Apa passion saya? Bagaimana cara menemukan passion ?

Apa passion saya ? Pertanyaan itu sering muncul dalam fikiran sebagian orang yang merasa belum menemukan passion didalam dirinya. Mereka masih kebingungan dan bertanya-tanya sebenarnya apa passion saya? Apakah saya tidak mempunyai passion? Kalau saya memang mempunyai passion, lalu bagaimana cara menemukan passion saya?

apa-passion-saya

Agar anda tidak terus bertanya-tanya tentang apa passion anda, sebaiknya anda simak terus tulisan saya ini, mudah-mudahan dengan membaca tulisan ini anda bisa segera menemukan passion didalam diri anda. Kemudian jujur dan konsisten dengan passion tersebut, agar dapat bermanfaat bagi diri anda, bagi orang-orang yang anda cinta, dan juga bermanfaat bagi orang banyak.

Sebenarnya setiap manusia itu memiliki passion masing-masing, karena Tuhan menciptakan manusia dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tuhan menciptakan manusia dengan satu tujuan tertentu. Hanya saja terkadang kita tidak mengetahui apa kelebihan dalam diri kita, atau mungkin kita malas dan tidak mau memanfaatkan kelebihan tersebut dengan sebaik-baiknya. Sehingga seolah-olah kelebihan tersebut justru malah menjadi kekurangan bagi diri anda.

 Lho.. ini membahas tentang passion atau membahas tentang kelebihan sih?

Kita masih membahas tentang passion, karena passion erat kaitannya dengan kelebihan dan kekurangan dalam diri anda. Karena kelebihan bisa menjadi kekurangan, dan kekurangan bisa menjadi kelebihan. Biar tidak tambah bingung akan saya ulas terlebih dahulu apa pengertian passion.

Pengertian passion

Kita sering mendengar orang bicara tentang passion, apa sih sebenarnya pengertian passion itu?
Menurut sebuah artikel yang pernah saya baca, Passion  adalah suatu keadaan dimana Anda bisa melakukan suatu aktifitas dengan Enjoy, Easy dan Excellent (Senang melakukannya, Mudah dalam melakukannya, dan Baik dalam melakukannya). Itulah passion.

Maka dari itu passion erat kaitannya dengan bakat dan kelebihan, passion akan muncul dengan sendirinya jika anda mengetahui apa bakat anda. Sedangkan bakat merupakan karakteristik unik dalam diri anda yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa kedalam diri anda. Jika anda mengasah bakat tersebut dengan baik, anda kerjakan dengan bahagia, dan bakat tersebut menghasilkan sesuatu yang baik dan bermanfaat, Itulah yang disebut passion.
Lalu bagaimana cara menemukan passion saya?

Perlu anda ingat, sebenarnya bukan passion yang harus dicari, bukan cara menemukan passion yang harus ditemukan, melainkan bakat yang terpendam dalam diri anda. Jika anda sudah menemukan bakat anda, anda asah dengan baik, anda kerjakan dengan sungguh-sungguh, anda lakukan dengan bahagia, secara otomatis passion anda akan muncul dengan sendirinya.

Seperti halnya saya saat ini yang sedang mencoba mengasah bakat saya dibidang menulis dan ngeblog. Saya terus belajar menulis blog, saya kerjakan dengan bahagia, saya jadikan ngeblog sebagai hobby. Mudah-mudah ini bisa menghasilkan sesuatu yang baik dan bermanfaat, dari situlah suatu saat nanti saya akan berkata "inilah passion saya". Amiin..

cara-menemukan-passion

Lalu bagaimana cara menemukan bakat saya?, agar saya juga dapat menemukan passion saya

Untuk menemukan bakat yang terpendam dalam diri anda, paling tidak anda harus melakukan beberapa hal seperti dibawah ini:

1. Perbanyak Aktivitas

Perbanyak dan perluas aktivitas anda sehari-hari, misalnya dengan mengikuti banyak kegiatan yang seperti kegiatan sosial, olah raga, hobby, dan masih banyak lagi kegiatan lainnya yang dapat anda lakukan setiap hari untuk mengisi kekosongan diri.

Bukankah dulu ketika kita masih remaja atau masih sekolah begitu aktif mengikuti banyak aktivitas dan kegiatan ekstrakurikuler. Kita juga tidak bisa lama-lama berdiam diri dirumah, sehabis sekolah langsung pergi maen bola, mancing, belajar kelompok, atau belajar mengaji di musholla atau MTQ.

2. Perbanyak Relasi dan Bersosialisasi

Jika anda mempunyai banyak relasi, sering bertemu banyak orang, dan sering bertukar fikiran dengan orang lain. Maka dengan sendirinya anda akan menemukan banyak ide dan hobby baru yang mungkin jika anda dalami dengan sungguh-sungguh, hal yang terkadang anda fikir sepele justru akan menjadi sebuah passion bagi anda. Sebuah bakat yang terpendam yang jika dikembangkan akan menjadi luar biasa dan bermanfaat.

3. Pelajari banyak keahlian baru

Jangan pernah takut untuk mencoba hal yang baru yang belum anda kuasai, karena dengan mencobanya anda akan mengetahui bahwa sebenarnya hal-hal baru anda ketahui tersebut, justru akan menjadi hobby anda, menjadi kesenangan anda, dan mungkin juga menjadi bakat terpendam anda. Namun tentunya hal baru tersebut harus yang bersifat postif.

Banyak sekali keahlian baru yang bisa anda coba pelajari, misalnya seperti belajar bermain musik yang selama ini belum pernah anda lakukan. Atau belajar suatu olah raga tertentu yang selama ini belum pernah terfikirkan dalam benak anda. Dan masih banyak lagi keahlian baru yang perlu anda coba dan dan pelajari lebih dalam lagi.

Selain ketiga cara diatas, ada juga beberapa cara menemukan passion yang saya baca dari sebuah status di media sosial yang isinya sangat menginspirasi sekali. Yang intinya adalah sebagai berikut:

Berkomunikasi dengan diri sendiri

Ketika biasanya anda bertanya kepada orang lain "Apa Passion Saya?"
Sekarang cobalah anda berkomunilasi terhadap diri sendiri, tanyakan kepada diri anda sendiri tentang Apa passion saya ? Apa hobby saya selama ini ? Dengan demikian anda akan mencoba berfikir dan mencari dalam diri anda sendiri tentang hobby dan kesukaan anda. Mungkin anda suka bermain gitar, suka bernyanyi, suka bermain futsal, suka berenang, suka foto-foto, atau yang lainnya lagi.

Dari beberapa hobby tersebut coba anda kerucutkan lagi, kira-kira hobby apa yang paling anda sukai? dan hobby mana yang kira-kira anda paling jago melakukannya. Jika sudah ketemu, cobalah asah hobby tersebut dengan sungguh-sungguh, Dan jangan hanya sekedar menjadikan hobby sebagai just for fun saja.

Passion = Mentransformasikan hobby menjadi sebuah kreatifitas

Jika anda sudah menemukan hobby anda yang sesungguhnya, maka mulai berfikirlah untuk merubah hobby anda tersebut bukan hanya sebatas menjadi kesenangan saja, melainkan menjadi sebuah kreatifitas yang menghasilkan.

Saya ambil contoh pada diri saya sendiri. Saya adalah orang yang memiliki hobby menulis, awalnya mulai hobby menulis puisi, kemudian berkembang menjadi hobby menulis cerpen dan artikel. Hobby saya tersebut tidak datang dengan sendirinya, melainkan hasil dari saya sering bergaul dengan teman yang kebetulan berprofesi sebagai penulis. Dari situlah saya terus belajar mengembangkan hobby tersebut agar menjadi sebuah kreatifitas yang bernilai, salah satunya dengan membangun blog bocahsoenyi.com ini.

Saya mempunyai harapan bahwa hobby saya dibidang menulis dan ngeblog ini bisa menjadi passion saya. Saya bermimpi suatu saat akan blog ini akan menjadi sebuah website besar yang dikenal banyak orang, memberikan manfaat bagi banyak orang, dan tentunya menghasilkan materi untuk memenuhi kebutuhan hidup saya dan keluarga.

Jadi kesimpulan dari cara untuk menemukan passion anda adalah:

Temukan hobby anda, latih dan asah hobby tersebut dengan baik, kemudian jadikan hobby menjadi sebuah kreatifitas yang menghasilkan.

Rumus sederhananya:
  • Passion adalah hobby yang menghasilkan.
  • Passion adalah hobby + prduktifitas + penghasilan.
Seperti kata pepatah: "Tidak ada yang lebih indah selain menjalani yang berkaitan erat dengan hobby kita" atau istilah lainnya "Melakukan hobby dan kesenangan tapi dibayar"

Semoga menginspirasi.
Back To Top