Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

Waduk Gajah Mungkur Wonogiri adalah salah satu tempat wisata kebanggan Kabupaten Wonogiri, Jawa tengah. Sebagai salah seorang yang telahir dan besar di kota wonogiri, berwisata ke waduk gajah mungkur wonogiri merupakan sebuah kebanggan tersendiri, terlebih ketika saya masih duduk di Sekolah Dasar (SD) atau Sekolah Menengah Pertama (SMP) hampir setiap hari raya 'Idul fitri kami sekeluarga selalu menyempatkan diri untuk berlibur ke waduk gajah mungkur wonogiri, karena waduk gajah mungkur merupakan satu-satunya tempat wisata yang paling ramai dan paling dekat dengan tempat tinggal kami.

waduk-gajah-mungkur-wonogiri

Saya sendiri lahir di Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri. Berjarak sekitar 15 KM dari waduk gajah mungkur wonogiri, jarak tersebut dapat ditembuh dalam waktu sekitar 30 menit dengan menggunakan sepeda motor, atau bisa juga menggunakan angkutan berupa Colt Diesel.

Waduk gajah mungkur dibangun pada tahun 1970an dengan luas wilayah sekitar 8800 Hektar atau setara dengan 7 kecamatan, yang dapat dimanfaatkan untuk mengairi sawah hingga ke wilayah kabupaten diluar wonogiri. Bahkan justru kebanyakan orang-orang yang menikmati aliran air dari waduk gajah mungkur ini adalah para petani yang terletak di Kabupaten Sukoharjo, Klaten, Karanganyar, dan Sragen.
waduk-gajah-mungkur

Penduduk yang dulu mendiami 7 kabupaten yang digusur untuk pembangunan waduk gajah mungkur wonogiri ini, konon katanya dipindahkan atau di transmigrasikan ke daerah sumatera dan sekitarnya. Jadi sebelum dijadikan waduk, tempat tersebut dahulu merupakan pemukiman warga, sehingga ketika permukaan air waduk surut masih tampak sisa-sisa bangunan misalnya seperti pemakaman, sumur, jembatan, dll.

Waduk Gajah Mungkur Wonogiri selain sebagai tempat wisata keluarga, saluran irigasi, tempat mencari ikan para nelayan, juga merupakan sumber Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang mampu menghasilkan tenaga listrik sebesar 12,4 Mega Watt. Sebuah pembangkit tenaga listrik yang memiliki kapasitas yang cukup besar. Di pembangkit tersebut terdapat sebuah bendungan besar yang diatasnya digunakan sebagai jalan raya, sekaligus sebagai tempat wisata atau tempat nongkrong bagi pasangan muda mudi di sore hari. Atau ketika hari libur, bendungan serbaguna wonogiri tersebut bisa berubah menjadi sebuah tempat wisata yang cukup ramai sehingga dimanfaatkan oleh warga sekitar sebagai ladang usaha untuk berjualan makanan dan minuman.

bendungan-serbaguna-wonogiri

Saat saya masih sekolah pernah diajak oleh teman ke Bendungan Serbaguna Wonogiri, mereka biasanya menyebut dengan istilah Plaza Wonogiri. Dalam bayangan saya sebelum datang kesana, plaza wonogiri adalah sebuah Mall atau pusat perbelanjaan yang cukup besar, ternyata plaza wonogiri adalah sebuah bendungan yang didekatnya terdapat sebuah tempat yang ditumbuhi pohon-pohon yang cukup besar, sehingga dapat digunakan oleh pasangan muda-mudi untuk berteduh sambil memadu kasih. Entah sekarang seperti apa kondisi plaza wonogiri tersebut, sudah hampir lebih dari 10 tahun saya tidak lagi berkunjung kesana.

Di waduk gajah mungkur wonogiri juga terdapat karamba (tempat memelihara ikan). Bahkan katanya terdapat ikan patin raksasa yang hidup disekitar karamba tersebut, yang panjangnya bisa mencapai 5 meter. Kemungkinan ikan patin tersebut bisa mencapai sebesar itu karena makan makanan yang ada disekitar karamba di waduk gajah mungkur wonogiri.

Itulah sekilas tentang waduk gajah mungkur wonogiri. Jika suatu saat anda berkunjung ke waduk gajah mungkur wonogiri, jangan lupa mampir ke rumah saya ya.. hehehee..
Tag : Artikel, wisata
Back To Top