Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet

Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet - Ada banyak cara agar baterai yang terpasang di laptop anda menjadi lebih awet. Meskipn hal ini terlihat sepele, namun jika anda tidak mengerti cara merawat baterai laptop dengan benar maka baterai yang terpasang dilaptop anda akan mudah rusak. Jika hal itu terjadi, mungkin anda akan kaget ketika mengetahui berapa harga baterai laptop anda yang dijual di service centre merk laptop anda. Agar hal tersebut tidak terjadi pada baterai laptop anda sebaiknya rawatlah barang milik anda dengan baik, termasuk salah satunya merawat baterai laptop.
cara-merawat-baterai-laptop

Baterai laptop yang sudah rusak biasanya ditandai dengan sering ngedrop,terjadi kebocoran, tidak bisa menyimpan daya dengan baik, atau terdapat tanda silang pada icon baterai disebelah kanan bawah layar laptop anda. Penyebabnya biasanya adalah karena anda tidak tahu atau tidak mau merawat baterai laptop tersebut.
cara-merawat-baterai-laptop-awet

Adapun cara merawat baterai laptop agar lebih awet adalah sebagai berikut:
1. Pergunakan laptop anda sebagaimana mestinya, artinya jangan menggunakan laptop secara berlebihan. Jika memang dirasa sudah tidak diperlukan lagi, segera matikan laptop dan simpan ditempat yang aman. Karena laptop juga seperti manusia atau seperti mesin pada umumnya, membutuhkan waktu untuk isttirahat juga.

2. Hindarkan suhu laptop yang terlalu panas, sebaiknya gunakan kipas atau cooling fan untuk mendinginkan atau menstabilkan suhu laptop anda.

3. Jangan biarkan baterai laptop dalam keadaan kosong, pastikan anda sudah mematikan laptop atau mencharger ulang baterai laptop ketika kapasitas baterai sudah mendekati 10%. Hal tersebut akan menambah usia baterai laptop anda menjadi lebih awet.

4. Jangan biarkan charger menancap terus dilaptop, jika baterai sudah penuh segera cabut charger dari laptop anda.

5. Hindarkan laptop dari sinar matahari langsung atau dari air karena dapat menyebabkan konslet

6. Atur kecerahan warna layar monitor anda, buat agar tidak terlalu menyerap daya yang terlalu banyak.

7. Nyalakan alarm baterai laptop anda, agar anda bisa tahu kapan ketika baterai sudah mulai habis, sehingga dapat segera di charge kembali.

8. Bersihkan laptop dari debu terutama pada ventilasi-ventilasi dan lcd agar tidak memperngaruhi kinerja laptop

9. Jika baterai laptop anda sudah terlanjur rusak, anda dapat membeli baterai laptop original yang baru dengan harga yang cukup mahal, atau silahkan baca artikel dibawah ini :
Cara memperbaiki baterai laptop rusak atau ngedrop

Itulah cara merawat baterai laptop agar lebih awet dan tahan lama yang dapat saya tuliskan dan bagikan kepada anda. Semoga bermanfaat.
Tag : Artikel, Komputer
Back To Top