Cara Service dan merawat mesin vacuum cleaner

Cara Service da merawat mesin vacuum cleaner -Bagi anda yang memiliki hobby bersih-bersih rumah disela-sela waktu luang atau saat libur kerja, tidak ada salahnya jika anda memiliki mesin penyedot debu (vacuum cleaner) dirumah anda. Karena dengan menggunakan mesin ini kegiatan bersih-bersih rumah anda akan lebih efisien dan terasa lebih menyenangkan, soalnya debu-debu dirumah anda akan tersedot kedalam mesin vacuum cleaner tersebut dan tidak beterbangan kemana-mana.

cara-service-vacuum-cleaner

Vacuum cleaner sendiri sebenarnya memiliki fungsi yang cukup banyak, selain untuk menyedot debu dipermukaan lantai, menyedot debu disela-sela perabot rumah, membersihkan lemari, menyedot permukaan karpet, bahkan dapat digunakan untuk cuci sofa dan cuci springbed

Jika anda sudah memiliki vacuum cleaner dan terbiasa bersih-bersih rumah dengan menggunakan vacuum cleaner, tentu lama keamaan akan mengalami kerusakan sehingga tidak ada salahnya jika anda mengerti sedikit tentang seluk beluk vacuum cleaner. Jadi jika anda dapat menservice dan merawat vacuum cleaner sendiri tentu anda tidak perlu keluar uang untuk biaya service vacuum cleaner tersebut.

 Nah bagi anda yang ingin mencoba memperbaiki mesin vacuum cleaner sendiri dirumah, disini saya akan berikan sedikit tentang cara service mesin vacuum cleaner. Langkah pertama yang perlu anda lakukan sebelum memperbaiki mesin vacuum cleaner adalah menentukan jenis kerusakan pada vacuum cleaner anda. Apakah vacuum cleaner anda mati total, sedotannya kurang kencang, suaranya terlalu berisik, dan lain sebagainya.

Jika anda sudah mengetahui jenis kerusakan pada vacuum cleaner anda, sekarang saatnya anda mencoba untuk menservice vacuum cleaner tersebut. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Periksa kabel daya, saklar, dan sekring dengan menggunakan Taspen atau Multy tester untuk mengecheck kondisinya apakah masih bekerja dengan baik atau sudah rusak.

2. Periksa kondisi selang penyedot debu, Filter debu, Tabung air (jika ada) serta kondisi seluruh permukaan vacuum secara visual. Apakah sudah ada yang pecah atau rusak, karena jika sudah ada yang rusak misalnya seperti selang atau stick, maka daya sedot vacuum akan berkurang.

3. Cuci tabung, filter, dan perlengkapan vacuum dengan menggunakan air bersih agar kebersihan vacuum cleaner tetap terjaga.

4. Periksa kondisi motor vacuum cleaner apakah suaranya sudah berisik atau belum. Biasanya suara berisik pada vacuum cleaner diakibatkan oleh bearing yang sudah goyang. Periksa juga kondisi arang (carbon brus) apakah sudah habis atau belum, dan yang terakhir periksa kondisi kabel lilitan dan rotor pada mesin motor vacuum cleaner, apakah sudah aus atau belum.

Khusus untuk point ke 4 diperlukan keahlian khusus dalam mensevice vacuum cleaner karena jika anda asal-asalan membongkarnya sendiri, bisa-bisa justru malah motor vacuum cleaner anda rusak dan jika anda membeli motor baru harganya terbilang mahal. Untuk harga motor vacuum cleaner 2 kipas produk italy bisa mencapai 700-900 ribu. sedangkan untuk motor vacuum cleaner 2 kipas produk china harganya kisaran 350-500 ribu rupiah. Jadi merawat vacuum cleaner anda dengan baik, dan cucilah dengan bersih setelah digunakan. Jangan lupa simpanlah kembali kedalam box dan letakkan ditempat yang aman.

Itulah tips yang sangat tidak bermanfaat sekali tentang cara service mesin vacuum cleaner yang saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi saya.. :P
Back To Top