Listik token mati setelah pemadaman listrik (mati lampu)

Listik token mati setelah pemadaman listrik atau setelah mati lampu -Kejadian ini pernah saya alami beberapa waktu yang lalu, saat itu tepatnya sekitar jam 7 malam tiba-tiba listrik disekitar rumah saya padam. Saya berfikir paling sedang ada perbaikan atau sedang ada pemadaman bergilir, karena memang sudah biasa jika dalam satu bulan entah itu satu kali atau dua kali pasti ada acara mati lampu.
listrik-token-mati-setelah-mati lampu

Tidak lama kemudian, paling sekitar 10 menitan setelah saya selesai menyalakan lilin dibeberapa ruangan dan lampu emergency diruangan utama, saya tengok melalui jendela luar ternyata listrik dirumah tetangga saya sudah menyala. Kenapa listrik dirumah saya belum menyala juga? Saya coba check sekering dalam atau Kotak Hubung Bagi atau sering juga disebut dengan kotak Presto ternyata MCB dalam posisi ON, berarti tidak ada masalah dengan kotak pembagi tersebut.

Kemudian saya check kwh meter listrik prabayar dirumah saya, ternyata dalam kondisi ON, lampu indikator menyala, pulsa masih ada sekitar 36.18 meter. Semua baik-baik saja dan tidak ada masalah, tapi kenapa lampu tidak juga menyala? saya coba ON dan OFF kan saklar mcb di kwh meter beberapa kali, tetap saja listrik tidak menyala. ada apa dengan lisrtik token dirumah saya?

Sepertinya saya sudah mulai panik dan mulai melakukan hal-hal yang konyol. :) Saya keluarkan kotak peralatan seperti tang, obeng, tespen, kemudian saya mulai beraksi dengan membuka kotak pembagi dan membuka penutup MCB, kemudian saya check dengan menggunakan taspen apakah ada arus listrik yang masuk kerumah saya atau tidak? apa jangan-jangan ada pemadaman lampu bergilir? tetapi kenapa hanya rumah saya yang padam sedangkan rumah tetangga listrik menyala? Ternyata benar, tidak arus listrik yang keluar dari kwh yang masuk kedalam rumah saya.

Akhirnya saya memutuskan untuk menelepon pusat pengaduan pln di nomor telepon 123 untuk menanyakan tentang listrik token yang mati setelah pemadaman listrik/ mati lampu dan meminta solusinya. Dengan sangat ramah sekali petugas customer service pln menerima telepon pengaduan saya, mereka menanyakan data-data seperti nama, id pelanggan listrik, alamat, nomor telepon yang bisa dihubungi, dan alamat rumah saya. Mereka juga menyatakan bahwa akan menghubungi petugas pln terdekat untuk datang kerumah saya, dan mengecheck kondisi listrik dirumah saya.

Dengan sedikit kesal saya mencoba untuk browsing di internet melalui hp untuk mencari solusi listrik token mati setelah mati lampu yang terjadi dirumah saya. Ada beberapa artikel yang menjelaskan tentang nomor kode rahasia pada token listrik prabayar, saya coba trik tersebut satu persatu namun hasilnya tetap nihil. Iseng-iseng saya coba membeli pulsa listrik token melalui mbanking mandiri dengan nominal 20 ribu saja, toh di jumlah meter listrik token di kwh masih ada. Setelah itu saya masukkan beberapa digit nomor kode listrik token ke kwh meter dirumah saya, lalu saya tekan enter seperti saat mengisi listrik prabayar biasa. Terdengan bunyi Cetaaak... dan menyalalah listrik dirumah saya.

Alhamdulillah akhirnya listrik prabayar menyala juga, tapi sampai sekarang saya masih bertanya-tanya dan mencari jawaban kenapa hal tersebut bisa terjadi? Listrik token mati setelah pemadaman listrik, padahal pulsa listrik masih ada. Mungkin dari teman-teman ada yang tahu alasannya, silahkan berikan jawaban pada kolom komentar dibawah ini.

Demikianlah sedikit curhat saya tentang listrik token yang mati setelah pemadaman listrik/ mati lampu. Semoga bermanfaat


Tag : Artikel
Back To Top