Cara mengatasi HP Samsung android sering restart sendiri

Cara mengatasi HP Samsung android sering restart sendiri -Mungkin anda pernah mengalami hal serupa yang pernah saya alami yaitu Handphone android samsung ace duos GT S6802 tiba-tiba sering restart sendiri. Hal tersebut tentu membuat anda frustasi demikian juga dengan saya, yang mana handpone tersebut adalah satu-satunya handphone kesayangan saya yang sudah banyak sekali kenangan didalamnya. hehehe..

cara-mengatasi-hp-samsung-android-sering-restart-sendiri

Setelah saya coba otak-atik sendiri ternyata hasilnya sama saja belum ada titik terang juga. Akhirnya dengan agak malu-malu saya coba bertanya sama mbah google tentang problematika yang sedang saya alami ini. "Mbah google, bagaimana cara mengatasi hp samsung android sering restart sendiri?" mbah google menjawab. "Begini caranya.." Dengan sangat sabar dan hati-hati mbah google menjelaskan kepada saya. hehehe..

Sebelum memperbaiki hp android yang sering restart sendiri, sebaiknya anda kenali terlebih dahulu apa penyebabnya sehingga handphone anda tiba-tiba menjadi sering restart sendiri. Setelah anda mengetahui penyebabnya maka akan lebih mudah bagi anda untuk mencari solusinya. Seperti halnya dokter, sebelum memberikan resep obat, biasanya mereka akan bertanya dulu ke pasien kenapa dan sakitnya bagaimana? baru kemudian mendiagnosa jenis penyakitnya, dan memberikan resep obatnya..
Baca yang ini juga:
- Cara memperbaiki kalibrasi touchscreen hp samsung android
- Specifikasi samsung galaksi S4
- Specifikasi harga samsung galaxy S6 edge  

Penyebab handphone android restart sendiri sebenarnya sangatlah banyak sekali, bisa disebabkan karena kesalahan kita dalam menggunakan handphone tersebut atau bisa juga karena sistem software atau hardware dari android tersebut yang mengalami masalah.

Berikut penyebab hp samsung android sering restart sendiri:

1. Terdapat aplikasi android yang tidak compatible dengan sistem hp android anda.
2. Terjadinya crash antara aplikasi pada hp android anda
3. Sistem android mengalami kerusakan atau anda bagian dari sistem android tersebut yang hilang, sehingga dapat mengakibatkan hp android sering restart sendiri.
4. Terdapat salah satu sistem aplikasi android yang tidak bekerja dengan baik.
5. Pengaturan sistem android yang keliru atau tidak sesuai dengan fungsinya.
6. Terlalu banyak aplikasi yang terinstall di hp android tersebut sehingga membebani RAM dan prosesor.
7. Terlalu banyak sampah atau cache yang tersimpan didalam sistem android yang belum sempat anda hapus.
8. Aplikasi atau sistem android perlu diupgrade atau diperbarui ke versi yang lebih baru.
9. Hp android anda terserang virus yang menggerogoti sistem android tersebut.

Nah dari penyebab-penyebab hp samsung android sering restart sendiri diatas diharapkan anda dapat menemukan solusi untuk memperbaiki hp android anda yang sering restart sendiri. Walaupun sebenarnya masalah ini terbilang sepele namun jika salah dalam penanganan akan berdampak fatal hingga pada kerusakan hp anda/ android mati total.

Jika anda berani menanggung resiko akibat kesalahan anda dalam memperbaiki hp android yang restart sendiri, anda bisa mencoba memperbaikinya sendiri dirumah tanpa harus mengeluarkan biaya sepeserpun dan tanpa harus repot-repot pergi ke tukang service hp. Namun jika anda tidak mau beresiko sebaiknya masalah ini anda serahkan saja kepada ahlinya, yaitu si tukang service hp sekalian itung-itung bagi-bagi rejeki dengan mereka. hehehe..

Berikut saya berikan cara mengatasi hp samsung android restart sendiri

1. Periksa aplikasi yang terinstall pada hp android anda, baik itu aplikasi yang sudah lama terinstall atau aplikasi yang baru saja anda install. Kemungkinan ada aplikasi lama yang membutuhkan pembaharuan/ update atau anda baru saja menginstall sebuah aplikasi yang tidak compatible dengan sistem android anda. Jika terjadi hal tersebut maka segera anda hapus kembali aplikasi yang tidak compatible tersebut lalu restart hp samsung android anda.

2. Periksa pengaturan pada hp android anda yang sering restart sendiri, mungkin terdapat settingan yang salah atau kurang tepat yang baru saja anda rubah. Jika terjadi hal demikian maka kembalikan lagi kedalam settingan semula dimana hp android anda bekerja dengan normal.

3. Bersihkan cache pada hp android anda dengan menggunakan aplikasi cache cleaner, karena sampah cache ini lama kelamaan akan menumpuk dan memakan space pada memori hp android anda, yang dapat mengakibatkan kinerja android tidak maksimal.

4. Install antivirus yang yang baik kemudian lakukan scan secara menyeluruh pada handphone android anda.

5. Lakukan Factory Reset. Cara ini merupakan cara pamungkas untuk mengatasi hp samsung android sering restart sendiri jika dari keempat cara diatas belum dapat menyelesaikan masalah anda. Seperti yang saya lakukan pada hp samsung android ace duos GT S6802 kesayangan saya. Hanya saja untuk melakukan factory reset anda harus memiliki pengetahuan tentang cara format/ factory reset hp android yang dapat anda cari di internet. Selain itu anda juga harus telah membackup semua data-data yang dianggap penting sebelum melakukan factory reset.

UPDATE:

Setelah sekitar 4 bulan saya bertahan dengan hp android yang masih saja sering restart sendiri tersebut, berbagai macam cara sudah saya coba untuk mengatasi permasalahan tersebut seperti yang telah saya tuliskan diatas, ditambah satu trik lagi yaitu merubah jaringan internet 3G ke 2G (Edge), bahkan sampai mengganti baterai android yang baru, tapi tetap saja hp android sering restart sendiri.

Sampai akhirnya secara tidak sengaja saya mengganti layanan internet yang semula biasanya menggunakan provider xl sekarang beralih ke indosat m3, karena memang samsung android saya bisa digunakan untuk dua kartu. dan ternyata setelah saya pindah provider, sekarang hp samsung android saya sudah tidak pernah restart sendiri lagi, dan ketika saya mencoba menggunakan paket internet dengan kartu xl masalah tersebut kembali terulang lagi.

Jadi kesimpulannya ternyata penyebab utama kenapa android kesayangan saya ini tiba-tiba sering restart sendiri adalah karena provider jaringan internet yang saya gunakan. Entah kenapa bisa terjadi demikian, sampai sekarang saya belum sempat menanyakan kepada pihak Xl

Itulah sedikit trik cara mengatasi hp samsung android sering restart sendiri yang dapat saya bagikan untuk temans semua. Semoga bermanfaat..


Tag : Artikel, Gadgets
Back To Top