak anda. Itulah sedikit share tentang Cara mencari ide kreatif dalam menulis. Semoga bermanfaat
Tag : Artikel
Back To Top