Cara merawat accu atau aki agar lebih awet

Cara merawat accu atau aki agar lebih awet -Setelah pada posting sebelumnya saya berikan tips cara memperbaiki accumulator rusak pada posting kali ini gantian saya akan memberikan tips cara merawat accu agar lebih awet dan tidak mudah rusak. Karena accu yang terpasang didalam kendaraan bermotor anda khususnya kendaraan roda dua harus tetap dirawat dengan baik agar lebih awet dan tidak mudah rusak.

cara-merawat-accu-agar-lebih-awet
Cara merawat aki agar lebih awet sebenarnya cukup mudah sekali dan tidak memerlukan keahlian khusus, dan biasanya jika anda rutin menservice sepeda motor anda ke bengkel resmi, perawatan accu sudah masuk dalam bagian service sepeda motor itu sendiri. Sebelum anda merawat accu sebaiknya anda kenali terlebih dahulu jenis dari  accu yang terpasang didalam sepeda motor anda. Apakah tipe aki kering yang biasa disebut accu MF atau tipe aki basah yang biasa terpasang pada sepeda motor era terdahulu, karena untuk sepeda motor keluaran terbaru khususnya sepeda motor matic dan sepeda motor dengan sistem injeksi biasanya sudah menggunakan tipe aki kering (accu MF) atau Maintenance Free.

Cara merawat accu kering (Accu MF)
Merawat aki kering terbilang lebih mudah jika dibandingkan dengan cara merawat accu kering, karena sesuai dengan namanya Maintenance Free artinya adalah aki yang tidak membutuhkan perawatan, jadi jenis aki ini lebih praktis dan bentuknya lebih simpel. Tapi meskipun demikian tetap saja dibutuhkan perawatan agar usia aki bisa lebih lama. Cara merawat aki kering adalah dengan memanasi sepeda motor secara rutin, terlebih untuk sepeda motor yang jarang dipakai. Tujuannya adalah agar sumber energi yang yang keluar dan masuk kedalam aki tetap stabil sehingga tidak mudah tekor. Selain itu musuh utama dari aki kering ini adalah air dan guncangan yang berlebihan. Jadi jika motor anda menggunakan aki kering sebaiknya hindarikan dari guncangan yang berlebihan dan hindarkan juga dari kebanjiran atau rendaman air yang berlebihan.

Cara merawat accu basah
Accu basah atau accu yang biasa dipasang pada motor keluaran lama adalah accu yang masih menggunakan cairan aki. Jadi cara merawat accu basah adalah dengan cara mengecheck kondisi air accu secara rutin, agar kita bisa tahu apakah air aki masih cukup atau sudah kering. Lakukan pengecheckkan paling lama satu bulan sekali. Lihat kondisi air aki apakah sudah berkurang dan berada pada garis batas Low atau tidak, jika sudah berkurang maka sebaiknya segera ditambah dengan air aki sampai pada batas UP. Tapi jangan sampai terlalu penuh agar tidak tumpah atau agar arus yang masuk kedalam accu tidak berlebihan. Sehingga accu anda tetap awet dan tahan lama.

Selain menambah air aki secara rutin, bersihkan juga permukaan aki yang kotor secara rutin dengan menggunakan lap atau kuas. Supaya kondisi aki tetap bersih dan baut-bautnya tidak karatan. Hal tersebut juga dapat menambah usia accu motor anda.

Itulah tips cara merawat accu/ aki agar lebih awet yang dapat anda praktekkan sendiri dirumah. Semoga bermanfaat
 
Back To Top