Kenapa Nilai Klik Google Adsense Kecil Sekali?

Kenapa Nilai Klik Google Adsense Kecil Sekali? -Pertanyaan ini sering kali muncul dihati dan fikiran para publisher adsense yang sedang mulai belajar menggeluti dunia online marketing seperti saya ini. Tidak jarang nilai untuk satu kali iklan google adsense hanya 0.02 $ saja, bahkan tidak jarang pula dalam satu hari saya hanya mendapatkan 0$ padahal saya sudah berusaha menulis artikel dan belajar tentang adsense kesana kemari. Mulai dari membeli e-book adsense yang katanya bisa mendapatkan 3000$ dalam sehari, atau belajar dari artikel tips dan trik bermain adsense yang ditulis oleh para master. Namun hasilnya sama saja, sudah lebih dari 2 tahun saya belum juga bisa payout.

kenapa-nilai-klik-google-adsense-kecil

Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Trus kapan saya bisa merasakan payout google adsense?
Kadang hal tersebut membuat kita patah semangat dan hampir menyerah lalu membuang jauh-jauh impian untuk mendapatkan uang dari google adsense. Namun ternyata aktifitas ngeblog itu seperti candu, ketika saya berhenti untuk tidak menulis blog beberapa minggu saja, rasa rindu untuk kembali ngeblog selalu datang menghampiri, dan akhirnya saya kembali menulis blog lagi, sehingga harapan dan impian untuk memperoleh uang dari adsense muncul kembali.

Setelah saya pikir-pikir, ternyata terjun kedunia google adsense itu tidak gampang, tidak semudah iming-iming para penjual ebook yang berkeliaran di internet. Bermain google adsense itu butuh kesabaran, kerja keras, pengetahuan yang cukup dibidang google adsense, konsistensi, target, dan do'a tentunya.

Nah untuk alasan kenapa nilai klik google adsense kecil sekali penyebabnya diantara lain adalah sebagai berikut:

1. Traffik atau pengunjung blog sedikit
Blog yang sepi pengunjung bisa dibilang sangat mustahil sekali bisa mendapatkan penghasilan secara reguler dari google adsense. Oleh karena itu buatlah blog anda agar bisa dikunjungi oleh banyak orang, sehingga kemungkinan orang yang mengklik iklan adsense juga akan semakin banyak.

2. Niche blog yang terlalu luas/ Blog gado-gado
Blog dengan niche dan isi konten yang membahas banyak hal atau biasa disebut blog gado-gado seperti milik saya ini, nilai kliknya akan lebih kecil jika dibandingkan dengan blog yang memiliki niche lebih specifik, misalnya seperti blog yang membahas tentang kesehatan, kecantikan, properti, dan niche yang memiliki nilai klik yang tinggi lainnya. Jadi saya sarankan jika anda ingin memperoleh nilai klik yang cukup besar, maka pilihlah niche yang lebih specifik seperti diatas.

3. Blog berbahasa indonesia
Sudah bukan rahasia umum lagi jika blog berbahasa indonesia nilai kliknya lebih kecil jika dibandingkan dengan blog yang berbahasa inggris. Karena penawaran harga dari para pengiklan adword di indonesia juga relatif sedikit. Jadi jika anda ingin mendapatkan nilai klik yang besar, misalnya utk satu klik bisa mencapai 10$ buatlah blog yang berbahasa inggris atau berbahasa internasional.

4. Penempatan iklan adsense yang kurang tepat
Penempatan iklan google adsense yang kurang tepat ternyata juga dapat mempengaruhi kecilnya nilai klik google adsense. Salah satu penempatan iklan yang memiliki nilai klik yang cukup besar adalah meletakkan iklan diawal paragraf posting, widget atau sidebar paling atas, dan di header blog.

5. Iklan yang tidak relevan dengan konten blog
Banyak sekali iklan-iklan yang muncul di blog kita adalah iklan-iklan yang tidak relevan dengan isi blog tersebut. Misalnya blog kita membahas tentang kesehatan, masa iklan yang muncul malah iklan lazada yang menjual hp atau jam tangan, kan tidak relevan. Hal tersebut sudah pasti menyebabkan nilai klik adsense kecil sekali. Jadi untuk menghindari hal tersebut silahkan anda blokir pengiklan-pengiklan yang tidak relevan dan memiliki nilai klik yang rendah.

6. Template blog yang tidak responsive
Agar nilai klik iklan anda menjadi tinggi pandai-pandailah anda memilih template blog yang telah dioptimasi agar nilai klik adsense menjadi lebih besar. Anda dapat mendownload template blog responsive yang banyak tersedia di internet.

7. Konten blog yang tidak berkualitas
Hal ini sebenarnya merupakan point yang cukup penting untuk memperoleh nilai klik adsense yang tinggi. Maka dari itu buatlah konten atau artikel yang sekualitas mungkin dan se original mungkin agar lebih disukai google adsense.

Itulah alasan kedapa nilai klik google adsense kecil sekali sekaligus cara untuk meningkatkan nilai klik google adsense agar anda segera bisa merasakan nikmatnya earning dari adsense. Perlu digaris bawahi bahwa cara ini hanyalah merupakan hasil analisa saya sendiri, jika ada hal yang kurang tepat, mohon dikoreksi. Terima kasih dan Semoga bermanfaat.
Back To Top