Perbedaan air aki dengan air accu zuur

Perbedaan air aki dengan air accu zuur (Air Sir) -Seperti yang telah kita ketahui bahwa air accu memiliki dua variant yang berbeda yaitu air accu biasa dan air accu zuur. Nah pada posting kali ini saya akan membahas tentang letak perbedaan air aki dengan air aki zuur baik secara visual, secara sifat, dan jenis kandungan dalam masing-masing air accu tersebut.


Secara visual letak perbedaan air accu biasa dan air accu zuur adalah terletak pada warna kemasannya. Air accu biasa dikemas dengan botol berwarna biru, sedangkan air accu zuur biasanya dikemas dengan botol berwarna merah. Itulah letak secara visual dari kedua jenis air accu agar anda lebih mudah dalam membedakannya.

Baca juga artikel ini:  Cara merawat accu agar lebih awet

Sedangkan secara sifatnya, air aki biasa adalah air murni yang tidak mengandung unsur logam, sifatnya netral karena biasanya diambil dari air sumur atau air pam yang telah diproses penyulingan dan demineralisasi. Jenis air aki ini dapat anda beli ditoko bangunan atau dibengkel-bengkel terdekat karena dijual secara bebas. Jenis air aki biasa yang baik adalah yang telah melewati penyulingan, biasa disebut aquadest yang bisa anda dapatkan di apotek terdekat. Jenis air aki aquadest harganya terbilang lebih mahal dari air aki biasanya karena memang kualitasnya yang lebih bagus dan paling baik digunakan untuk aki motor anda.

perbedaan-air-accu-biasa-dengan-air-accu-zuur

Perbedaan air accu biasa dengan air accu zuur yang lainnya adalah warna air accu zuur lebih keruh, sedangkan air accu biasa sangat jernih. Secara sifat air accu zuur lebih ganas karena jika terkena kulit manusia akan panas dan gatal-gatal, jika terkena kain dapat mengakibatkan rapuh, sedangkan jika terkena besi akan mengakibatkan besi tersebut menjadi berkarat, karena air accu jenis zuur ini mengandung sulfur.

Kandungan lain dari jenis air accu zuur adalah selain mengandung sulfat (H2SO4) juga mengandung larutan elektrolit yang dapat mengikat setrum atau tenaga listrik. Berat jenis air accu zur yang telah dicampur dengan sulfur adalah 1.26. Sedangkan berat jenis sulfur yang biasa dijual ditoko kimia adalah 1.80.

Kegunaan air aki biasa adalah hanya sebatas untuk isi ulang air aki yang telah habis. Sedangkan kegunaan air accu zuur adalah untuk pengisian pertama pada aki baru, Karena jenis air accu zuur ini dapat mengikat setrum maka aki yang baru dibeli tidak perlu di charge ata disetrum lagi. Cukup diisi dengan air aki zuur maka accumulator sudah mengandung setrum dan dapat digunakan pada kendaraan bermotor anda.

Itulah sedikit ulasan tentang perbedaan air aki biasa dengan air accu zuur yang dapat saya bagikan kepada anda semua. Semoga menambah wawasan anda seputar air accu zuur dan air accu biasa, dan
Semoga bermanfaat
Back To Top