Tips Cara Berhenti Merokok

Tips Cara Berhenti Merokok - Hampir semua mengatakan bahwa merokok dapat merugikan kesehatan, tapi meskipun demikian masih tetap saja banyak orang yang menghisap rokok termasuk salah satunya adalah saya. hehhee.. Mungkin cara berhenti merokok yang paling ampuh adalah dengan menutup perusahaan rokok dan melarang peredaran rokok di indonesia. Namun jika cara tersebut di implementasikan, bagaimana dengan nasib petani tembakau, buruh perusahaan rokok, pedagang asongan, sopir mobil box/ sales rokok, dan masih banyak lagi yang terlibat dibalik barang yang katanya merugikan kesehatan tersebut.
tips-cara-berhenti-merokok

Disini meskipun saya seorang perokok aktif yang minimal menghabiskan satu bungkus rokok setiap hari, mungkin kalau dikalkulasi dari awal pertama saya merokok sekitar tahun 2002 sampai sekarang tahun 2015. Biaya untuk membeli rokok kalau dikumpulkan mungkin sudah bisa untuk membeli rumah kontrakan atau membeli mobil. Didalam hati terkadang terbersit niat untuk berhenti merokok seperti yang telah dilakukan oleh beberapa teman saya yang telah sukses berhenti merokok.

Kenikmatan merokok memang menjadi sebuah candu bagi para perokok, entah seperti apa nikmatnya pokoknya tidak dapat dilukiskan dengan kata-kata. Suatu ketika saya sempat mencoba untuk berhenti merokok, tapi apa yang terjadi? ketika saya tidak merokok maka produktifitas kerja saya juga ikut menurun. Biasanya saya dalam sehari bisa menulis beberapa artikel di blog ini, tanpa rokok untuk menulis satu buah artikel saja rasanya sangat sulit sekali.

Meskipun saya sebenarnya masih seorang perokok aktif, tidakada salahnya jika saya menulis artikel tentang tips cara merhenti merokok ini. Barangkali tips ini dapat bermanfaat bagi anda yang benar-benar ingin berhenti merokok, dan jika anda telah berhasil dengan tips berhenti merokok ini, mohon untuk menuliskan testimoni dikolom komentar dibawah ini agar siapa tahu saya bisa terpacu untuk benar-benar berhenti merokok seperti anda.
Baca Juga: Manfaat rokok bagi kehidupan manusia

Cara Berhenti Merokok

 

1. Berniat dalam hati dengan sungguh-sungguh
Segala sesuatu harus diawali dengan niat sungguh-sungguh didalam hati, terlebih jika yang dilakukan adalah perbuatan baik, maka harus diawali dengan niat yang baik pula. Sematkan niat didalam hati anda bahwa anda ingin berhenti merokok. Apapun yang terjadi anda harus bisa berhenti merokok demi kebaikan diri anda dan orang-orang yang anda cintai. Niat tersebut akan memberi kekuatan tersendiri jika suatu saat anda khilaf untuk kembali merasakan menghisap rokok.

2. Berdo'a meminta kepada Tuhan agar dimudahkan
Selain berniat didalam hati, sebagai seorang yang beragama tentu anda harus juga berdo'a memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar niat anda untuk berhenti merokok dimudahkan dan diberi jalan agar kelak bisa benar-benar menjauhi merokok dan tidak kembali terjebak untuk menghisap rokok.

3. Minta bantuan orang terdekat
Mintalah bantuan orang terdekat anda misalnya istri, pacar, orang tua atau anggota keluarga yang lainnya agar senantiasa mengingatkan dan membantu anda dalam melaksanakan tips berhenti merokok ini. Atau bisa juga anda membuat perjanjian dengan mereka, jika suatu saat anda kembali merokok maka anda siap untuk melakukan denda atau hukuman dari mereka.

4. Jangan membeli rokok atau jauhkan diri anda dari rokok
Usahakan untuk jangan membeli rokok atau menyimpan rokok dirumah anda. Akan lebih baik lagi jika anda bergaul dengan lingkungan dan orang-orang yang tidak merokok, karena biasanya pengaruh lingkungan akan sangat memberi pengaryh yang besar terhadap diri anda. Jika anda sering melihat teman-teman anda merokok, suatu saat pasti anda akan tergoda dan ingin merasakan rokok lagi.

5. Cari kesibukan yang bermanfaat
Usahakan diri anda untuk lebih banyak melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, misalnya seperti bekerja atau membantu keluarga. Jangan berdiam diri atau duduk-duduk santai dirumah, karena nanti anda akan jenuh. Dan biasanya untuk membuang kejenuhan tersebut orang akan mengalihkannya dengan cara merokok.

6. Jangan Begadang atau tidur terlalu malam
Jika anda merupakan orang yang suka begadang atau tidur hingga larut malam, mulai saat ini hilangkan kebiasaan tersebut. Segera matikan lampu dan beranjak tidur ketika waktu sudah mulai malam, tinggalkan kegiatan-kegiatan yang kurang bermanfaat seperti ngobrol, nonton tv, dan begadang hingga larut malam jika anda ingin berhasil berhenti merokok. Karena biasanya orang yang begadang hingga larut malam, terutama untuk udara dingin, mereka tidak akan jauh-jauh dengan yang namanya merokok.

7. Minum air putih yang banyak
Minumlah air putih yang banyak atau minimal 2 liter perhari, karena dengan minum air putih akan mengurangi hasrat anda untuk merokok. Cara ini banyak digunakan oleh orang-orang yang ingin berhenti merokok.

8. Kurangi minum kopi atau teh manis
Ada kalimat bahwa minum kopi tidak lengkap tanpa menghisap rokok, karena memang kebiasaan orang yang minum kopi adalah sambil merokok. Atau sebaliknya kebiasaan orang merokok adalah minum kopi. Jadi untuk mesuksesan tips berhenti merokok ini, mulai sekarang sedikit demi sedikit kurangi untuk minum kopi.

9. Minta Nasehat Orang Bijak
Mintalah nasehat orang yang anda anggap bijak, misalnya seperti mendatangi pak kyai, atau orang yang biasa memberikan anda arahan-arahan menuju kearah yang lebih baik lagi.

10. Teraphy Berhenti merokok
Anda juga dapat mengikuti terapi berhenti merokok yang biasanya dilakukan oleh para terapis berpengalaman. Ada berbagai macam jenis terapi berhenti merokok, misalnya seperti terapi totok urat syaraf, terapi jarum, terapi pijit, dan masih banyak lagi

11. Konsultasi dengan dokter
Jika cara-cara diatas anda rasa belum berhasil, langkah terakhir yang bisa anda lakukan adalah dengan berkonsultasi dengan dokter yang ahli dibidangnya. Mungkin anda bisa diberikan tips cara berhenti merokok yang lebih hebat lagi oleh si dokter, atau bisa juga anda diberi obat untuk merangsang diri anda agar bisa berhenti merokok.

Itulah tips cara berhenti merokok yang dapat saya tuliskan, jika anda benar-benar memiliki niat yang kuat untuk berhenti merokok, saya jamin jika anda mengikuti tips diatas anda pasti akan bisa berhenti merokok. Karena baru niat saja, sebenarnya itu sudah memiliki kekuatan yang luar biasa bagi anda.
Back To Top